Comscore Tracker

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!

Apalagi kalau berendam ketika hawa dingin

Karena dikelilingi sejumlah gunung berapi yang masih aktif, Garut, Jawa Barat, jadi salah satu daerah yang punya banyak kolam air panas. Mulai dari pemandian alami yang berada di kaki gunung, hingga resor di tengah yang menyediakan kolam air panas bisa kamu temui. Terutama di empat kawasan berikut yang jadi surganya kolam air panas di Garut.

1. Cipanas

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!Instagram.com/mochfazar13

Lokasinya cuma sekitar tujuh kilometer saja dari pusat kota, jadi jelas kalau kawasan Cipanas mudah dijangkau, baik dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Gak heran kalau wisata pemandian air panas di sana cukup populer, apalagi jelang musim liburan. 

Wilayah ini terletak di kaki Gunung Guntur, sehingga punya pemandangan yang bikin mata dan hati bahagia. Begitu sampai di Cipanas, kamu bakal dengan mudah menemukan pilihan wisata kolam air panas. 

Di antaranya seperti Kampung Sumber Alam, Sabda Alam, Tirta Gangga Garut, Danau Dariza, dan sebagainya. Beberapa di antaranya sudah punya fasilitas lengkap, waterboom, hingga area wisata.

2. Kawah Papandayan

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!

Eksotisme Gunung Papandayan menarik minat banyak pendaki untuk menjelajahinya. Di samping itu, kawasan gunung ini punya kolam air panas alami yang bersumber langsung dari Kawah Papandayan. 

Meski begitu, suhunya masih normal di kisaran 30 derajat Celcius. Selagi berendam dan melemaskan otot-otot tubuh, pemandangan Gunung Papandayan bakal menjadi latar indah yang memanjakan mata.

Baca Juga: 10 Potret Ekspektasi Vs Realita Tempat Wisata Terkenal di Eropa

3. Drajat

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!

Lokasi lain di Garut yang juga terkenal kolam air panasnya adalah kawasan Drajat. Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 25 kilometer, tapi wisatawan tetap banyak berdatangan untuk menikmati bermain air di kolam air panas tersebut. 

Tempatnya yang ada di dataran tinggi, memungkinkan kamu melihat langsung lembah di sekitar pemandian. Selain itu, hawa dingin yang menyergap tubuhmu sebelum masuk ke kolam, berendammu jadi semakin nikmat.

4. Talaga Bodas

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!Instagram.com/arifdollbf

Meski masih murni berupa kawah, terdapat sejumlah kolam alami di sekitar Talaga Bodas yang bisa dimanfaatkan untuk berendam. Kolamnya pun bukan bergaya modern, tapi hampir menyatu dengan kawah dan masing-masing kolam memiliki kedalaman berbeda.

Setelah selesai berendam, jangan lupa abadikan momenmu dengan berfoto di Talaga Bodas. Warna air hijau kebiruan dengan kabut tipisnya dijamin bikin hasil fotomu Instagramable!

5. Kawah Kamojang

5 Kawasan dengan Surganya Pemandian Air Panas di Garut, Refresh Abis!Instagram.com/dinadayslife

Wisata alternatif di Garut ini letaknya memang berbatasan antara Garut dengan Kabupaten Bandung. Jadi ada yang mengenalnya sebagai wisata asal Kota Kembang.

Ada beberapa kawah di area ini yang bisa kamu temui. Pertama adalah Kawah Manuk yang letaknya sebelum gerbang masuk ke kawasan Kamojang. Selanjutnya ada Kawah Kereta Api yang mengeluarkan bunyi siulan kencang, serta terakhir adalah Kawah Hujan.

Di sana memang tidak ada kolam air panas khusus, tapi di Kawah Hujan kamu bisa menikmati mandi uap alias sauna. Uap hangat keluar dari dalam tanah dalam jumlah banyak hingga mirip kabut dan akan membuat bajumu basah.

Keempat kawasan tersebut masing-masing punya kelebihan dan kekurangan baik dari segi jarak, akses, dan fasilitas. Tapi yang jelas liburanmu bakal tetap menyenangkan! Selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Spot Wisata Paling Menarik di Kota London Selain Big Ben, Seru Abis!

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Just For You