Comscore Tracker

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyu

Ternyata di Indonesia juga ada lho!

Menyaksikan bayi penyu laut menetas adalah pengalaman yang tak terlupakan dan seringkali emosional. Makhluk-makhluk kecil ini harus memecahkan telur mereka, berjuang keluar dari sarang dan kemudian berjalan melintasi pasir menuju air. Mereka menghadapi rintangan antara lain kayu apung, jejak kaki dan predator seperti burung di sepanjang jalan.

Bayi penyu yang berhasil tumbuh sampai dewasa sangatlah jarang karena para ahli mengatakan hanya satu dari seribu yang akan bertahan dalam jangka panjang. Jika kamu ingin menyaksikannya secara langsung, pergilah ke salah satu tempat menarik ini di seluruh dunia.

1. Todos Santos, Baja California Sur, Meksiko

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyutodossantos.cc

Ratusan bayi penyu laut dilepaskan dari tempat-tempat di sepanjang pantai di Todos Santos dan Pescadero di dekatnya, hanya satu jam berkendara di sepanjang pantai Pasifik dari Cabo. Di alam, bahkan tidak setengah dari telur yang biasanya menetas, tetapi berkat upaya sukarelawan, sekitar 80 persen telur dapat menetas, memberikan masing-masing satu dari seribu kemungkinan menjadi dewasa.

Tepat sebelum matahari terbenam setiap hari, biasanya sekitar jam 5 sore, bayi penyu dilepaskan sebagai bagian dari proses untuk menyelamatkan hewan langka ini. Saat mereka merangkak melintasi pasir menuju lautan, para ahli menilai kesiapannya, memastikan mereka bisa bergerak, merangkak, berorientasi pada air, berenang, dan mengambang di lautan saat mereka berenang menjauh. Warga lokal dan pengunjung dapat menonton atau berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

2. Isle of Palms, Carolina Selatan

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyucharlotteobserver.com

Ketika bayi penyu menetas di Isle of Palms, sekelompok orang berlisensi membantu mereka dan memungkinkan pengunjung untuk menjadi bagian dari upaya konservasi pantai yang penting. Ini terjadi dari Mei hingga pertengahan Agustus, dengan bayi-bayi muncul dari sarang terutama di malam hari meskipun kadang-kadang mereka pergi ke laut pada siang hari. Tim bekerja untuk mengidentifikasi dan menandai sarang sebelum bayi penyu perlahan menetas, dan kemudian membantu mereka sampai ke air dengan aman, mencegah burung camar menangkapnya.

3. Taman Nasional Tortuguero, Kosta Rika

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyugreenglobaltravel.com

Tortuguero, adalah taman nasional yang berada di sepanjang pantai Karibia yang dikelilingi pohon palem sekitar 80 kilometer di utara Port of Limon, Kosta Rika. Untuk mencapainya kamu harus naik perahu atau penerbangan pendek dari San Jose, dan kamu akan menemukan salah satu situs bersarang paling penting di belahan barat.

Tempayan, penyu sisik dan penyu belimbing raksasa menghuni daerah tersebut dan pengunjung dapat melakukan berbagai pengalaman dengan penyu di sini juga. Kelompok Sea Turtle Conservancy bahkan menawarkan petualangan sukarela yang mungkin termasuk kesempatan untuk menyaksikan mereka dilepaskan atau berjalan-jalan untuk menyaksikan seekor penyu bertelur di Archie Carr Refuge. Musim penetasan di pantai Karibia adalah antara Juli hingga Oktober, dan juga dari bulan Maret hingga Mei.

4. Puerto Vallarta, Meksiko

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyugarzablancaresidenceclub.com

Sejumlah komunitas di sepanjang pantai Pasifik Meksiko memainkan bagian integral dalam konservasi penyu, termasuk Puerto Vallarta di mana setiap tahun ribuan penyu datang ke pantai untuk bersarang dan bertelur hingga puluhan ribu telur. Puerto Vallarta adalah resor populer yang memiliki salah satu program perlindungan dunia paling canggih bagi penyu, dengan organisasi-organisasi seperti Campamento Tortuguero Boca de Tomates memungkinkan pengunjung untuk menonton pelepasan bayi penyu. Beberapa hotel, resor dan bahkan restoran menjadi tuan rumah pelepasan bayi penyu di sini juga, yang berlangsung dari sekitar Agustus hingga Desember selama musim kawin penyu tahunan.

5. Padre Island, Texas

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyutravelchannel.com

Terletak tak jauh dari Pantai Teluk Texas, Padre Island National Seashore adalah rumah bagi beragam kelompok penyu dengan 5 spesies berbeda menggunakan pulau dan perairan sekitarnya untuk makan maupun bersarang. Satu-satunya cabang penelitian penyu laut dari US National Park Service berada di sini, dengan tim yang mengkhususkan diri dalam pemulihan, rehabilitasi dan perlindungan hewan serta memberikan pandangan publik tentang penetasan bayi penyu.

Pelepasan bayi penyu dimulai pada akhir Mei atau awal Juni. Pengunjung juga mungkin ingin melihat Sea Turtle Inc. untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyu, melihatnya dari dekat dan bahkan “mengadopsi” penyu dan sarang penyu individu dengan hasil menuju program konservasi pusat.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terunik di Dunia yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

6. Kepulauan Perhentian, Malaysia

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyusabahtravel.com

Penyu hijau dan penyu sisik tiba di Kepulauan Perhentian yang terpencil di lepas pantai timur Malaysia setiap tahun untuk bertelur, dengan pasir lembut yang memberi tempat berlindung bagi mereka untuk menetas. Karena tidak ada lampu di pantai, setelah matahari terbenam mereka merasa cukup aman untuk bersarang.

Proyek Penyu Perhentian membantu melindungi telur-telur penyu, mengumpulkan dan mengerami mereka sampai siap dilepas kembali ke laut, dengan waktu pelepasan puncaknya pada akhir Juli hingga Agustus. Ada peluang sukarela bagi pengunjung untuk membantu juga.

7. Pulau Penyu, Kalimantan

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyuborneoamazing.com

Pulau Penyu, yang terletak hanya 40 kilometer di utara Sandakan, adalah tempat paling terkenal di Kalimantan untuk melihat penyu, dengan pantai-pantai di sini dikunjungi setiap tahun oleh penyu hijau dan penyu sisik. Pulau Penyu sebenarnya terdiri dari tiga pulau, Selingaan, Bakkungan Kecil dan Gulisaan, tetapi satu-satunya tempat pengunjung dapat menyaksikan hewan itu bertelur adalah Selingaan karena dua lainnya tertutup untuk umum.

Kamu mungkin dapat menyaksikan para induk penyu bertelur, penjaga mengumpulkan dan membawa telur, serta menyaksikan bayi-bayi penyu dilepaskan ke dalam air. Penyu bertelur sepanjang tahun, tetapi waktu terbaik untuk datang adalah dari Juli hingga September ketika laut lebih tenang.

8. Kosgoda, Sri Lanka

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyuurlaub-sr-lanka.info

Beberapa spesies penyu bertelur di sepanjang pantai barat dan selatan Sri Lanka, tetapi penyu hijau adalah yang paling umum, diikuti oleh penyu zaitun serta penyu sisik. Pengunjung dapat menjadi sukarelawan dengan Proyek Konservasi Penyu Laut Kosgoda yang telah menjalankan tempat penetasan kritis di daerah itu selama lebih dari 30 tahun, membantu melindungi lahan untuk bersarang. Musim penetasan di sini adalah dari November hingga Mei.

9. Ras Al Jinz, Oman

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyutheculturetrip.com

Dekat desa nelayan asli Ras Al Jinz, daerah Laut Arab ini terkenal di dunia karena tempat bersarang penyu hijau yang terancam punah. Proyek ekowisata Oman di Suaka Margasatwa Ras Al Hadd, melakukan yang terbaik untuk membantu wisatawan menyaksikan penetasan, sambil memastikan bahwa ancaman yang disebabkan manusia dapat dikendalikan. Pusat ini juga menawarkan perjalanan malam bagi pengunjung untuk menyaksikan sarang penyu. Musim penetasan di sini adalah sepanjang tahun, biasanya memuncak pada bulan Juli.

10. Iztuzu, Turki

10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyuanews.com.tr

Pantai Iztuzu terletak di dekat Dalyan, di Provinsi Mugla di Turki barat daya. Daerah ini sangat tenang dengan pantai sepanjang 4,5 km yang sangat mengesankan dan juga salah satu tempat terbaik untuk melihat penyu menetas di Eropa. Ini juga berhasil menjadikan Pantai Iztuzu sebagai objek ekowisata yang sangat dicintai, cocok untuk wisatawan dari segala usia. Jika kamu ingin menjadi sukarelawan di Eropa dan membantu penyu, pengalaman ini dapat dilakukan di Turki. Musim penetasan di sini adalah dari Mei hingga Juni.

Baca Juga: 5 Destinasi Kuliner Menarik di Dunia Ini Wajib Kamu Kunjungi

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya