Comscore Tracker

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!

Mana saja yang sudah kamu kunjungi?

Lewat akun Twitter dan Instagramnya, Selasa lalu (4/9), Ridwan Kamil menyampaikan kesedihannya saat menjalani hari terakhir sebagai wali kota Bandung. Kesedihan serupa juga diungkapkan warga Bandung, dengan menulis komentar di akun sosial medianya. 

Sejak menjabat sebagai wali kota pada 2013 lalu, sosok Ridwan Kamil dianggap membawa perubahan besar bagi Kota Kembang. Terutama dalam urusan tata kota dan pariwisata. Di antaranya seperti tujuh gagasan wisata luar biasa di bawah ini yang kini jadi hits di Bandung.

1. Revitalisasi Alun-alun Bandung

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!pikiran-rakyat.com

Pada 2014, Alun-alun Bandung direvitalisasi oleh pemerintah kota dengan desain yang benar-benar baru. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, yang juga merupakan seorang arsitek menuangkan idenya untuk membuat ruang lapang multifungsi yang bisa dinikmati banyak orang sekaligus.

Taman seluas 1,2 hektare tersebut kini makin cantik dengan hamparan rumput sintetis dan aneka macam taman bunga. Warga Bandung biasanya memadati alun-alun jelang sore, ada yang sekadar main, kumpul, hingga hunting foto cantiknya sunset.

2. Zona Wisata Kuliner

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Instagram.com/mafif395417

Zona Wisata Kuliner jadi salah satu program pemkot Bandung untuk mengangkat identitas kota lewat makanan khasnya. Selain itu, ini juga sebagai upaya merapikan kota dari PKL yang berdagang di pinggir jalan sembarangan, hingga membuat kawasan tersebut semakin kumuh berantakan. 

Setidaknya ada lebih dari 15 titik Zona Wisata Kuliner yang telah dibangun, dengan tempat yang lebih nyaman, rapi, dan bersih. Gak cuma menguntungkan pedagang, pengunjung jadi lebih nyaman berburu makan di sana.

3. Membangun belasan taman

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Instagram.com/lukmanjuwono

Dalam kurun waktu lima tahun, Bandung memiliki puluhan taman tematik yang indah dengan beragam fungsi. Beberapa di antaranya Taman Film yang dulunya kolong jembatan kumuh, Pet Park, Taman Superhero dengan belasan replika kostum superhero, Taman Jomblo, Taman Lansia, Taman Vanda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Taman-taman tersebut menjadi alternatif baru bagi warga Bandung untuk berakhir pekan. Selain menyenangkan, hampir seluruh taman tidak berbayar alias gratis, sehingga siapa pun bebas menikmatinya.

4. Meresmikan Boseh dan Bandros

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Berbagai sumber

Demi mengurai kemacetan, sekaligus meningkatkan minat wisata di Bumi Pasundan, pemkot Bandung menggagas dua program unik, yakni Bike On The Street Everybody Happy (Boseh) dan Bandung Tour On Bus (Bandros). 

Boseh adalah sharing bike  yang bisa disewa dengan harga terjangkau, yakni Rp4.000 per jam. Sedangkan, Bandros merupakan bus dengan desain unik yang melewati titik-titik wisata di Bandung. 

Sekilas mirip double decker  yang ada di London, ya? Emil mengimbau warganya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mencoba fasilitas yang telah disediakan ini, supaya Bandung tak macet lagi.

Baca Juga: Ayana Gedong Songo, Tempat Wisata Kekinian di Semarang

5. Revitalisasi balai kota Bandung

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Instagram.com/robiqybon

Balai kota Bandung di Jalan Wastukancana tak luput dari perhatian Emil. Selama menjabat, ia dan jajarannya telah melakukan revitalisasi demi meningkatkan kualitas wisata di sekitar balai kota. Ruang terbuka hijau yang dulunya bernama Taman Merpati, kini disulap menjadi Taman Labirin dengan jalur berliku yang Instagramable.

Terbaru, Taman Dewi Sartika dan Taman Badak juga telah dibangun kembali, sehingga menjadi wisata yang lengkap dengan kolam, serta kebun binatang mini. Kamu sudah ke sana, belum?

6. Chinatown

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Instagram.com/rimajevita

Kawasan kampung pecinan Chinatown diwujudkan untuk mengokohkan eksistensi Bandung sebagai kota yang tinggi toleransi beragama. Tempat wisata yang berada di Jalan Kelenteng nomor 41 ini dekat dengan Kelenteng Satya Budhi, salah satu kelenteng tertua di Bandung. 

Gedung Perhimpunan Masyarakat Bandung (Permaba) yang sudah tak beroperasi, akhirnya dimanfaatkan sebagai wisata kuliner dan swafoto yang kece dan kekinian. Ada sekitar 77 tenant  hadir di sini, yang sebagian besar adalah UKM lokal.

7. Forest Walk Babakan Siliwangi

7 Wisata Hits yang Digagas Ridwan Kamil Selama Jadi Wali Kota, Keren!Instagram.com/ridzal.fdl_

Siapa sangka dulu sebelum Emil menjabat sebagai orang nomor satu di Bandung, Hutan Babakan Siliwangi seluas 7 hektare itu sempat akan dibangun kawasan apartemen. Ia terus memperjuangkan pembatalan pembangunan tersebut. Akhirnya saat diangkat sebagai wali kota pada 2013, negosiasinya berhasil. 

Setelahnya, dibangun forest walk yang membelah hutan dengan trek sepanjang 2,5 kilometer dengan ketinggian sekitar 2-5 meter dari permukaan tanah. Hebatnya, ini merupakan forest walk terpanjang di Asia Tenggara, lho.

Meski akan berganti pemimpin, semoga Bandung tetap juara dan wisatanya semakin berkembang ya. Kamu sudah menjajal wisata Bandung yang mana saja nih? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Wisata Hemat, 5 Kebun Bunga di Bandung Ini Wajib Dikunjungi

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya