Comscore Tracker

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujan

Sebaiknya pilih destinasi tak melibatkan hujan

Saat musim hujan, banyak kegiatan yang memang susah dilakukan di luar ruangan. Tapi, jangan sampai musim hujan jadi penghalang liburanmu.

Hal terpenting saat liburan pada musim hujan, kita harus ekstra hati-hati dan menyiapkannya dengan matang. Lebih baik mengunjungi wisata dalam ruangan yang gak kalah menarik, seperti museum, galeri seni, dan lain-lain. 

Nah, selama musim hujan, ada baiknya menghindari beberapa jenis destinasi yang dianggap berbahaya seperti berikut ini!

1. Gunung

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Shbabalif

Buat kamu yang suka mendaki gunung, sebaiknya tahan dulu keinginanmu selama musim hujan. Jalur pendakian menjadi lebih licin, sehingga lebih mudah tergelincir dan cedera.

Hal ini akan menghalangi pendakian menuju puncak. Bahkan, kamu bisa terancam tak bisa kembali ke tempat asal.  

Beberapa bahaya lainnya yang bisa muncul, yakni badai dan hipotermia. Badai bisa menyambar hutan di sekitar pegunungan yang mengakibatkan kebakaran. Nah, kalau hipotermia mudah terjadi, karena baju basah karena hujan dan angin kencang.

2. Air terjun

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Riohodges

Biasanya, untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus melalui jalur trekking yang cukup sulit. Jalur trekking sempit yang terbuat dari tanah ini akan sangat licin saat musim hujan.

Apalagi, kalau jalur trekkingnya terdiri dari beberapa tanjakan dan turunan. Sangat berisiko membuatmu tergelincir. 

New Straits Times menyarankan untuk tidak mengunjungi air terjun selama musim hujan. Meski hujan tidak begitu deras, tetapi adanya mendung gelap, sebaiknya segera pergi dari lokasi. Sebab, fenomena ini bisa memicu terjadinya longsor atau banjir di bagian atas air terjun yang mengarah pada lokasi wisata.

3. Bukit

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Aamirbilalm

Tak jauh berbeda dengan mengunjungi gunung dan air terjun saat musim hujan. Kalau kamu mengunjungi bukit demi melihat pemandangan indah, segera urungkan niat.

Pasalnya, kamu berada di tempat tinggi yang berpotensi tersambar petir lebih besar. Gak hanya itu, jalur menuju ke lokasi pasti akan lebih sulit dilalui, karena licin. 

Nantinya, kamu juga akan kesulitan mendapatkan pemandangan cantik, seperti sunrise atau sunset. Sebab, warna langitnya berubah menjadi abu-abu, karena tertutup awan hitam. Nah, matahari tak akan terlihat, sehingga kamu hanya buang-buang waktu mengunjungi tempat ini. 

4. Pantai

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Belart84

Kalau kamu mengunjungi pantai yang masih alami, bisa jadi bahaya saat musim hujan. Jalanan menuju lokasi pantai akan lebih sulit, seolah-olah kamu sedang melakukan pendakian. Biasanya, jalannya sempit dengan tanah yang berlumpur dan licin, sehingga semakin menghambat.

Ada baiknya mencari tahu lokasi dan jalur trekking untuk memastikan keamanannya. Nah, kalau kamu datang ke pantai yang terkenal sebagai tempat wisata, mungkin sudah tak berbahaya, karena biasanya infrastrukturnya lebih mumpuni.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Indonesia ala Yuki Kato, Inspirasi Liburan Kece

5. Hutan

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Ronaldordeoliveira

Hutan terdiri dari beragam jenis pepohonan yang menjulang tinggi. Bila kamu datang saat musim hujan, apalagi sedang ada petir, maka harus banget dihindari. Petir bisa menyambar pepohonan sekitar, lalu mengakibatkan kebakaran. 

Tak hanya itu, kamu tidak akan bisa menikmati suasana hutan, karena tanahnya yang becek. Lain lagi kalau tempat wisata hutan punya tempat menginap atau bangunan lainnya, sehingga tetap bisa menikmati suasana hujan di tengah hutan. 

6. Waterpark

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Bhoogenboom

Beberapa wahana di waterpark biasanya berhenti beroperasi saat musim hujan, salah satunya perosotan air raksasa. Berada di tempat yang tinggi, takut akan tersambar petir, apalagi dalam keadaan badan masih basah jadi salah satu potensi bahaya.

Tak hanya itu, nantinya perosotan akan semakin licin saat hujan turun. Maka dari itu, banyak waterpark yang tutup sementara karena cuaca tidak memungkinkan. 

7. Taman bermain

Hindari Dulu, 7 Jenis Wisata yang Bahaya Dikunjungi Saat Musim Hujanunsplash.com/Bebachka

Taman bermain biasanya punya wahana outdoor dan indoor. Nah, hindari untuk mengunjungi taman bermain yang sebagian besar wahananya berada di outdoor. Kemungkinan ditutup sementara sangat besar selama cuaca tidak mendukung. Jadi bakal rugi kalau kamu ke sini.

Beberapa wahana yang biasanya ditutup, antara lain roller coaster, bianglala, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagian besar wahana dialiri dengan tegangan listrik, belum lagi berada di tempat yang tinggi. Risiko untuk tersambar petir lebih besar dibandingkan saat kamu berada di tanah. 

Nah, itulah beberapa jenis destinasi wisata yang berbahaya dikunjungi saat musim hujan. Sebaiknya kamu hindari dulu demi keamanan dan kenyamanan ya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Hujan

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.

Just For You