Comscore Tracker

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesir

Tak disangka, ada wisata bawah laut menarik lho!

Mesir dikenal dengan wisata sejarahnya yang luar biasa unik dan berbeda dari negara lain, sebut saja seperti Piramida Giza dan Sphinx.

Bukan hanya di Kairo, namun tempat-tempat wisata pun beredar di kota-kota lainnya.  Seperti Kota Alexandria yang menjadi tempat kelahiran Ratu Cleopatra ini juga menyimpan pesona yang menarik banyak wisatawan.

Gak hanya wisata sejarah yang unik, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Alexandria-Mesir ini lho. Apa saja kegiatannya? Simak langsung yuk! 

1. Mengunjungi museum dengan interior menakjubkan

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesirbibliotheca museum (egyptindependent.com)

Di Alexandria, museum menjadi tempat penting yang menyimpan banyak artefak bersejarah dari penjuru Mesir. Sebut saja seperti Alexandria National Museum, Royal Jewelry Museum, Cavafy Museum, dan yang sedang popular yaitu Bibliotheca Alexandria Museum.

Sementara museum lainnya memiliki arsitektur bangunan dan interior yang klasik khas Mesir, berbeda dengan Bibliotheca Alexandria Museum yang dibangun dengan desain kontemporer.

Tak hanya bangunannya yang unik, di museum ini juga terdapat perpustakaan modern dan planetarium yang cocok dikunjungi anak-anak. 

2. Berwisata ke tempat sejarah berarsitektur khas Mesir

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesirfort qaitbey (instagram/zeb.gardner)

Wisata sejarah sudah menjadi kegiatan wajib untuk wisatawan saat berkunjung ke Alexandria. Tempat-tempat sejarah popular di kota ini adalah seperti Benteng Qaitbey yang berdiri di tepi laut dan Kom el-Dikka yang merupakan reruntuhan amphitheater. 

Gak ketinggalan juga, Kom el-Shoqafa Catacombs yang merupakan situs makam bersejarah yang ditemukan tahun 1900. Di situs ini juga terdapat makam, patung dan objek arkeologi yang disimpan dalam ruangan dengan arsitektur bergaya campuran Mesir dan Roman. 

Baca Juga: Kaya Rasa, 6 Sajian Khas Mesir yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

3. Mengeksplorasi keindahan alam sekitar kota

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesircorniche waterfront (arwtravels.com)

Yang sering terlupakan oleh wisatawan saat berkunjung ke kota penuh sejarah adalah keindahan alamnya yang tak kalah indah.

Di Alexandria terdapat beberapa wisata alam terbuka seperti Corniche Road Waterfront yang merupakan jalan di tepi laut dengan suasana sejuknya pantai menyatu bersama arsitektur-arsitektur elegan di sekitarnya. 

Tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Aboukir yang terletak di bagian utara Alexandria dan pernah menjadi lokasi pertempuran Sungai Nil.

Kalian bisa mengunjungi teluk Aboukir yang memiliki pemandangan indah serta restoran pinggir laut dengan seafood berkualitas tinggi. 

4. Aktivitas bawah laut yang anti mainstream

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesiralexandria underwater (instagram/shersalem75)

Karena dikelilingi pantai, tak lengkap rasanya kalau wisatawan tak menikmati berbagai aktivitas laut di kota ini.

Bukan hanya berenang, snorkeling atau diving seperti pada umumnya, underwater Alexandria menawarkan pemandangan yang berbeda lho. 

Saat melakukan diving, pengunjung bisa melihat reruntuhan kuno yang terdapat di bawah laut, namun sebagian reruntuhan tersebut sudah dibawa dan disimpan di museum.

Uniknya, terdapat lokasi bawah laut yang disebut Istana Cleopatra dan terdapat Sphinx serta patung-patung lainnya. 

5. Berkunjung ke pasar tradisional dan beribadah di Masjid megah Abu Abbas al-Mursi

5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kota Alexandria-Mesirabu abbas al-mursi mosque (instagram/thirdeyetraveller)

Kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan yaitu berbelanja sebelum meninggalkan Kota Alexandria.

Di sini terdapat pasar terbesar bernama Alexandria Souk yang menyediakan semua produk lokal dan memberi nuansa tradisional yang unik saat berbelanja. Tak lupa juga bagi kaum muslim untuk mengunjungi tempat ibadah termegah di Alexandria yaitu Masjid Abu Abbas al-Mursi yang berdiri sejak tahun 1796.

Masjid ini terkenal karena warna krem yang memesona berpadu dengan arsitektur elegan serta interior yang dipenuhi dengan desai kaligrafi yang indah. 

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di Kota Alexandria di Mesir. Yakin gak mau coba semua kegiatannya? 

Baca Juga: 7 Fakta Nefertiti, Ratu Mesir dengan Segudang Kisah Misterius

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya