Comscore Tracker

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis Asing

Dari mulai pantai yang sepi sampai yang ramai, semua ada!

Salah satu sumber ekonomi utama Sri Lanka adalah dari sektor pariwisata. Karena sektor tersebut sangat diandalkan, maka ketika badai COVID-19 menghantam, Sri Lanka benar-benar sangat terpukul.

Meski begitu, semakin banyaknya vaksin COVID-19 yang diberikan kepada penduduk dunia, sektor pariwisata Sri Lanka kembali bangkit. Negara pulau yang berada di sebelah selatan India itu, memiliki pantai-pantai pasir putih memukau, yang jadi favorit tujuan para turis asing.

Keindahan pantai-pantai di pulau tropis tersebut telah terkenal dan tidak perlu diragukan. Berikut ini adalah 10 wisata pantai di Sri Lanka yang jadi incaran liburan dan hiburan para turis asing.

1. Pantai Kalkudah

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Kalkudah (instagram.com/ceyloncommunity)

Pantai Kalkudah adalah salah satu pantai indah di Sri Lanka. Hamparan pasirnya membentang sejauh 4 kilometer, memberikan ketenangan dan kenyamanan visual para pengunjung.

Pantai ini pernah terpukul ketika tsunami 2004 terjadi di Samudera Hindia, dan wilayah yang paling terdampak dari bencana itu adalah Aceh, Indonesia. Tapi bertahun-tahun kemudian, Pantai Kalkudah berbenah dan kembali menjadi salah satu tujuan favorit turis asing.

2. Pantai Mirissa

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Mirissa (instagram.com/irma.shab)

Sekitar 170 kilometer arah tenggara ibu kota Kolombo, ada sebuah pantai bernama Mirissa. Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di pantai selatan Sri Lanka.

Garis pantai di sini sekitar 600 meter dengan pasir yang berwarna merah muda cerah. Pantai sering menjadi tujuan para peselam dan peselancar, yang menghabiskan liburan mereka di tengah pantai, ditemani instruktur yang menawarkan peralatan untuk disewakan.

Kafe-kafe menawarkan variasi minuman dan makanan, dengan beberapa memiliki harga yang bersahabat untuk turis beranggaran terbatas. Dengan penginapan yang ada di desa kecil belakang pantai, turis hanya butuh jalan kaki sejenak untuk mencapai kehangatan pasirnya.

3. Pantai Nilaveli

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Nilaveli (instagram.com/browngirllifegoals)

Di sebelah sisi timur pulau Sri Lanka, ada sebuah pantai indah bernama Pantai Nilaveli. Jarak tujuan wisata yang satu ini sekitar 280 kilometer sebelah timur laut ibu kota Kolombo. Pantai ini juga pernah terdampak tsunami tahun 2004, tapi pengunjungnya terus mengalami peningkatan sejak tahun 2010 silam.

Pantai ini menjadi spesial karena juga memiliki Taman Nasional Pulau Pigeon yang letaknya satu kilometer dari lepas Pantai Nilaveli. Turis dapat mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan dapat berenang bersama dengan penyu yang lucu dan menggemaskan di sekitarnya.

Pantai Nilaveli juga memberi tawaran kepada turis untuk dapat menonton ikan paus. Setiap bulan sepanjang tahun, paus dapat di lihat dari lepas pantai ini. Meski begitu, waktu terbaik yang disarankan adalah antara Mei—Agustus dan Juni—Juli. Ada tiga jenis paus yang biasa terlihat yaitu Paus Sperma, Paus Bryde, dan Paus Biru.

4. Pantai Negombo

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Negombo (instagram.com/dorotawojucka)

Dekat dengan ibu kota Kolombo, ada sebuah pantai yang sering jadi tujuan favorit para turis asing. Pantai itu adalah Pantai Negombo. Letaknya hanya sekitar 37 kilometer sebelah utara ibu kota, sehingga untuk mencapainya tidak menghabiskan banyak waktu perjalanan.

Jaraknya yang dekat ibu kota, kerap dijadikan sebagai tempat pertama para turis ketika ingin menjelajahi keindahan Sri Lanka. Pantainya indah dan layanan akomodasi seperti hotel dan penginapan juga sangat layak. Keindahan Pantai Negombo juga membuat banyak fotografer yang berburu gambar di sini.

Ada juga benteng peninggalan Belanda yang bertuliskan tahun 1678. Ketika era kolonial, Negombo pernah jadi salah satu penghasil kayu manis andalan Belanda. Sisa arsitektur kolonial yang bertahan, dapat memberikan kenangan tersendiri bagi para pengunjung.

5. Pantai Tangalle

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Tangalle (instagram.com/olesyaschuler)

Sekitar 202 kilometer sebelah tenggara dari ibu kota Kolombo, ada Pantai Tangalle. Letak pantai tersebut berada di timur Pantai Mirissa. Bisa juga perjalanan dilakukan dari Pantai Mirissa menuju Pantai Tangalle, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Pantai Tangalle disebut memiliki pasir indah dan deburan ombak yang konstan, sehingga sangat terkenal bagi pada peselancar asing yang menginginkan tantangan hiburan. Beberapa spesies penyu berbeda juga dapat terlihat di pantai jika pengunjung sedang beruntung.

Garis pantainya panjang, sehingga infrastruktur berkembang dengan baik di bagian tertentu saja. Tapi karena hal itu, ada banyak space pantai yang sering sepi dan cocok untuk bersantai meraih ketenangan liburan dari kepenatan pekerjaan yang memusingkan.

Baca Juga: 5 Hidangan Nasi khas Sri Lanka yang Nikmat dan Mengenyangkan

6. Pantai Alankuda

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Alankuda (instagram.com/sajay29)

Pantai Alankuda termasuk pantai sebelah barat pulau Sri Lanka. Pantai ini disebut sebagai pantai yang menawarkan pemandangan laut paling tenang dan paling aman.

Karangnya terletak sekitar empat kilometer dari garis pantai, dan pantainya sendiri terbentang sepanjang dua kilometer. Karena Pantai Alankuda berada di pesisir barat, maka atraksi matahari terbenam yang menakjubkan menjadi suguhan istimewa bagi para turis.

Berbagai jenis olahraga air seperti snorkeling, berlayar, atau jet ski juga dapat dinikmati di pantai ini. Ada juga dalam beberapa kesempatan melihat atraksi lumba-lumba dan ikan paus.

Keistimewaan utama yang ditawarkan Pantai Alankuda adalah jauh dari keramaian. Karena itu para turis yang benar-benar membutuhkan ketenangan, beberapa akan memilih destinasi ini. Jarak pantai dari ibu kota Kolombo sekitar 152 kilometer.

7. Pantai Talalla

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Talalla (instagram.com/tonystephensonwriter)

Tempat tujuan menyenangkan lain di Sri Lanka, terletak di pesisir selatan. Ada Pantai Talalla yang semakin berkembang, berada di balik barisan pepohonan kelapa dan pasir pantai yang landai.

Keistimewaan pantai Talalla adalah keberadaannya yang berada di teluk berbentuk cekungan bulan sabit. Pepohonan yang menyembunyikan pantai berbaris sepanjang sekitar dua kilometer, dan menjadi lokasi favorit untuk berteduh sambil menikmati suara debur ombak syahdu.

Tempat ini kurang diminati oleh para peselancar, tapi tetap memiliki beberapa petak tempat bagi mereka yang ingin melakukannya. Berenang dalam air di dekat pantai menjadi salah satu kesenangan tersendiri para pengunjung. Pantai Talalla berada di sebelah timur Pantai Mirissa, dan disebut jauh lebih sepi, lebih bersih dan lebih nyaman dengan rimbunnya pepohonan dan keindahan airnya.

8. Pantai Hikkaduwa

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Hikkaduwa (instagram.com/danielaritarodrigues)

Pantai Hikkaduwa adalah salah satu pantai tujuan utama para turis yang ingin merasakan kesenangan selancar. Pantai ini telah berkembang pesat dan ramai oleh para pengunjung. Letak pantai sekitar 100 kilometer di sebelah selatan ibu kota Kolombo.

Ada beberapa hal istimewa dari Pantai Hikkaduwa. Turis dapat melihat atraksi penyu liar dan penangkapan mereka untuk ditangkarkan. Tips untuk melihat para penyu, khususnya yang baru saja menetas, adalah di pagi hari saat fajar.

Terumbu karang yang terkenal di Hikkaduwa juga jadi daya tarik tersendiri. Kegiatan snorkeling dan scuba diving bisa dilakukan dengan membawa peralatan dari rumah, atau menyewanya dengan harga terjangkau di pantai.

9. Pantai Unawatuna

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Unawatuna (instagram.com/just.about_everywhere)

Unawatuna dan pantainya disebut menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Sri Lanka. Letaknya yang berada di dekat kota Galle, kota lawas bekas koloni Portugis dan Belanda, menjanjikan banyak keindahan yang memanjakan.

Terumbu karang yang besar dan bagus, pantai yang besar dan melengkung seperti pisang, membuat pantai ini terkenal di kalangan para turis. Mereka datang untuk berbagai kegiatan seperti berenang atau berjemur.

Namun karena pantai ini terkenal dan menjadi ramai, banyak sekali penjual dan turis yang lalu-lalang. Bagi para pengunjung yang telah merencanakan untuk mencari keadaan yang tenang, mungkin hanya akan mendapatkan hiburan sejenak karena keramaian tentu akan terdengar sedikit berisik.

Meski begitu, pantai Unawatuna memang terkenal karena keindahannya sehingga tetap saja banyak turis yang berkunjung untuk melampiaskan penasaran.

10. Pantai Bentota

10 Pantai Memukau di Sri Lanka, Tujuan Favorit Turis AsingPantai Bentota (instagram.com/bjornolo)

Sebuah daerah resort populer lain di Sri Lanka adalah Bentota. Pantai di sini terkenal dan pemandangan alamnya spektakuler. Pasir pantainya berwarna putih cerah dan luas, dengan warna biru laut yang indah.

Pohon-pohon palem yang tinggi memberikan kenikmatan visual yang memukau, disertai atraksi banyak kuil yang sering dikunjungi. Sisa-sisa masa lalu kolonialisme seperti benteng juga masih terlihat di dekat Pantai Bentota.

Pantai Bentota paling baik dikunjungi selama musimnya antara bulan Oktober dan April. Tapi jangan heran jika berkunjung pada musim ini, akan banyak sekali turis lain yang berkunjung, yang membuatnya menjadi riuh.

Keindahan alam Sri Lanka memang tak perlu diragukan. Tapi dalam dua tahun terakhir, Sri Lanka dihantam krisis ekonomi dan semakin parah ketika COVID-19. Kini pemerintah negara tersebut juga sedang bergejolak. Meski begitu, Sri Lanka tetap jadi salah satu tujuan wisata terbaik yang harus masuk dalam daftar tujuan liburanmu.

Baca Juga: 6 Kota Terindah di Sri Lanka, Destinasi Wisata yang Bikin Senang

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya