Comscore Tracker

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!

Kece dan nyaman banget buat beribadah

Tak selalu bergaya konvensional dengan kubah dan lambang bulan bintang di atasnya, kini bangunan masjid semakin berkembang dan unik. Banyak di antaranya punya desain yang sangat modern, hingga berbeda sama sekali dengan stereotip orang tentang bentuk masjid.

Contohnya delapan desain masjid modern paling unik di dunia berikut ini, yang salah satunya berasal dari Indonesia. 

1. Camlica Mosque, Istanbul, Turki

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!architizer.com

Sekali lihat, orang gak bakal menyangka kalau bangunan ini adalah masjid. Terletak di Istanbul, Camlica Mosque dipenuhi berbagai tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Gaya arsitekturnya sangat modern dengan bangunan melingkar tanpa kubah. Instalasi lampunya pada malam hari juga sangat indah dan menakjubkan.

2. East Park Mosque, Bahrain

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!simals.com

Mereka yang datang ke East Park Mosque di Bahrain ini akan disuguhkan pemandangan indahnya lautan lepas tepat di belakang gedung. Interiornya pun dijamin bikin ibadah semakin nyaman.

Didominasi warna krem dan lantai bermotif marmer yang terkesan mewah sekaligus modern. Rasanya seperti masuk ke sebuah galeri seni berkelas.

3. Cologne Central Mosque, Jerman

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!en.wikipedia.org

Sang desainer, Paul Böhm, mengaku desain masjid ini terinspirasi dari arsitektur Ottoman, tapi dipoles lebih modern didominasi dinding kaca. Ini adalah masjid terbesar yang ada di Jerman, dengan dua menara dan kubah utama berbentuk kapsul.

4. KAPSARC Mosque, Riyadh, Arab Saudi

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!archdaily.com

King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC) berada di Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Bentuknya terinspirasi dari Kabah di Mekkah, yakni tempat paling suci bagi umat Islam.

Baca Juga: 10 Masjid Indah dan Paling Unik di Dunia, Ada Indonesia Juga Lho!

5. Yeşilvadi Mosque, Istanbul, Turki

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!architizer.com

Yeşilvadi Mosque jadi salah satu masjid paling terkenal di Istanbul, selain Camlica Mosque. Masjid ini memiliki atap kubah dengan sentuhan modern yang sekilas terlihat seperti planetarium.

Dindingnya didominasi warna putih yang terdiri dari batuan alam dan paduan kayu. Kesan mewah sekaligus hangat bisa ditangkap melalui desain uniknya.

6. Rijeka Mosque, Kroasia

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!inyourpocket.com

Desain masjid modern paling unik berikutnya adalah Rijeka Mosque. Ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Kota Rijeka, dan masjid ketiga yang ada di Kroasia.

Rijeka Mosque yang dibuka pada 2013 lalu ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni menyerupai gedung teater yang sangat modern.

7. Penzberg Mosque, Jerman

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!protenders.com

Bngunan masjid yang sangat indah ini terletak di Penzberg, Jerman. Menjelang magrib, instalasi lampu di dalamnya akan menyala dan menunjukkan pattern serupa kaligrafi.

Selain tempat ibadah, masjid ini sangat terbuka bagi masyarakat non-muslim yang ingin berkunjung atau mencari informasi seputar Islam.

8. Masjid Permata Qolbu

8 Desain Masjid Modern Paling Unik di Dunia, Futuristic Abis!arsitag.com

Di Indonesia, masjid bergaya modern juga mulai banyak bermunculan. Salah satunya Masjid Permata Qolbu yang terletak di Permata Mediterania Residence, Jakarta Barat.

Bentuk bangunan masjid terinspirasi dari bentuk jari-jari yang tengah menengadah saat berdoa, sehingga banyak ornamen tiang vertikal di sekeliling eksterior masjid.

Itulah 8 desain masjid modern paling unik di dunia. Kalau desain keren begini, kira-kira kamu masih malah pergi ke masjid gak? Berdasarkan pengalamanmu, masjid mana yang gak kalah unik dari di atas? Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Khas Tiongkok, Keren Banget!

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya