Comscore Tracker

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!

Siapa yang rindu wisata religi? #LokalIDN

Sebagai negara dengan popularitas umat mulim terbanyak di dunia, Indonesia juga memiliki banyak sekali masjid-masjid indah dengan arsitektur bangunan yang menakjubkan. Bahkan gak sedikit dari bangunan masjid yang dijadikan sebagai landmark kebanggaan kota tanpa mengurangi nilai fungsinya sebagai tempat beribadah. 

Nah, gak kalah dari bangunan masjid indah yang terletak di Semenanjung Arab sana, sederet masjid yang terletak di Pulau Sumatra berikut ini juga menyajikan keindahan yang bikin berdecak kagum, lho. Penasaran kan bagaimana keindahan masjid-masjid ini? Let's check it out!

1. Masjid Raya Baiturrahman

Di deretan pertama ada Masjid Raya Baiturrahman. Tercatat sebagai salah satu masjid yang terhindar dari terjangan Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 silam, kini masjid yang terletak di pusat kota ini menjadi ikon kebanggaan masyarakat kota Banda Aceh. 

Dibangun dengan arsitektur yang menyerupai bangunan Taj Mahal di India dengan pelataran masjid yang dipenuhi keramik putih serta tambahan 12 unit payung elektrik seperti Masjid Nabawi, tentulah membuat setiap orang yang menyaksikan keindahannya langsung berdecak kagum. 

Tak jarang setelah melakukan ibadah, pengunjung menikmati waktu bersantai di area taman dan kolam yang terdapat di halaman depan masjid. Keren!

2. Masjid Raya Al Mashun

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!Masjid Raya Al Mashun (instagram.com/fadlisaula)

Selanjutnya mari bergeser sedikit ke provinsi tetangganya yang beribu kota di Medan. Di kota yang dijuluki sebagai Paris van Sumatra ini, kamu juga akan menemukan sebuah masjid indah yang akan membuat kamu menjadi semakin nyaman dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah. Apalagi kalau bukan Masjid Raya Al Mashun. 

Nah, kalau sudah mampir ke masjid yang satu ini, jangan lupa untuk mengabadikan potret dengan latar belakang keindahan bangunan masjid yang didominasi warna putih dan hijau di sekitar pintu-pintunya. Dijamin, hasil potret kamu akan terlihat sangat aesthetic

3. Masjid Raya Sumatra Barat

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!Masjid Raya Sumatera Barat (masjidrayasumaterabarat)

Yang semakin mencuri perhatian belakangan ini adalah Masjid Raya Sumatra Barat yang terletak di jalan Chatib Sulaiman, Kota Padang. Dari segi arsitektur, bangunan masjid yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah ini saja sudah terlihat sangat unik.

Dilihat sekilas, bangunan masjid yang kini juga menjadi ikon kebanggaan masyarakat kota Padang ini juga berbentuk Rumah Gadang dengan bagian atapnya yang terdiri atas empat sudut yang meruncing. 

Tanpa kubah yang biasanya identik dengan bangunan sebuah masjid, atap Masjid Raya Sumatra Barat ini justru menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad di zaman Nabi Muhammad SAW. Menakjubkan bukan? 

Baca Juga: 9 Museum di Sumatra Ini Wajib Kamu Kunjungi untuk Menambah Ilmu

4. Masjid Agung Palembang 

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!Masjid Agung Palembang (instagram.com/pariwisata.paembang)

Selain Al-Qur'an Al-Akbar, Masjid Agung Palembang yang tak pernah sepi pengunjung ini juga menjadi salah satu ikon kebanggaan Kota Pempek.

Berdiri estetik, masjid yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini dibangun dengan memadukan tiga unsur budaya yakni budaya Eropa yang nampak dari pintu utama masjid, budaya Tiongkok yang tergambar jelas dari bagian atap masjid, serta menara lama yang berbentuk tumpeng di bagian atas yang menggambarkan budaya Nusantara. 

Wah, ternyata selain dikenal dengan sajian kuliner khasnya, Palembang juga menyajikan banyak wisata religi yang memukau, ya. Bikin semakin antusias untuk mengunjungi Kota Pempek ini deh!

5. Masjid Agung Sultan Abdullah 

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!Masjid Agung Sultan Abdullah (instagram.com/hitzz.bengkulu)

Gak ketinggalan juga Masjid Agung Sultan Abdullah. Berlokasi di Tj. Agung, Pelabai, Kabupaten Lebong, Bengkulu, arsitektur dinding utama masjid yang menggunakan bahan material granit yang didatangkan langsung dari Tiongkok ini berhasil memanjakan setiap mata yang melihatnya. 

Bak sebuah lukisan indah, masjid yang didirikan di atas tanah seluas 100.000 m2 ini juga berdiri kokoh di antara barisan bukit-bukit. Kombinasi warna hitam, kuning serta hijau dari bangunan masjid juga terlihat sangat menyatu dengan pemandangan alam di sekitarnya. Asri banget!

6. Masjid Jami Aminatul Jannah 

6 Masjid Indah di Pulau Sumatra, Bikin Berdecak Kagum!Masjid Jami Aminatul Jannah (instagram.com/lampung.indonesia)

Yang terakhir, ada Masjid Aminatul Jannah yang terletak di Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Dibangun di atas ketinggian, gak heran kalau masjid yang satu ini juga dikenal luas dengan sebutan masjid di atas awan. 

Kesan megah dan mewah tergambar jelas dari perpaduan interior masjid dan ornamen kaligrafi yang bernuasa keemasan. Setelah beribadah di masjid ini, gak ada salahnya meluangkan waktu sebetar untuk menyaksikan keindahan alam pegunungan Lampung Barat nan memesona dari masjid indah yang satu ini. 

Itulah sederet masjid-masjid indah di Pulau Sumatra yang bikin berdecak kagum. Gimana, pasti bikin kamu menjadi semakin rindu untuk melakukan wisata religi, bukan?

Baca Juga: Ada Masjid 99 Kubah, 5 Wisata Religi yang Unik dan Indah di Makassar

Raina Zaakiyah Photo Verified Writer Raina Zaakiyah

Don't expect. Just do ur best :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya