Comscore Tracker

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-mu

Gak cuma Pulo Cinta kok! #LokalIDN

Gorontalo menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Sulawesi. Keindahan bentang alamnya selalu menarik pengunjung untuk datang menikmati liburan di sini. Mulai dari wisata sejarah sampai wisata bahari tersedia di sini lho!

Wisata bahari menjadi sektor yang paling unggul di Gorontalo, gak heran karena provinsi ini punya banyak pantai cantik dan gugusan pulau dengan pesona yang beragam.

Penasaran dengan keindahan wisata bahari di Gorontalo? Simak berikut ini!

1. Pulau Diyonumo

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/beautyofgorut

Terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Pulau Diyonumo menjadi tempat yang instagramable banget lho. Pulau berukuran sedang ini hanya memerlukan waktu 15 menit untuk menyeberang dari pulau utama.

Yang membuatnya unik adalah wilayah pulau yang berbukit sehingga keindahan lautan jernih berwarna biru bisa jadi latar kamu berfoto lho. Gak cuma itu, berenang dan bersantai di pesisir pantainya juga jadi aktivitas favorit bagi para pengunjung di sini.

2. Pulau Saronde

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/like_gorontalo

Pulau Saronde juga menjadi salah satu primadona wisata bahari di Gorontalo lho. Meskipun tergolong pulau kecil karena ukuran pulau yang sekitar 1 kilometer persegi namun keindahan pantai dan lautannya yang jernih bikin gak tahan buat liburan.

Pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti tempat makan, penginapan, dan fasilitas wahana air seperti boat sewa dan lainnya. Pengunjung bisa melakukan snorkeling dan diving juga lho di pulau ini.

3. Pulau Bogisa

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/traveloka

Pulau dengan pemandangan menakjubkan satu ini adalah Pulau Bogisa. Letaknya tak begitu jauh dari Pulau Saronde sehingga kamu bisa melakukan hopping island saat berkunjung.

Meskipun fasilitasnya terbilang kurang, namun pulau ini selalu ramai pengunjung berkat keindahan gosong pasirnya sepanjang 400 meter yang menjadi tempat bersantai favorit. Seolah kamu berdiri di tempat terbelahnya laut, kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise di tempat ini lho.

Baca Juga: Fakta Menarik Mukuta dan Biliu, Sepasang Pakaian Adat Gorontalo

4. Wisata Hiu Paus

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/adhywinata

Di mana lagi kamu bisa berenang bersama dengan hewan laut berukuran besar? Cuma di Gorontalo kamu bisa merasakan sensasi bermain-main bersama hiu paus tutul yang terkenal jinak lho.

Wisata Hiu Paus ini terletak di Desa Botubarani yang berjarak 30 menit dari Kota Gorontalo. Ditemani para nelayan yang menyewakan kapalnya seharga Rp15.000 per orang kamu bisa langsung melihat hiu paus muncul mendekat ke permukaan lho!

5. Pulo Cinta

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/indonesiantravellersofficial

Siapa yang tak kenal dengan wisata Pulo Cinta nih? Seringkali disebut mirip dengan Maldives, Pulo cinta memiliki keindahan air jernih yang sangat memukau untuk dijelajahi.

Disebut Pulo Cinta karena pulaunya berbentuk hati dan seringkali dijadikan tempat untuk pasangan melakukan honeymoon. Di pulau ini pengunjung bisa bersantai di resort unik di sekeliling pulau, melakukan diving dan snorkeling atau hanya sekedar mengelilingi pulau juga bisa lho.

6. Pulau Lampu Gorontalo Utara

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/gustins_04

Disebut Pulau Lampu, karena pulau satu ini memiliki mercusuar yang menjadi pemandu bagi kapal nelayan dan kapal pesiar di malam hari. Selain itu juga, keindahan pantainya selalu berhasil memikat para pengunjung untuk datang bersantai lho.

Tak jauh dari Pulau Saronde, pulau ini juga menjadi pilihan untuk island hopping. Banyak juga yang menjadikan mercusuar sebagai tempat berswafoto karena pemandangannya indah banget dari atas lho.

7. Pantai Ratu Tenilo Tilamuta

7 Objek Wisata Bahari di Gorontalo yang Wajib Masuk Bucketlist-muinstagram/like_gorontalo

Pantai Ratu terletak di Desa Tenilo. Nama Ratu sendiri diambil dari nama gabungan antara Kepala Desa dan Istrinya. Pantai ini tergolong objek wisata yang baru karena baru dikembangkan dan dibuka pada Februari 2019 lalu.

Yang menjadi keunikan di Pantai Ratu ini yaitu pengunjung bisa bersantai di salah satu gazebo yang berbentuk layaknya mahkota dengan melewati jembatan kayu. Fasilitas lainnya juga terdapat perahu untuk berkeliling, ayunan di tengah laut untuk berfoto-foto, dan kasur air yang bisa dipakai bersantai di tengah lautan.

Itulah objek wisata bahari di Gorontalo yang pesonanya bikin gak tahan buat cepat-cepat liburan. Gimana, tertarik berkunjung?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Gorontalo yang Unik, Rekomendasi Kulineran Enak

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya