Comscore Tracker

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!

Ada juga yang namanya seperti makanan, lho! #LokalIDN

Bumi Anging Mammiri menyimpan banyak kekayaan alam yang begitu memukau. Tak heran, provinsi beribu kota Makassar ini menjadi salah satu daerah tujuan traveller di Indonesia Timur. Wisata airnya seperti danau pun memiliki daya tarik tersendiri.

Mulai dari danau Tempe hingga danau Tanralili, lima danau eksotis di Sulsel berikut ini wajib banget kamu kunjungi para traveller yang ingin liburan di era new normal ini. Biar tak makin penasaran, simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Danau Tempe 

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!Instagram.com/careldegroot

Memiliki luas sekitar 13 ribu hektar, danau Tempe membentang di tiga wilayah Kabupaten yaitu Soppeng, Wajo, dan Sidrap. Kawasan ini juga dijadikan sumber mata pencaharian warga lokal terkhusus karena produk ikan air tawarnya yang melimpah. Bahkan pernah dinobatkan sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia Timur.

Berjarak sekitar 7 km dari Kota Sengkang, di sini pengunjung akan menemukan puluhan rumah terapung yang dihuni para nelayan. Indahnya sunset maupun sunrise dapat dinikmati kika berkunjung di waktu tersebut.

Bila ingin suasana yang lebih seru, kamu bisa berwisata saat Festival Danau Tempe atau Ritual Maccera Tappareng yang digelar 23 Agustus setiap tahun.

Meski tak ada tiket masuk alias gratis, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 150 ribu untuk menyewa katinting (perahu) menuju danau. Sementara untuk berkeliling, harga sewa perahunya dikenakan tarif Rp75 ribu.

2. Danau Matano

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!Instagram.com/visitsulselofficial

Selanjutnya ada Danau Matano yang disebut sebagai dana terdalam di Asia Tenggara dengan kedalaman 590 m. Kawasan yang diperkirakan sudah ada sejak zaman purba ini menyimpan kekayaan flora dan fauna endemik. Salah satu spesies flora yang menarik ialah Glossobius matanensis yang oleh warga setempat diberi nama ikan buttini. 

Masih terjaga kealamiannya, air di danau ini masih tergolong bersih dan jernih. Berkat hal itu, kamu dapat melihat jelas keanekaragaman ekosistem flora dan fauna dari permukaan. Jika ingin berkeliling menikmati eksotismenya, pengunjung dapat menyewa katinting atau perahu kayu bercadik. 

Berlokasi di Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, kawasan ini dapat ditempuh sekitar 12 jam dari jalur Mota Makassar-Sorowako.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Malino, Sulawesi Selatan yang Bikin Kamu Betah

3. Danau Mawang

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!Instagram.com/jjs_gowa

Wisata air yang berlokasi di Kel. Mawang, Kec. Sompa Opu, Kab. Gowa ini merupakan danau alami yang tak jauh dari Kampus UIN Alauddin. Di sini kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset jika berada sebuah tanggul di sisi selatan danau.

Sama dengan Danau Tempe, kawasan ini juga dijadikan tempat budidaya ikan air tawar terbesar di Sompa Opu. Maka tak heran jika pengunjung menemukan banyak nelayan di atas perahu bercadiknya tengah menangkap ikan. 

Bagi yang ingin sekadar bersantai tanpa harus merogoh kocek, danau ini patut jadi pilihan karena masih gratis. Meski demikian, tersedia juga penginapan terdekat dengan harga terjangkau. Jangan lupa sambangi Taman Mawangnya juga, ya!

4. Danau Sidenreng

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!Instagram.com/garasikayu.id

Danau yang lekat dengan unsur sejarah Kerajaan Bugis ini terletak di Desa Mojong, Kec. Watang Sidenreng, Kab. Sidrap. Selain sebagai objek wisata, danau tektonik ini juga berfungsi sebagai sumber irigasi bagi pertanian dan kebutuhan air untuk ternak milik masyarakat setempat. Bahkan jadi tempat pembudidayaan ikan air tawar yang cukup melimpah.

Bagi traveller yang berlibur di Sidrap, tak ada salahnya berkunjung untuk melepas penat di sini. Sangat ramah di kantong, tiket masuk dikenakan tarif Rp.10 ribu per orang. Tersedia juga perahu yang dapat disewa untuk berkeliling meski kamu harus pintar menawar bila ingin mendapat harga terjangkau. 

5. Danau Tanralili

5 Danau Eksotis di Sulawesi Selatan, Ada yang Mirip Ranu Kumbolo!Instagram.com/risnha_rhy

Bila ingin menikmati keindahan ala Ranu Kumbolo tanpa pergi jauh ke Semeru, danau Tanralili-lah tempatnya. Ya, kawasan ini merupakan destinasi yang jadi primadona khususnya bagi pendaki Gunung Bawakaraeng. Berada tepat di kaki gunung tersebut, eksotisme danau ini begitu terasa ditunjang panorama alam yang begitu mengagumkan. 

Namun untuk berwisata ke sini, kamu perlu punya nyali dan fiksi yang kuat. Mulai dari Desa Lengkese, pengunjung harus melakukan trekking dan melalui tanjakan yang menantang. Tak pernah sepi, di tepi danau kamu akan menemukan banyak didirikan tenda milik para pendaki.

Secara administratif, Danau Tanralili berlokasi di Desa Manimbahoi, Kec. Parigi, Kab. Gowa.

Itu tadi lima danau di Sulawesi Selatan yang wajib banget kamu kunjungi. Bernuansa eksotis, pengunjung juga tak perlu khawatir sebab kealamiannya masih terjaga bahkan gratis. Recommended banget!

Baca Juga: 5 Danau Cantik Nan Eksotis yang Wajib Dikunjungi di Sulawesi Utara

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

IG & Twitter: @Mbakendut1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya