Comscore Tracker

Wisata Oymyakon Rusia, Desa Paling Dingin di Dunia

Suhunya bisa mencapai -50 derajat Celsius, lho!

Kamu tahu gak, jika ada desa terdingin di dunia bernama Oymyakon? Desa ini terletak di Rusia bagian timur, masuk dalam negara bagian Sakha, Ibukota Yakutia. Lokasi Oymyakon berada di ketinggian 750 mdpl dan terkenal mempunyai cuaca dingin yang ekstrem.

Dilansir Visit Yakutia, Oymyakon mendapat julukan sebagai tempat terdingin di dunia, tapi tetap ditinggali manusia. So, jangan dibandingkan dengan kutub yang tak berpenghuni, ya. Lebih lanjut, cari tahu fakta dan info wisata Oymyakon pada ulasan berikut.

Baca Juga: Mengenal Kastil Balmoral, Tempat Favorit Ratu Elizabeth II

Lokasi dan akses menuju Oymyakon

Wisata Oymyakon Rusia, Desa Paling Dingin di DuniaOymyakon (Instagram.com/tehhanlin)

Seperti yang kamu tahu, Oymyakon terletak di pedalaman Siberia, Rusia bagian timur, masuk dalam negara bagian Sakha, Ibukota Yakutia. Untuk menuju Oymyakon, kamu perlu menempuh ribuan kilometer dari Yakutia, dengan naik mobil selama 2 hari.

Selama di sana, kamu akan diajak tinggal bersama masyarakat asli Oymyakon. Selain itu, kamu juga dibawa untuk mengunjungi lanskap perbukitan es hingga bermain salju.

Suhu dan kehidupan masyarakat di Oymyakon

Wisata Oymyakon Rusia, Desa Paling Dingin di DuniaOymyakon (abcnews.go.com)

Bagi masyarakat Oymyakon, tinggal di desa terdingin di dunia adalah tantangan tersendiri. Gimana enggak, desa di pedalaman Siberia ini hanya berjarak beberapa ratus mil dari Lingkaran Arktik, sehingga suhunya bisa mencapai -71,2 derajat Celsius.

Jika ada di sana, kamu pasti akan heran, bagaimana orang Oymyakon dapat beraktivitas pada suhu ekstrem ini. Dalam kesehariannya, orang-orang desa menggunakan jaket dan syal berbulu tebal.

Menariknya, sinar matahari menjadi sesuatu yang mewah di Oymyakon. Sebab, saat musim dingin, masa siang hari hanya bertahan tiga jam. Sementara, pada musim panas siang hari bisa mencapai 21 jam.

Lebih lanjut, tanah di desa ini bisa beku secara permanen, karena iklim subarctic ekstrem. Meski saat ini berpenghuni, tapi jumlah penduduk Oymyakon hanya sekitar 500 orang. Mayoritas di antara mereka gak bercocok tanam, sehingga makanan sehari-harinya adalah daging kuda atau rusa.

Suhu rendah jadi daya tarik wisatanya

Wisata Oymyakon Rusia, Desa Paling Dingin di DuniaOymyakon (yakutiatravel.com)

Suhu dingin ekstrem di Oymyakon justru dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata. Di sana, terdapat pasar pariwisata yang relatif sukses. Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan, seperti memancing ikan di sungai es, berburu rusa, hingga mandi di mata air panas. FYI, suhu di kawasan ini bisa mencapai 150 derajat Celsius, lho!

Alternatif kegiatan lain di Oymyakon adalah berwisata alam, sekaligus mengunjungi Pilar Lena, Penjara Gulag, atau Desa Tomtor. Uniknya, desa ini kerap menyelenggarakan Festival Kutub tahunan, yang memamerkan budaya serta masakan Evenk dan Yakut.

Meski begitu, destinasi Oymyakon tak memiliki hotel atau restoran. Oleh karena itu, kamu perlu memesan layanan homestay dari penduduk setempat. Atau jika tidak, wisatawan dapat menghubungi Visit Yakutia, karena menjual paket tur yang recommended.

Paket tur ini biasa dibuka pada pertengahan November sampai awal April. Ini disebabkan cuaca ekstrem Oymyakon pada akhir Desember hingga pertengahan Januari. Selain waktu tersebut, Oymyakon berada pada musim panas dengan suhu 20-30 derajat Celsius.

Nah, itulah informasi menarik seputar Oymyakon, desa terdingin di dunia yang berada di Rusia. Bila kamu suka aktivitas ekstrem, boleh sesekali travelling ke sini. Sembari mengumpulkan niat, temukan rekomendasi tempat wisata seru di IDN Times yang worth it dikunjungi dan pasti bikin happy.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah dan Terpopuler di Rusia, Bikin Takjub!

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya