Comscore Tracker

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!

Pemandangannya bikin adem #LokalIDN

Kalimantan Barat menjadi salah satu provinsi yang mendapat julukan "Seribu Sungai". Banyaknya aliran sungai yang tersebar di Kalimantan Barat menawarkan berbagai destinasi wisata salah satunya air terjun.

Hadirnya wisata air terjun, membuat banyak wisatawan berdatangan untuk berkunjung. Penasaran wisata air terjun apa saja yang ada di Kalimantan Barat? Simak ulasannya berikut ini.

1. Air Terjun Terinting

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!Instagram.com/borneoeksploreofficial

Berlokasi di Desa Sempatung Lawek, Kabupaten Landak, air terjun ini memiliki dua undakan dengan ketinggian mencapai 50 meter. Perjalanan menuju Air Terjun Terinting melewati trek yang naik turun. Sehingga perlu menyiapkan fisik dan tenaga yang lebih.

Keindahannya terlihat jelas saat pagi hari. Percikan air yang segar saat menghantam tebing membuat pemandangan semakin indah. Selain itu, banyak burung Enggang yang beterbangan di sekitar.

2. Air Terjun Riam Dait

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!indonesiakaya.com

Air Terjun Riam Dait terkenal karena memiliki 7 tingkatan. Setiap tingkatan air terjun berbeda bentuk dan suasananya. Keindahan Air Terjun Riam Dait begitu memanjakan mata wisatawan.

Terletak di Kabupaten Landak, akses menuju air terjun ini masih cukup sulit karena jalan yang berlumpur dan jembatan penyeberangan yang masih kayu.

Baca Juga: Resep Kue Sabun Khas Kalimantan Barat, Teksturnya Lembut Banget!

3. Air Terjun Pancur Aji

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!ksmtour.com

Terletak di pesisir Kota Sanggau, Kalimantan Barat, air terjun ini begitu alami dan menyejukkan mata. Air Terjun Pancur Aji memiliki jalur air yg panjang dan memiliki beberapa titik jatuhan air. Aliran air terjun berasal dari Sungai Kapuas. 

Akses jalan masih kurang bagus. Namun, sudah tersedia fasilitas seperti kamar mandi dan toilet sehingga sangat cocok sebagai destinasi untuk liburan bersama keluarga.

4. Air Terjun Berawan

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!wisato.id

Terletak di Desa Bengkayang dengan ketinggian mencapai 75 meter, suasana di sekitar Air Terjun Berawan masih sangat alami karena menyatu dengan hutan Kalimantan. 

Air yang begitu deras menjadi salah satu daya tarik wisatawan, serta akses jalan menuju air terjun yang cukup mudah.

5. Air Terjun Bedawat

5 Air Terjun Unggulan di Kalimantan Barat, Segar Menyenangkan!disporapar.landakkab.go.id

Terletak di Desa Dange Aji, air terjun ini masih bagitu alami, karena jarang orang yang mengetahui.

Bagi para pengunjung banyak hal yang diminati wisatawan saat mengunjungi Air Terjun Bedawat. Pengunjung dapat melakukan kemping dengan suasana pasir pantai, suasana hutan lindung yang begitu asri dengan suara air yang jatuh, serta seni pahat alam pada batu-batu di air terjun.

Nah, itu dia 5 destinasi wisata air terjun di Kalimantan Barat. Tertarik mengunjungi?

Baca Juga: Bikin Betah, Ini 7 Air Terjun di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi

Halisa Saaa Photo Verified Writer Halisa Saaa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya