Comscore Tracker

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!

Asia juga indah, ngak kalah dari Eropa!

Hobby  traveling ke luar negeri tapi ngak mau kantong jebol? Ada baiknya kamu liburan di kawasan Asia, selain kurs mata uang yang tidak terlalu berbeda dengan mata uang Indonesia, Asia juga menawarkan pemandangan wisata yang sangat indah dan tak kalah dari tempat wisata yang ada di Eropa.

Memang beberapa negara di Asia, termasuk Jepang dan Singapura, dikenal sebagai tempat yang cukup mahal untuk traveling, tapi ternyata masih terdapat banyak negara-negara di kawasan Asia yang menawarkan wisata yang murah! Berikut adalah tujuh destinasi wisata termurah di Asia.

1. India

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!mysswbulletin.info

Untuk kamu yang ingin merasakan suasana yang asri, Bangladesh adalah tempat di sekitar India yang wajib kamu datangi, karena di sini terdapat hutan bakau terbesar di dunia yaitu hutan bakau Sundarbans. Selain itu, terdapat kuil bersejarah di Puthia, sungai indah di Barisal, bangunan kuno di Gaur, dan masih terdapat destinasi yang lebih banyak lagi.

Harga makanannya pun murah dengan rasa yang sudah pasti enak dengan rata-rata harga makanan sekitar 200 BDT (sekitar Rp40.000) untuk satu kali makan. Selain Bangladesh, kamu juga harus mengunjungi Delhi dan Goa karena kedua tempat ini juga menawarkan destinasi yang menjanjikan.

2. Nepal

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!asiatravels.com.au

Nepal juga ternyata sangat terjangkau, dengan rentang harga tiket pesawat Rp2.000.000 sampai Rp4.000.000 sekali pergi. Sebagai patokan, makan di restoran yang murah akan menelan biaya sekitar 200 NPR (sekitar Rp25.000) dan penginapan murah hanya sekitar 1.200 NPR (sekitar Rp160.000) per malam.

Kamu juga dapat menggunakan jasa pemandu wisata atau pemandu trekking dengan biaya sekitar 3.500 NPR (sekitar Rp450.000) per hari dan tentunya biaya ini dapat dibagi lagi dengan teman karena biaya ini merupakan biaya antar kelompok. Cocok untuk kamu yang cinta dengan alam, kan?

3. Sri Lanka

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!flashpack.com

Sri Lanka merupakan negara yang sangat dikenal akan biaya hiburan dan aktivitas outdoor dengan biaya yang tinggi. Misalnya, kegiatan mendaki batu Sigiriya akan menghabiskan biaya hingga 4.500 LKR (sekitar Rp350.000) per orang.

Namun, Sri Lanka juga memiliki biaya akomodasi, makan, dan transportasi yang cukup murah. Mulai dari 250 LKR (sekitar Rp20.000) kamu sudah dapat menikmati makananan yang enak nan mengenyangkan, lho. Kamu juga dapat mengunjungi pantai tanpa dipungut biaya apa pun. 

4. Vietnam

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!lankatourplans.com

Ibukota Hanoi, Kota Ho Chi Minh, Sapa, Hoi An, dan Hue merupakan beberapa destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan sekitar 40.000 VND (sekitar Rp25.000), kamu sudah dapat menikmati sarapan dengan nikmat dan bergizi.

Biaya harian rata-rata yang dihabiskan dapat mencapai 900.000 VD (sekitar Rp500.000) per orang. Tapi kalau kamu pergi berkelompok, dijamin akan lebih hemat karena tentunya biaya yang ada akan dibagi sesuai dengan jumlah orang yang ada di kelompok.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Asia yang Bikin Hati Tenang, Introvert Merapat!

5. Malaysia

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!tripsavvy.com

Untuk mengeluarkan biaya yang lebih hemat, kamu dapat mengunjungi Semenanjung Malaysia yang umumnya lebih murah Malaysia. Di semenanjung, kamu dapat mengunjungi ibu kota Kuala Lumpur, Malaka, Cameron Highlands, pulau Langkawi, dan Kepulauan Perhentian.

Kamu dapat menyewa kamar pribadi dengan harga mulai 40 MYR (sekitar Rp120.000) per malam, sedangkan harga rata-rata makan di restoran yang murah sekitar 10 MYR (sekitar Rp35.000) per orang.

6. China

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!pixabay.com

Destinasi yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari Tembok Besar Tiongkok hingga Bund di Shanghai. Selain itu, kamu dapat mengunjungi Sungai Yangtze, berjalan ke Tibet, dan jelajahi taman-taman Suzhou yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Kamu dapat tmencari penginapan dengan harga 30 CNY (sekitar Rp62.000) per malam di pinggiran China.

Namun, bila memilih penginapan di kota-kota besar, kamu akan menghabiskan sekitar 90 CNY (sekitar Rp190.000) per malam. Untuk anggaran harian, kamu dapat menghabiskan hingga 300 CNY (sekitar Rp620.000) per hari tergantung dengan destinasi wisata yang kamu pilih ya!

7. Iran

7 Destinasi Wisata Asia yang Hemat, Gak Bikin Kantong Jebol!alqabas.com

Di sini kamu dapat mengunjungi Istana Golestan di Teheran, "Masjid Merah Muda" Shiraz yang indah, situs kuno di Persepolis, dan Gurun Varzaneh. Namun, perlu diingat bahwa Iran bukan bagian dari sistem perbankan global, jadi apabila berkunjung ke sini, kamu harus membawa uang tunai yang cukup.

Selain view yang ditawarkan, pengalamanan yang akan didapatkan juga sangat banyak! Mulai dari transportasi bus, makan di restoran yang murah dengan harga sekitar 200.000 IRR (sekitar Rp66.000), tidur di hostel, hingga pengalaman berkeliling kota. Dengan anggaran harian mencapai 2.000.000 IRR (sekitar Rp660.000) sudah cukup untuk menikmati keindahan negara ini.

Jadi, kamu sudah kepikiran mau mengunjungi negara mana? Agar lebih hemat, pastikan kamu mengajak teman atau pun keluarga ya!

Baca Juga: 6 Tips Traveling Hemat Bujet, Liburan Seru Gak Selalu Mahal Kok!

Putri Arimbi Photo Community Writer Putri Arimbi

I'm still learning how to be a good writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You