Comscore Tracker

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin Sedih

Semoga gak ada lagi yang terbakar

Musim kemarau kerap memantik kebakaran hutan dan lahan di pegunungan, terutama lahan berupa semak atau padang rumput. Sepanjang 2018, sejumlah gunung di Indonesia mengalami kebakaran hutan. Di antaranya 10 gunung di bawah ini. 

1. Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/novesaragih

Kebakaran terjadi di puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, pada awal 2018. Tepatnya 1 Februari lalu. Sekitar 10 hektare kawasan hutan di puncak gunung api itu hangus terbakar, hingga menuju kawasan hutan lindung. Beruntung pemadaman sepenuhnya bisa dilakukan sehari setelahnya.

2. Gunung Butak, Batu, Jawa Timur

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/erwin_wijaya92

Gunung Butak di Kota Batu, Jawa Timur, juga terbakar pada Sabtu dini hari, 18 Agustus lalu. Padahal kala itu masih ada sekitar 200 orang pendaki yang berada di kawasan puncak. Beruntung tak ada korban jiwa atau terluka, karena seluruh pendaki berhasil dievakuasi turun menuju pos Gunung Panderman.

3. Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat

Akibat musim kemarau, Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat, sudah beberapa kali terbakar. Yakni pada bulan Juli, Agustus, hingga September 2018. Akibatnya pohon pinus, kaso, kaliandra, semak belukar, rumput, dan alang-alang yang ada di sana hangus.

4. Gunung Lawu

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/ulinsalim

Kebakaran di Gunung Lawu sudah berkali-kali terjadi sepanjang tahun ini. Pertama kali terbakar pada 19 Juni 2018, selanjutnya pada 17 dan 22 Agustus yang berhasil dipadamkan pada 27 Agustus. Namun, percikan api kembali terlihat pada 3 September 2018. Akibat kejadian tersebut, 3.118 meter persegi lahan di lereng Lawu terbakar. 

Pada 2015, Gunung Lawu juga pernah terbakar akibat api unggun pendaki yang ditinggal dalam keadaan sepenuhnya belum dipadamkan. Kebakaran dahsyat akhirnya terjadi dan merenggut nyawa tujuh orang pendaki.

5. Gunung Sumbing

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/arifin1808

Tercatat 478,4 hektare lahan di Gunung Sumbing hangus akibat kebakaran yang terjadi pada Senin, 10 September lalu. Api baru bisa padam setelah turun hujan delapan hari setelahnya, yakni 18 September. Sebelumnya upaya pemadaman sudah dilakukan, termasuk menyiram air menggunakan helikopter supaya si jago merah tak terus meluas.

Baca Juga: Hobi Hiking, 4 Gunung Keren Ini Sudah Didaki Al Ghazali Lho!

6. Gunung Sindoro

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin Sedihbisniswisata.co.id

Sebelum Gunung Sumbing terbakar,  Gunung Sindoro yang letaknya berdekatan sudah terlebih dahulu terbakar pada Minggu, 9 September 2018. Seluruh jalur pendakian ke gunung yang berlokasi  di perbatasan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo tersebut ditutup total. 

Kebakaran disebabkan ulah seorang pria asal Dusun Sibajag, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Ia sengaja membakar ranting dan semak-semak di kawasan tersebut dengan tujuan ingin membuka lahan perkebunan baru tanpa izin Perhutani. Akibatnya, sekitar 305,1 hektare lahan hutan terbakar di Gunung Sindoro.

7. Gunung Ungaran

Awal Oktober 2018 lalu, tepatnya pada hari Minggu tanggal 7, kebakaran hutan kembali terjadi. Kali ini berlokasi di area hutan di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Akibatnya lahan seluas 7,5 hektare yang ada di lereng gunung habis terbakar.

8. Gunung Penanggungan

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/totosantoso59

Penanggungan juga masuk daftar gunung yang sudah beberapa kali terbakar tahun ini. Pertama terjadi di awal tahun pada 21 Januari 2018, di lereng sisi timur Gunung Penanggungan. 

Selanjutnya kebakaran terjadi pada tanggal 1 Oktober di kawasan puncak Gunung Penanggungan. Kebakaran merambah padang rumput di ketinggian sekitar 1.600 mdpl, sehingga jalur pendakian ditutup total sementara waktu.

9. Gunung Pundak, Mojokerto, Jawa Timur

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihInstagram.com/chofifah.am

Kobaran api menyapu 12 hektare kawasan hutan di Gunung Pundak, Mojokerto, Jawa Timur, pada 7 Oktober 2018. Kebarakaran di lereng Welirang ini juga menghanguskan sejumlah tumbuhan langka, seperti Cemara Gunung dan Anggrung. 

10. Gunung Bromo, Jawa Timur

10 Gunung yang Terbakar Sepanjang Tahun Ini, Kondisinya Bikin SedihTwitter.com/bpbdkabmalang

Hutan dan padang savana di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga ikut terbakar pada Sabtu, 1 September 2018.Titik api pun cepat meluas, dari yang asalnya 120 titik menjadi 276 titik api. Namun, kebakaran yang sudah memakan lahan seluas 70 hektare ini berangsur surut dan berhasil dipadamkan.

Duh, semoga tidak ada lagi kebakaran lahan ya. Kita sebagai pengunjung juga harus lebih hati-hati dan menjaga sikap supaya tak menyebabkan alam celaka.

Baca Juga: Estetis, 5 Pesona Kawasan Gunung Ijen ini Sayang Buat Dilewatkan

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You