Comscore Tracker

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantu

Pada berani gak, nih?

Selama Oktober, New Zealand menawarkan pemandangan alam khas musim semi yang indah dan menyenangkan. Tapi kalau kamu ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda, cobalah telusuri sisi mistisnya dengan mengunjungi lima tempat wisata berhantu di bawah ini. 

Apalagi bulan ini bertepatan dengan perayaan Halloween yang identik dengan suasana seram. Berani, gak?

1. The Opera House Wellington, Wellington

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantucommons.wikimedia.org

Bangunan indah yang selesai dibangun pada 1914 ini punya interior yang penuh dengan ukiran cantik, langit-langit berkubah, dan fitur spektakuler lainnya, termasuk lengkungan proscenium. 

Namun, di balik keindahan dan mewahnya gedung pertunjukan tersebut, tersebar cerita soal hantu Albert Liddy. Dia seorang arsitek yang menembak dirinya sendiri di teater pada 1913. Banyak yang mengatakan bahwa arwahnya masih berkeliaran di teater, kalau beruntung, kamu mungkin bisa "bertemu" dengannya.

2. Napier Prison, Hawke's Bay

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantuhauntedauckland.com

Napier Prison adalah penjara tertua di New Zealand yang dibangun pada 1862 dan digunakan hingga 1993. Kini keberadaan Napier Prison telah dilestarikan dan menyediakan berbagai tur yang dirancang untuk menakuti para pengunjung dengan cerita empat hantu tahanan yang digantung. 

Namun, banyak cerita seram dan kesaksian soal penjara yang juga merupakan unit kejiwaan ini. Mereka mengatakan pernah mendengar langkah kaki hingga pintu yang terbuka dan tertutup dengan sendirinya. 

3. Rumah Sakit Kingseat, Auckland

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantuhauntedauckland.com

Rumah sakit jiwa paling terkenal di New Zealand ini dibuka pada 1932 dan ditutup pada 1999. Banyak yang mengatakan bahwa Kingseat merupakan rumah sakit jiwa yang sangat menyeramkan di New Zealand, di mana banyak staf dan pasien rumah sakit yang meninggal di sini. 

Gak heran kalau timbul rumor ada fenomena gaib di Kingseat, seperti penampakan hantu yang dikenal sebagai The Grey Nurse. Kini, Kingseat merupakan lokasi untuk Spookers Haunted Attraction, sebuah acara hiburan yang memungkinkan pengunjung bisa menelusuri bangunan dan pekarangan beraura mistis ini.  

Baca Juga: 5 Aktivitas Liburan Musim Dingin Paling Seru di New Zealand, Kece Abis

4. Larnach Castle

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantubackpackerguide.nz

Satu-satunya kastil di Selandia Baru ini dipenuhi cerita seram tentang seorang politisi bernama William Larnach. Istri pertamanya meninggal di kastil pada usia 38 tahun akibat serangan stroke. Istri keduanya meninggal pada usia yang sama karena keracunan darah, dan putrinya meninggal karena tifus pada usia 21. 

William dikabarkan bunuh diri setelah mengetahui kabar perselingkuhan antara putranya dengan istri ketiganya. Kastil yang sudah ada sejak 1887 ini pun dianggap sebagai salah satu tempat berhantu di Dunedin. Sehingga, menjadi langganan banyak TV yang menayangkan program supranatural.

5. Quail Island

Punya Sisi Mistis, 5 Tempat Unik di New Zealand Ini Dikenal Berhantuhauntedauckland.com

Pulau Quail, sebuah pulau kecil tak berpenghuni dekat Dermaga Lyttelton, di pulau selatan Selandia Baru, dekat Christchurch. Banyak cerita seram yang santer terdengar soal tempat ini, terutama tentang setiap orang baru yang tinggal di pulau itu meninggal dengan tragis tak lama kemudian. 

Karena itu, banyak yang menganggap pulau ini dikutuk. Dulunya Quail Island merupakan karantina untuk para penderita lepra pada 1907-1925.  Meski begitu, keindahan pulau ini tetap menarik wisatawan untuk datang singgah dengan tur kapal ferry. 

Kamu bisa menemukan banyak spesies burung asli dan langka yang tinggal bebas di sana. Belum lagi keadaan hutannya yang masih asri dengan dikelilingi jernih air.

Meski seram, tampaknya tetap menarik ya. Mana yang paling pengin kamu kunjungi, nih?

Baca Juga: 3 Alasan Utama Kenapa Orang Indonesia Suka Liburan ke New Zealand

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci

Just For You