Comscore Tracker

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat Liburan

Pesona alam tersembunyi di lereng Gunung Lawu

Gunung Lawu, salah satu gunung yang terkenal keramat di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini ternyata menyimpan banyak pesona alamnya. Bukan cuma pesona berada di puncak dan air terjunnya, tapi Gunung Lawu menyimpan telaga di lerengnya, yaitu Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan ini tergolong beda dari telaga umumnya karena telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter di atas gunung lho. Telaga ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Sudah bisa terbayang bagaimana sejuknya udara di telaga ini, kan?

Untuk bisa menuju ke Telaga Sarangan, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Magetan, Jawa Timur. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer. Dan karena letaknya di lereng gunung, jadi jalan yang harus ditempuh pun berkelok-kelok dan naik-turun. Meski begitu seluruh jalannya mulus dan sudah diaspal kok. Selain itu, pemandangan selama berada di perjalanan pun sangat indah kok.

Untuk tiket masuknya cukup terjangkau. Orang dewasa dipatok tarif Rp 19 ribu, sedangkan anak-anak sekitar Rp 14 ribu. Itu semua sudah termasuk asuransi Jasa Raharja. Lalu untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 2 ribu dan roda empat Rp 5 ribu.

Rasanya cukup untuk perkenalan mengenai Telaga Sarangan. Sekarang waktunya kita membahas lebih jauh mengenai fasilitas hingga pesona apa saja yang ditawarkan tempat wisata satu ini.

1. Fasilitas umumnya memadai banget!

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat LiburanLoop.co.id

Pertama-tama, fasilitas umum sebuah tempat wisata adalah hal pertama yang pastinya akan diperhatikan oleh pengunjung saat tiba di lokasi. Dan kalau bicara soal fasilitas umum, Telaga Sarangan ini cukup memadai banget. Mulai dari musala hingga toilet umumnya banyak. Bahkan, sekitar 200 meter dari area parkir terdapat masjid yang bersih banget. Kebetulan, penulis yang berkunjung ke Telaga Sarangan di hari Jumat pun bisa melaksanakan salat Jumat di masjid tersebut.

2. Banyak penginapan dengan harga terjangkau

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat LiburanDok. Pribadi

Kalau tak merasa cukup untuk menikmati suasana di Telaga Sarangan hanya sehari, kamu bisa memilih untuk menginap di sini. Tenang saja, karena di sini terdapat banyak penginapan, mulai dari yang model hotel sampai wisma. Tarif per malamnya pun bervariasi dan tergolong murah, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 700 ribu per malamnya. Murah banget, kan?

Lokasi penginapannya pun bisa dipilih berdasarkan keinginanmu. Ada yang benar-benar di tepi telaga dan ada yang berada di dekat pemukiman penduduk.

3. Menikmati suasana tenang nan damai di tepian telaga sambil berkuda

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat LiburanDok. Pribadi

Memasuki kawasan Telaga Sarangan kamu akan langsung dihadapkan pada telaga luas yang airnya begitu jernih dan terdapat sebuah pulau kecil di tengah-tengahnya. Di tepian telaga, kamu akan menemukan banyak kuda telah disiapkan bagi pengunjung yang mau mengelilingi telaga sambil berkuda.

Tenang saja, walaupun banyak kuda di sini tapi tidak lantas membuat jalan di sekitar telaga jadi tercemar oleh kotoran kuda. Karena setiap kuda sudah diberi penampung kotoran masing-masing. Jadi kamu bisa tetap tenang melangkah menikmati suasana dan pemandangan di sekitar telaga tanpa perlu cemas akan menginjak ‘ranjau darat’.

Untuk tarif berkuda cukup murah, yaitu Rp 50 ribu sekali putaran.

4. Memacu adrenalin dengan speedboat pasti seru!

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat LiburanDok. Pribadi

Sekalipun Telaga Sarangan menyajikan suasana yang tenang nan damai, tapi nyatanya di sini kamu bisa sedikit memacu adrenalin lho. Karena di telaga yang punya luas 30 hektare dan kedalaman 28 meter ini bisa kamu jelajahi menggunakan speedboat atau kapal cepat lho.

Tapi perlu diingat kalau menjelajahi telaga dengan speedboat ini bukan termasuk perjalanan yang santai, melainkan lebih kepada memacu adrenalin. Karena pengendara speedboat sudah pasti memacu speedboat-nya ‘ugal-ugalan’, alias sangat kencang hingga membuat jantung kita pun berpacu.

Saat menaiki speedboat kamu akan berada seperti di tengah-tangah ajang balapan speedboat karena pengendara bakal memacu dengan kecepatan tinggi, kemudian pengendara akan membuat speedboat meliak-liuk di atas air hingga membuat kita terombang-ambing. Pengendara speedboat juga akan mencari ombak untuk dihantam agar speedboat melonjak naik dengan kecepatan tinggi. Tempias air telaga yang dingin dan segar pun sudah pasti bakal membasuh wajah kita setiap kali speedboat menghantam ombak.

Soal keselamatan, rasanya tak perlu khawatir karena di setiap speedboat sudah terdapat pelampung yang bisa digunakan. Dan wisata kamu ke Telaga Sarangan akan terasa kurang kalau belom mencoba naik speedboat ini lho!

Untuk bisa naik speedboat ini cukup murah. Tarif yang diberikan cukup Rp 60 ribu per kapal untuk sekali putaran atau langsung paket Rp 150 ribu untuk tiga putaran. Satu kapal bisa diisi 3-4 penumpang.

5. Kulineran di Telaga Sarangan pun enak-enak lho!

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat Liburanagrowindo.com

Telaga Sarangan bukan hanya menawarkan pemandangan alam, kesejukan udara, ketenangan suasana, dan keseruan saat memacu adrenalin. Tapi, di sini kamu juga bisa berwisata kuliner. Soal harga, tak perlu khawatir karena sepengalaman penulis harga untuk setiap porsi makanan di sini tergolong murah untuk tempat wisata dan tidak dinaikkan tinggi seperti tempat wisata lainnya.

Di sini, salah satu kuliner yang mesti kamu cicipi adalah sate kelincinya. Berbeda dengan kawasan Puncak, Bogor yang kelincinya diperlihatkan, kalau di sini sama sekali tidak ada kelinci tampak. Jadi, sebelum makan pun tidak perlu muncul rasa iba atau kasihan terhadap hewan yang memang dikenal lucu itu.

Kalau tetap tidak tega makan sate kelinci, kamu bisa mencicipi kuliner lain yang banyak ditawarkan. Mulai dari jagung bakar, nasi pecel khas Telaga Sarangan, sate ayam atau daging, nasi rawon, dan banyak lagi deh.

6. Membeli oleh-oleh dari Telaga Sarangan

Telaga Sarangan, Spot Cantik di Lereng Gunung Lawu Pas Buat Liburanlaraswati.com

Rasanya akan selalu kurang kalau mengunjungi sebuah tempat tanpa membawa apa-apa untuk pulang. Kebetulan, di Telaga Sarangan ini kamu bisa menemukan banyak cendera mata atau oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Untuk buah tangan kepada kerabat atau untuk kenang-kenangan dirimu sendiri.

Ada ragam buah tangan yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari berbagai macam kerajinan tangan dari anyaman bambu, makanan ringan seperti brem, pernak-pernik aksesoris, hingga tanaman sayuran segar yang bisa kamu bawa dan tanam setibanya di rumah.

Inilah sedikit review mengenai lokasi wisata alam tersembunyi di lereng Gunung Lawu yang bernama Telaga Sarangan. Penulis menyebut tersembunyi karena sepertinya masih sangat jarang yang mengetahui lokasi wisata satu ini. Padahal, tempatnya bagus banget dan dijamin tidak akan membuatmu menyesal.

Jadi, kapan kamu berminat ke Telaga Sarangan? Atau kamu sudah pernah berkunjung ke sini dan punya pengalaman seru?

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya