5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Banget

Liburan sambil mengenal kekayaan budaya

Paskah menjadi perayaan penting bagi umat Kristen dan Katolik yang memiliki makna hari kebangkitan. Ada beberapa tradisi unik yang dilakukan untuk merayakan Paskah. 

Nah, kalau kamu pengin menyaksikan tradisi-tradisi unik tersebut, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang indah ini. Dijamin Paskah-mu jadi lebih berkesan. 

1. Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Bangetinstagram.com/Angelgea4

Gua Maria Sendangsono berada di Dusun Semagung, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kamu bisa menempuh rute Tugu Yogya-Jalan Godean-Sentolo-Kalibawang-Desa Banjaroya-Sendangsono. Bisa juga rute in: Jalan Magelang-Pasar Muntilan-Kalibawang-Sendangsono.

Terdapat keran-keran kecil dari sumber air Tirta Wening Banyu Panguripan. Sumber mata air ini dipercaya bisa membawa keberkahan, sehingga banyak wisatawan yang meminum atau membasuh mukanya.

Perayaan Paskah di sini dilakukan dengan berdoa, merenung, dan mengucapkan syukur di bawah Pohon Sono sambil berlutut menghadap patung Bunda Maria. 

2. Gunung Gandul, Wonogiri, Jawa Tengah

5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Bangetinstagram.com/Arifboyo

Gunung Gandul terletak di Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Untuk mencapai gunung dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini, kamu bisa menempuh rute belakang RSUD Wonogiri. Tiket masuknya gratis.

Saat Paskah, Gunung Gandul dijadikan tempat untuk melakukan prosesi Jalan Salib. Prosesi ini berlangsung pada Jumat Agung atau hari Jumat biasa yang bertepatan dengan wafatnya Isa Al Masih. Kamu bisa menyaksikan prosesinya sejak pukul 07.00 yang diawali dengan Jalan Penderitaan. 

3. Palangkaraya, Kalimantan Tengah

5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Bangetinstagram.com/Pancar_davin

Terdapat komunitas orang Kristen yang  merayakan Paskah dengan Memento Mori di sini. Memento Mori sendiri berarti "remember you will die". Kamu bisa mengunjungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen Kota Palangkaraya untuk menyaksikannya.

Ritualnya dimulai pada Sabtu Suci dengan rangkaian acara berupa berkumpulnya keluarga di pemakaman orang-orang terkasih. Prosesinya mirip ziarah dengan menyalakan lilin, menaruh bunga, dan berkumpul di makam hingga menjelang subuh. 

Baca Juga: 7 Destinasi Terfavorit di Macau, Bisa untuk Liburan Paskah Nih!

4. Noemuti Kote, Timur Tengah Utara, NTT

5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Bangetinstagram.com/elfrid_oetmusu

Noemuti Kote terletak di Kelurahan Noemuti, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timur Tengah Utara, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa menempuh dua rute utama, yakni Lintas Timor Bijeli-Sungai Noemuti atau Kefamenanu-Bijapasu-Noemuti. 

Ada perayaan tradisi Kure di Noemuti Kote yang bisa kamu saksikan. Kure sendiri berarti berlari atau jalan.

Maka dari itu, perayaan dilakukan dengan cara berjalan dari satu rumah ke rumah lain untuk berdoa dan merenungi Sengsara Yesus Kristus. Ritualnya dimulai dari pembersihan salib, patung Yesus Kristus, dan Bunda Maria. Lalu, diakhiri dengan persembahan uang, sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. 

5. Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur

5 Kota yang Menarik Dikunjungi Saat Paskah, Perayaannya Unik Bangetinstagram.com/moniqueratih

Larantuka terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa langsung naik pesawat dari bandara terdekat yang langsung turun di Larantuka. Ketika Paskah, Larantuka mengadakan Semana Santa atau Pekan Suci.

Semana Santa digelar selama empat hari yang dimulai pada Rabu Abu dengan berdoa, berkabung, berefleksi untuk menyucikan jiwa. Selanjutnya, Tikam Turo pada Kamis Putih dengan meletakkan lilin di sepanjang jalan.

Puncak perayaan ini terjadi pada Jumat Agung. Patung Yesus Kristus dibawa ke samping patung Bunda Maria. Hari terakhir, Sabtu Santo dan Minggu Paskah menandai berakhirnya Pekan Suci. 

Itulah beberapa tradisi Paskah di berbagai kota di Indonesia yang bisa kamu jadikan rekomendasimu untuk pelesiran, sekaligus mengenal budaya. Ada yang sudah masuk bucket list-mu?

Baca Juga: 11 Potret Unik Telur Paskah, Dibuat dari Cokelat hingga Keju yang Enak

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.

Just For You