Comscore Tracker

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!

Cocok jadi list wisata keluarga juga, nih! #LokalIDN

Sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, Sinjai menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dieskplor. Pemerintah daerah berjuluk Bumi Panritta Kitta ini memang tengah gencar mempromosikan serta mengelola potensi daerahnya. Gak heran, kini wisata Sinjai mulai banyak dilirik untuk dijadikan spot liburan yang recommended baik dari warga lokal maupun turis luar daerah.

Beberapa spot wisata di bawah ini memiliki panorama alam yang eksotis dan paling populer di Kabupaten Sinjai. Penasaran apa aja? Berikut ulasannya.   

1. Taman Purbakala Batu Pake Gojeng

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!Instagram.com/ners_traveler
Berwisata sambil belajar sejarah? Taman Batu Pake Gojeng tempatnya. Nama "batu pake" sendiri berarti batu yang telah dipahat dan "gojeng" adalah nama daerah atau lokasi batu itu ditemukan.

Dari ketinggian berkisar 125 mdpl, kamu bakal disuguhi pemandangan bangunan Kota Sinjai, Tongke-tongke, dan Pulau Sembilan yang memukau. Taman ini dipenuhi dengan pohon rindang serta gazebo yang cocok jadi objek foto Instagramable
 
Taman yang dulunya merupakan markas dan benteng pertahanan Jepang ini juga menyuguhkan objek unik lainnya. Terdapat pemandian tua yang diyakini pemandian raja dan rumah adat Taman Purbakala.

Batu Pake Gojeng berlokasi di Kel. Biringere, Kec. Sinjai Utara, dan berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Sinjai.

2. Pulau Lare-area

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!Instagram.com/ayo_ke_sinjai

Pulau Lare-area termasuk satu dari sembilan pulau di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau ini jadi satu-satunya yang tak berpenghuni dengan diameter dataran hanya sekitar 10 meter. Meski terbilang sempit, tetapi berbicara tentang keindahan, Lare-area gak kalah memesona dari wisata alam lain di luar sana.

Gencar dipromosikan oleh Pemkab Sinjai, di pulau ini kamu bisa menikmati fasilitas yang sudah cukup lengkap termasuk Dive Centre bagi kamu hobi diving.

Potensi lain dari Lare-area yang bikin takjub yakni pasir putih dan pasir timbul yang dapat muncul saat air surut mencapai 100 meter. Selain itu, terdapat spot foto seru yang sayang untuk tak diabadikan.

Baca Juga: 5 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi di Sulawesi Selatan, Sarat Sejarah!

3. Benteng Balangnipa

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!Instagram.com/visit_sulsel

Benteng Balangnipa merupakan saksi kejayaan Kerajaan Tellulimpoe di masa lampau. Ya, bangunan ini oleh Kerajaan Telumlimpoe dulunya dijadikan benteng pertahanan untuk membendung serangan Agresi Militer Belanda.

Benteng yang awalnya hanya berupa batu gunung yang ditempel lumpur ini kemudian direnovasi oleh Belanda pada tahun 1864-1868 dengan sentuhan arsitektur Belanda.

Tak banyak benda peninggalan yang tersisa, namun gaya bangunan khas Eropa masih dipertahankan hingga kini. Oleh warga lokal, Benteng Balangnipa tak hanya jadi spot foto yang keren, tetapi digunakan sebagai arena atraksi budaya nasional, pembinaan budaya, dan kegiatan anak muda lainnya. 

4. Kampung Galung

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!Instagram.com/larasyatia

Wisata sawah yang terletak di Desa Barania, Kec. Sinjai Barat ini mulai dikembangkan pada tahun 2018. Namun, keindahan hamparan galung (sawah) ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai spot foto yang sangat Instagramable. Kerennya, destinasi wisata ini diberdayakan atas inisiatif pemerintah dan masyarakat setempat menggunakan dana desa.

Fasilitas yang dapat dinikmati saat berkunjung di sini yakni gazebo yang dapat dijadikan tempat beristirahat sembari menikmati sawah yang hijau dengan bentuk terasering layaknya di Ubud, Bali.

Jadi, buat kamu warga lokal sendiri khususnya, gak usah jauh-jauh ke Bali sebab sudah ada di Kabupaten Sinjai.

5. Hutan Mangrove Tongke-tongke

5 Spot Wisata Paling Populer di Sinjai, Ada Hutan Mangrove!Instagram.com/jjs_makassar

Hutan Mangrove Tongke-tongke merupakan wisata paling favorit hampir semua lapisan masyarakat di Kabupaten Sinjai. Kawasan restorasi hutan bakau yang berlokasi di Desa Tongke-tongke, Kec. Sinjai Timur ini memiliki luas sekitar 173,5 hektar dan berjarak 5 km dari pusat Kota Sinjai.

Fasilitas yang disediakan pun sudah mumpuni, seperti tracking mangrove, kafetaria, gazebo, mushalla, toko suvenir, hingga area mancing.

Hutan bakau ini juga sangat kaya akan keberagaman flora dan fauna, lho. Terdapat berbagai jenis bakau termasuk Avicenia sp, fauna arboreal, serta 27 spesies ikan yang hidup menetap yang dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Jadi, bakal cocok banget buat kamu yang seneng foto-foto dan pengin liburan.

Meski belum seterkenal Toraja, Malino, dan Bulukumba, objek-objek wisata yang berada di Sinjai gak kalah indah dan memukau. Ngomong-ngomong, mana nih yang bakal kamu kunjungi lebih dulu?

Baca Juga: 5 Kue Tradisional yang Dihidangkan saat Nikahan di Sulawesi Selatan

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

Mahasiswa, penulis lepas, YouN1T, dan Pemred di salah satu penerbit indie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya