Comscore Tracker

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke Lamongan

Lamongan gak cuma WBL, ada banyak wisata lain

Wisata di Lamongan memang selalu identik dengan wahana permainan Wisata Bahari Lamongan (WBL). Di tempat wisata yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini, pengunjung memang bisa merasakan berbagai macam fasilitas, mulai dari arena ketangkasan hingga menikmati momen matahari terbenam di sore hari.

Nah, jika kalian sedang ke WBL, sempatkanlah juga untuk mampir di beberapa wisata lain yang letaknya tak jauh dari sana. Selain tak kalah seru, berwisata ke tempat-tempat tersebut akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati indahnya Kabupaten Lamongan.

Berikut adalah 5 wisata di Lamongan yang letaknya tak jauh dari WBL.

1. Maharani Zoo and Goa Lamongan

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke LamonganInstagram.com/maharanizoo

Yang pertama tentu saja adalah Maharani Zoo and Goa Lamongan (Mazola). Tempat wisata ini hanya berjarak selemparan batu dari WBL, alias berada tepat di seberangnya. Dulunya, Mazola lebih dikenal sebagai Goa Maharani. Namun, pada awal tahun 2000an, wisata ini dipoles. Selain goa, Mazola yang merupakan kebun binatang mini tersebut kini memiliki berbagai koleksi hewan yang lucu. 

Tiket masuknya pun cukup murah. Untuk Senin-Kamis, kalian cuma perlu merogoh kocek Rp25 ribu. Sementara Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional, tiket dipatok dengan harga Rp35 ribu per orang.

2. Wisata religi Sunan Drajat

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke LamonganLamongantourism.com

Tak jauh dari WBL, atau sekitar 4 kilometer di sebelah tenggara, kalian juga bisa menikmati wisata religi. Di sini kalian bisa berziarah ke makam salah satu penyebar Islam di pulau Jawa, yaitu Sunan Drajat. Sunan Drajat yang memiliki nama asli Raden Qasim ini merupakan anggota Wali Songo. Untuk masuk ke sini kalian cukup membayar parkir Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil. 

3. Pantai Kutang

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke LamonganInstagram.com/pantaikutanglamongan

Jika kalian masih kurang puas bermain air di WBL, datang saja ke pantai Kutang. Pantai yang berada di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan ini berjarak 22 kilometer sebelah barat WBL. 

Atraksi utama di pantai ini tentu saja hamparan pasir dengan pemandangan yang Instagramable. Untuk menikmati semua keseruannya, kamu cukup mengeluarkan uang Rp2000 untuk tiket masuknya.

Baca Juga: Gak Cuma Pantai, 5 Wisata Air Ini Bisa Kamu Nikmati di Lamongan

3. Wisata akar langit yang berada di bukit Trinil

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke LamonganInstagram.com/yuhronur_yes

Masih di Kecamatan Brondong. Di sini kalian juga bisa menikmati sensai wisata Instagramable akar langit di bukit trinil. Letaknya di desa Sendangharjo, atau kalau dari WBL berjarak 18 kilometer dari WBL.

Di sini ada pohon unik bernama trinil yang mirip Whomping Willow di serial Harry Potter. Pohon ini pun tergolong langka dan hanya dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, di bukit ini kalian juga bisa menikmati keindahan Lamongan dari ketinggian. Tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp5 ribu per orang.

5. Wisata belanja ikan di TPI Brondong

Dekat dari WBL, 5 Wisata Ini Bisa Kamu Nikmati saat ke LamonganSuasana TPI Brondong, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Puas berwisata, saatnya untuk mencari kuliner. Nah, di Lamongan bagian utara, kalian penghobi seafood bisa membeli ikan segar dari sana. Berada di Kecamatan Brondong, Lamongan memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) terbesar di Jawa Timur. Berbagai ikan segar bisa kalian beli di sana. Tanpa ditawar pun harganya pasti lebih murah. Letaknya 8 kilometer di sebelah barat WBL.

Di sini juga ada monumen Van der Wicjk. Monumen ini dibangun sebagai penanda bahwa kapal van der wijck yang tershoro itu tenggelam di laut Lamongan pada 1936. Kisahnya pun ditulis menjadi novel oleh Buya Hamka sebelum difilmkan oleh Hanung Bramantyo.

Tuh kan, Lamongan gak cuma WBL. Ada berbagai jenis wisata yang bisa kalian nikmati di sana. Jangan lupa, buat yang ingin berwisata selama masa pandemik, tetap taati protokol kesehatan, ya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kafe Kekinian di Lamongan, Hits dan Estetik Banget!

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya