Comscore Tracker

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona 

Mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI

Wisata alam menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat untuk menikmati ketenangan. Sajian alam dengan udara segar dan pepohonan yang hijau manjadi daya tarik tersendiri. Slah satu wisata alam unggulan yang ada di Bengkulu adalah Bukit Kandis.

Bukit Kandis juga layak menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise. Jangan lupakan kemegahan batu besar yang berdiri kokoh yang menjadi spot utama Bukit Kandis. Sebelum menjelajah keindahan dan pesona Bukit Kandis, ketahui beberapa informasinya.

1. Lokasi dan rute menuju Bukit Kandis

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona Wisata Bukit Kandis (instagram.com/hallo.iqballl)

Terletak di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, Bukit Kandis menjadi wisata favorit untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Kamu hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp5.000.

Letaknya kurang lebih 28 kilometer dari pusat Kota Bengkulu dan 650 meter dari persimpangan Jalan Desa Durian Demang. Untuk mencapai puncak Bukit Kandis, kamu harus mendaki dengan medan cukup terjal. Namun, rasa lelah akan terbayar ketika sampai di puncak bukit.

2. Sejarah dan asal usul nama Bukit Kandis

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona Wisata Bukit Kandis (instagram.com/muhammadfikriiakbar)

Bukit Kandis dulunya dikenal sebagai lokasi Penambangan Tanpa Izin Batu Andesit. Kini, tempat tambang tersebut diubah menjadi Destinasi Wisata Minat Khusus yang diangkat menjadi ikon wisata bekas tambang. 

Nama Bukit Kandis diambil oleh masyarakat sekitar. Sebab, dulunya, di sekitar bukit dipenuhi pohon asam kandis. Namun, seiring dengan eksploitasi tambang batu di sekitar lahan, pohon asam kandis telah menghilang.

3. Kawasan Destinasi Wisata Minat Khusus

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona Wisata Bukit Kandis (instagram.com/ayusarasw)

Bukit Kandis menyimpan pesona alam perbukitan batu yang luar biasa menawan. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, kawasan wisata ini menjadi lokasi olahraga panjat tebing, perkemahan, dan wisata fotografi. 

Olahraga panjat tebing cocok buat kamu yang ingin menguji adrenaline. Tak hanya itu, bagi yang ingin menikmati suasana malam di Bukit Kandis, kamu dapat memilih untuk berkemah. Esok paginya, kamu bisa menikmati indahnya sunrise.

Baca Juga: 5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand Canyon

4. Cerita mistis yang ada di Bukit Kandis

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona Wisata bukit kandis (instagram.com/raihan_andika_h78)

Di balik segala keindahan dan pesonanya, Bukit Kandis memiliki cerita mistis. Konon katanya, wisata ini dihuni oleh makhluk gaib, sesosok perempuan. Makhluk gaib tersebut sering berbuat jahil kepada pengunjung yang bertingkah berlebihan. Pengunjung diminta untuk menjaga sikap dan tutur kata selama di Bukit Kandis.

Keunikan lainnya dari wisata Bukit Kandis adalah adanya kolam air yang katanya tak bisa mengering. Kolam air tidak akan mengering meski sedang saat musim kemarau, lho.

5. Punya prestasi berkat keindahannya

Bukit Kandis Bengkulu, Wisata Bekas Tambang dengan Sejuta Pesona Wisata Bukit Kandis (instagram.com/aanggunmarcellaa)

Wisata minat khusus pilihan masyarakat ini memiliki keunikannya tersendiri. Bukit Kandis sebagai perbukitan andesit memiliki pesona alam yang indah. 

Berkat keindahannya itulah Bukit Kandis dinobatkan sebagai Objek Wisata Terpopuler. Menempati posisi ke-3 untuk kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Indonesia dalam ajang penghargaan tahunan Anugerah Pesona Indonesia (API). Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Jika kamu tertarik menjelajah keindahan dan pesona Bukit Kandis, jangan lupa ajak juga keluarga dan orang tersayang. Selalu jaga kebersihan lingkungan tempat wisata agar dapat terus kita nikmati bersama keindahannya. Jadi, kapan mau ke Bukit Kandis?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Air di Bengkulu yang Wajib Kamu Kunjungi

Beby Cantika Photo Verified Writer Beby Cantika

Try and take the risk

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya