Comscore Tracker

Punya Desain Unik, 7 SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megah

Ngalah-ngalahin mall, Guys!

Seperti namanya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau SPBU mayoritas didatangi hanya saat kendaraan kita kehabisan bahan bakar. Desainnya pun dibikin tak neko-neko, selama tetap memenuhi standard operasional. Namun, 7 SPBU di bawah ini punya desain unik yang bikin kamu pengin datang ke sana, meski gak lagi kehabisan bensin.

1. Orival Gas Station, Belgia

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahsamynandpartners.com

Pom bensin ini terletak di jalan raya yang menghubungkan Brussels dengan Paris, tepatnya di titik E 19. Gak cuma berfungsi sebagai tempat pengisian bahan bakar, Orival Gas Station juga berfungsi sebagai picnic area dan galeri seni. Bentuknya futuristik dan hampir menyerupai terminal bandara.

2. Jack Colker Union 76, Amerika Serikat

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahgeorgianjournal.ge

Jack Colker Union 76 didesain oleh arsitek bernama Gin Wong pada 1965. SPBU di Beverly Hills, California, ini sekilas menyerupai bentuk ufo dengan atap melengkung dengan lampu neon terangnya. Instagramable banget, ya? 

3. Helios House, Amerika Serikat

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahqz.com

Ini adalah gas station unik karena menggunakan bahan daur ulang dan mengadaptasi konsep ramah lingkungan. Lempengan segitiga yang menempel di rangka SPBU terbuat dari baja daur ulang.

Sedangkan, atapnya didesain tahan kekeringan dan berfungsi mengumpulkan air untuk irigasi. Desain SPBU yang dibangun pada 2007 ini dapat menghemat konsumsi energi hingga 16 persen.

4. NP Gas Station, Spanyol

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahqz.com

Dari kejauhan, atap kanopi milik NP Gas Station di Madrid ini terlihat seperti kepakan burung yang sedang terbang. Struktur lengkungan atap tersebut dicetuskan oleh arsitek bernama Belen Moneo dan Jeffrey Brock. Mereka terinspirasi dari bentuk perbukitan di sepanjang jalan raya utama Spanyol. 

Baca juga: Serunya Keliling Dunia Bareng Kapal Pesiar dengan Rute Terpanjang

5. Batumi Petrol Station, Georgia

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahqz.com

Kalau gerai cepat saji di rest area  SPBU biasanya bergaya minimalis, kamu bakal dibuat takjub dengan desain Batumi Petrol Station. SPBU yang terletak di Georgia ini merangkap gerai McDonald's dengan kanopi kantilever kaca. Saat senja, pemandangan langit bakal terpantul lewat kaca dan menyuguhkan pemandangan tak biasa.

6. POPS Arcadia Route 66, Amerika Serikat

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahadventureroad.com

Lampu neon berbentuk botol soda raksasa di depan pom bensin ini harusnya sudah bisa menggambarkan konsep apa yang diadaptasi. Di POPS, kamu bisa menemukan lebih dari 700 jenis minuman bersoda berjajar di sekeliling interiornya. Restoran di sini juga punya desain ultra-modern yang pasti bikin kamu wajib mampir setelah isi bensin.

7. Rest Area Niemenharju, Finlandia

Punya Desain Unik, 7  SPBU Ini Lebih Mirip Destinasi Wisata Megahqz.com

Rest Area Niemenharju merupakan area SPBU yang dilengkapi restoran, toko, area tidur hingga sauna. Letaknya berada di sepanjang jalan raya E 75 yang menghubungkan Yunani dengan Finlandia. Waduh, asyik banget nih kalau bisa diterapkan di Indonesia!

Wah, kayak bukan SPBU ya. Kamu sendiri pernah mampir ke SPBU unik di mana nih? 

Baca juga: 7 Inspirasi Tempat Wisata Saat Puasa, Gak Bakal Bosan Nunggu Magrib

Topic:

Berita Terkini Lainnya