Comscore Tracker

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristal

Kejernihan airnya tiada tara

Sekitar tiga per empat bumi kita tertutup oleh air. Dan ada banyak air yang bisa dinikmati di mana-mana. Mulai dari lautan misterius hingga danau besar yang merayap menembus bentang alam. Ada beberapa sumber air mengagumkan yang perlu ditemukan. Berikut adalah 7 tempat alami yang menawan di seluruh dunia dengan air jernih.

1. Danau Melissani, Yunani

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristalpylaros.blogspot.com

Yunani adalah salah satu tempat paling terkenal di dunia dalam sejarah dan keindahan. Danau Melissani menggabungkan keduanya untuk menjadi salah satu objek wisata alam paling menarik di dunia. Menurut legenda, Melissani mengambil nyawanya sendiri dalam keputus-asaan karena cintanya tidak terjawab. Gua ini terletak 3 kilometer dari tujuan wisata populer Sami dan diperkirakan berumur sekitar 20.000 tahun. Danau itu benar-benar berada di bawah tanah pada satu titik tetapi gempa besar membukanya ribuan tahun yang lalu, dan sekarang sinar matahari membanjiri serta menerangi air, dengan deretan warna biru yang indah.

Danau ini sangat jernih karena air laut tersedot ke dalam gua dan disaring selama prosesnya. Air di danau tersebut sangat jernih sehingga karenanya, orang-orang yang mengendarai perahu di danau ini terlihat seperti melayang.

2. Danau Hijau, Austria

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristaltravelandleisure.com

Danau ini juga dikenal sebagai "Gruner See" berkat airnya yang hijau tetapi sangat jernih. Danau yang terletak di Styria, sebelah tenggara Austria ini adalah rumah bagi perairan hijau paling spektakuler yang pernah ada. Perairan jernihnya berasal dari salju yang mencair dari pegunungan Karst. Karena asal usul airnya, danau ini sangat dangkal selama bulan-bulan musim dingin.

Permukaan air mulai naik ketika cuaca menghangat dan salju mencair. Danau itu dulunya sangat populer di kalangan penyelam, yang akan pergi ke sana untuk memanfaatkan jarak pandang 50 m, padang rumput bawah air, dan jalan setapak. Tetapi semua olahraga air dilarang pada tahun 2016 karena para ahli khawatir bahwa endapan yang diaduk oleh penyelam menyebabkan air jernih menjadi lebih keruh.

3. Ambergris Caye, Belize

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristalsanpedroscoop.com

Sekitar 1,3 juta orang mengunjungi Belize setiap tahun, dan Ambergris Caye adalah tujuan utama para wisatawan ini. Alasan utama orang berbondong-bondong ke sana adalah untuk menyelam. Daerah ini juga merupakan rumah bagi sistem terumbu karang terbesar kedua di dunia.

Cagar kehidupan laut Hol Chan terletak hanya 2,4 km dari pantai Ambergris Caye dan itu luar biasa panjangnya 6,3 kilometer. Sekitar 40.000 orang menyelam di sini setiap tahun, berharap untuk melihat kehidupan laut di daerah tersebut.

Jika kamu bertanya-tanya mengapa lautan seperti laut Karibia begitu indahnya, sains memiliki jawabannya. Warna biru tercipta ketika sinar matahari tersebar oleh molekul-molekul air. Kondisi air lebih ringan di perairan dangkal karena sinar matahari memantul dari pasir dan mencapai permukaan air.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Seru di Penajam Paser Utara

4. Pulau Palawan dan Sungai Hinatuan, Filipina

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristalgomaetravel.wordpress.com

Ada begitu banyak daerah indah di mana air jernih dapat ditemukan di Filipina, sehingga dua tempat di negara yang indah ini layak disebutkan dalam daftar ini. Sulit untuk menentukan mana yang terbaik, jadi mari kita lihat detail keduanya.

Pertama di Pulau Palawan. Ini mungkin tempat paling terkenal di Filipina untuk berenang di perairan laut yang jernih. Kepulauan Palawan terletak di Laut sub-Cina dan Laut Sulu. Ini menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap tahun dengan suaka margasatwa, terumbu karang, dan situs warisan dunia UNESCO. Salah satu peluang utama di daerah ini adalah menyelam di lokasi di mana 12 kapal karam Jepang dari Perang Dunia 2.

Sungai Hinatuan ditemukan di pulau Mindanao di Filipina. Warna-warna sungai yang indah dan kedalamannya yang belum dijelajahi memiliki banyak legenda, termasuk legenda yang mengatakan bahwa peri menambahkan rona biru padanya. Pada kenyataannya, kejernihan air disebabkan oleh asal-usulnya di hutan rimba.

5. Rio Sucuri, Brasil

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristaloutdoorchief.com

Amazon mungkin sungai yang paling terkenal di Brasil, tetapi sungai Sucuri sejauh ini yang paling indah. Terletak di Bonito, 4 jam dari ibukota Brasil, setelah berjalan kaki singkat, pengunjung dapat menikmati akuarium alami yang kaya akan tanaman air, dan ikan berwarna-warni. Airnya sangat jernih karena berasal dari sumur-sumur Artesis, kemudian muncul dari tanah untuk membentuk kolam. Visibilitasnya luar biasa, yaitu sedalam 18 meter. Pemerintah Brasil sangat tertarik untuk melindungi sungai ini dan karena itu diklaim sebagai taman nasional serta wilayahnya dilindungi.

6. Danau Flathead, Amerika Serikat

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristaltaringa.net

Danau Flathead adalah danau air tawar terbesar yang terletak di barat AS. Danau ini dikenal di seluruh dunia karena kejernihan airnya. Seseorang yang mengambang di permukaan danau ini muncul karena airnya sangat jernih. Danau itu adalah sisa-sisa laut pedalaman besar yang disebut danau Missoula yang meliputi banyak wilayah sekitar 13.000 tahun yang lalu.

Danau ini memiliki titik terdalam 113 meter dan dikatakan sebagai danau terbersih dari ukurannya di dunia. Alasan mengapa airnya sangat jernih adalah karena air itu berasal dari Pegunungan Rocky di sekitarnya. Airnya terdiri dari salju murni yang mencair.

7. Danau Biru, Selandia Baru

7 Tempat Menakjubkan di Dunia Dengan Air Sebening Kristaltwistedsifter.com

Danau Biru di Selandia Baru alias "ROTOMAIREWENUA" memegang gelar sebagai danau paling jernih di dunia. Terletak di taman nasional Danau Nelson di Selandia Baru, Danau Biru menjalani pengujian ilmiah pada tahun 2011 dan hasilnya menunjukkan itu menjadi badan air tawar paling jernih yang dikenal manusia. Visibilitas danau ini adalah 80 meter yang membuatnya hampir jernih seperti air suling.

Danau ini saat musim semi begitu luar biasa jernih sehingga para pria suku setempat menganggapnya sakral. Taman nasional terbuka untuk hiking dan memancing. Di musim panas, posisi matahari yang lebih tinggi berarti lebih banyak cahaya menyentuh permukaan danau dan mengubahnya menjadi warna biru cerah.

Baca Juga: 7 Destinasi di Wilayah Eropa, Makedonia Utara yang Memesona

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You