Comscore Tracker

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan Populer

Ada wisata alam dan tempat bersejarah

Kamu tahu gak kalau tempat wisata di Batusangkar, Sumatera Barat, kini sedang hits dikalangan wisatawan? Pasalnya, Kota Batusangkar menawarkan pesona alam dan kebudayaan lokal unik untuk diketahui.

Kota Batusangkar pun mendapat penghargaan dari Lembaga Internasional Partnership dan Kedutaan Inggris pada 2003 lalu. Wah, luar biasa, kan? Nah, buatmu yang ingin terbang ke Batusangkar, simak rekomendasi tempat wisatanya berikut ini, ya.

1. Batu Basurek

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerBatu Basurek (instagram.com/osotnasbudi)

Tempat wisata di Batusangkar pertama ada Batu Basurek. Ini merupakan objek wisata berupa batu bertuliskan bahasa Jawa Kuno dan bahasa Sansekerta yang dipercaya sudah ada sejak abad ke-6. Batu Basurek memiliki lebar 25 sentimeter, tinggi 8 sentimeter, dengan berat 50 kilogram.

2. Istana Pagaruyung

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerPotret Istano Basa Pagaruyung, Sumatra Barat (unsplash.com/Erlia Abdul Hak)

Istana Pagaruyung termasuk dalam salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Sumatera Barat. Istana Pagaruyung merupakan replika istana yang terbakar pada 1804. Di sini, kamu bisa menemukan peninggalan Kerajaan Pagaruyung yang bernilai sangat tinggi.

3. Balai Pelestarian Cagar Budaya

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerBalai Pelestarian Cagar Budaya (google.com/maps/raditya partama yunanda)

Lanjut, kamu bisa datang ke tempat wisata di Batusangkar, Balai Pelestarian Cagar Budaya. Lokasi ini memajang banyak batu bersejarah yang menarik, jadi kamu bisa berwisata sambil belajar di sini.

Baca Juga: 10 Wisata Riau Terbaik, Surganya Wisata Hutan di Sumatra

4. Bukit Aua Sarumpun

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerBukit Aua Sarumpun, Sumatra Barat (instagram.com/arief.rahman98)

Buatmu yang tengah cari tempat wisata di Batusangkar dengan nuansa alam hijau, bisa  main ke Bukit Aua Sarumpun. Layaknya area romantis di film Bollywood, kamu dapat bermain, berfoto, atau sekadar menikmati suasana sejuk di Bukit Aua Sarumpun.

5. Air Terjun Lembah Anai

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerAir Terjun Lembah Anai (instagram.com/piaman_repost)

Tempat wisata di Batusangkar selanjutnya yakni Air Terjun Lembah. Air terjun merupakan salah satu destinasi terpopuler, lho. Air terjun indah dengan ketinggian 35 meter ini gak hanya memikat wisatawan lokal, tapi juga turis dari mancanegara. 

6. Danau Singkarak

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan Populerpotret danau Singkarak (instagram.com/a_zaquin)

Sejajar dengan Danau Toba, Danau Singkarak pun menawarkan panorama air hijau kebiruan yang luas. Gak hanya itu, pesona Danau Singkarak akan semakin indah pada momen sunset dan sunrise. Cocok banget, buat anak indie.

7. Tabek Patah

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerTabek Patah (google.com/maps/meta nur rizki)

Tabek Patah merupakan tempat wisata di Batusangkar yang dikelilingi hutan pinus dengan pemandangan alam serta suasana sejuk. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini seperti berfoto atau menikmati segarnya air terjun.

8. Kincir Air Talawi

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerKincir Air Talawi (google.com/maps/adil pratama)

Bertamasya ke Kincir Air Talawi, yuk! Sejatinya, Kincir Air Talawi merupakan tempat irigasi persawahan untuk warga sekitar. Namun, kini dibuat menjadi tempat wisata. Kalau ke sini, kamu gak perlu bayar, lho. Di sini pengunjung bisa berfoto dan diperbolehkan bermain air, kok.

9. Istano Rajo

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerIstano Rajo (instagram.com/infosolsel)

Ada tempat wisata di Batusangkar yang kaya akan kearifan lokal, namanya Istano Rajo. Konon katanya, Istano Rajo menjadi rumah untuk raja terdahulu. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa kerajaan tempo dulu serta berziarah ke area makam para raja, lho.

10. Pacu Jawi

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan Populerilustrasi pacuan sapi (flickr.com/ N06/23663562806)

Batusangkar punya tempat wisata dengan mengusung tradisi hewan. Namanya adalah Pacu Jawi. Tempat wisata ini banyak menarik animo wisatawan. Jika berniat melihat karapan sapi di tengah sawah silakan datang ke Kecamatan Lima Kaum atau Kecamatan Rambatan, ya. 

Baca Juga: 5 Wisata Liburan Sekolah Padang, Bisa Bermain Sambil Belajar

11. Ngalau Pangian

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan Populerinstagram.com/dediranger89

Ada gua unik di Batusangkar yang dikelilingi tebing-tebing tinggi, yaitu Ngalau Pangian. Gua panjang ini banyak dijadikan spot untuk melakukan panjat tebing oleh wisatawan. Jika gak suka olahraga ekstrem, kamu bisa datang hanya untuk melihat stalaktit dan stalakmit Ngalau Pangian.

12. Tanjung Mutiara

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerTanjung Mutiara (instagram.com/jejak_sumbar)

Spot romantis Tanjung Mutiara bisa jadi rekomendasi tempat wisata di Batusangkar yang wajib dikunjungi oleh pasangan muda. Tempat ini merupakan wisata air yang masuk dalam kawasan Danau Singkarak. Di sini, kamu bisa berfoto atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

13. Puncak Pato

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerPuncak Pato (instagram.com/kakasilungkang)

Buatmu yang mengaku traveler sejati, coba trek di Puncak Pato, yuk! Tempat wisata inimenawarkan view kehijauan dari atas bukit. Kalau mau ke sini, kamu harus bawa bekal dan perlengkapan sendiri, karena gak ada warung.

14. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerRumah Gadang Kampai Nan Panjang (google.con/maps/isabelle marie)

Bangunan tempo dulu, Rumah Gadang Kampai Nan Panjang bisa jadi saran wisata edukasi untuk anak atau pencinta sejarah. Menurut ulasan, tempat ini sudah ada sejak 300 tahun, lho. Cocok buatmu yang tahu sejarah atau sekadar berfoto.

15. Desa Pariangan

15 Tempat Wisata di Batusangkar Paling Baru dan PopulerDesa Nagari Pariangan, Indonesia (instagram.com/ghaardi)

Terakhir, ada Desa Pariangan, sebuah tempat wisata di Batusangkar yang menyuguhkan nuansa pedesaan dengan deretan rumah gadang. Uniknya, banyak rumah gadang di sini yang di dindingnya memiliki ukiran serta anyaman bambu unik.

Selesai sudah, rekomendasi tempat wisata di Batusangkar yang bisa dikunjungi. Nah, buatmu yang butuh rekomendasi rekomendasi destinasi wisata lainnya, bisa cek daftarnya di IDN Times, ya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Hits di Bali Barat, Keindahannya Bikin Ogah Pulang

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya