Comscore Tracker

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!

#Travel Pernah ke sini?

Thailand adalah salah satu tempat dari berbagai bentuk kuil yang ada di dunia. Jika kamu berpikir bahwa kamu telah melihat satu kuil di Thailand lantas menyamakannya dengan kuil-kuil lainnya, maka pikirkan lagi! Di antara ribuan atau bahkan jutaan kuil di dunia, ada juga kuil-kuil yang aneh. Tujuh di antaranya berada di Thailand.

Jika kamu memiliki rencana liburan ke Thailand, maka daftar 7 kuil paling unik di Negeri Gajah Putih ini harus masuk daftar bepergianmu.

1. Wat Yannawa - Kuil Perahu

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!bangkokforvisitors.com

Daya tarik Wat Yannawa adalah bentuknya yang sangat tidak biasa. Kuil Wat Yannawa yang terletak di Bangkok ini dirancang agar terlihat seperti perahu Cina. Kuil ini dibangun atas perintah Raja Rama III dengan tujuan untuk menghormati kapal-kapal yang pada masa lampau membawa membeli begitu banyak kemakmuran kepada kerajaan.

Lokasinya berada di tepi Sungai Chao Phraya dan merupakan tempat yang menarik bagi penduduk setempat selama Festival Loy Krathong tahunan. Mampirlah ke sana untuk melihat kehebatan arsitektur ini tepat di pusat kota Bangkok.

2. Wat Hua Lamphong - Kuil Peti Mati

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!wikimedia.org

Wat Hua Lamphong atau Kuil Peti Mati ini adalah salah satu kuil paling aneh yang menunggu untuk ditemukan. Kuil ini acap kali dikunjungi penduduk setempat untuk beribadah. Pada saat yang sama, mereka menyumbangkan uang untuk peti mati.

Inisiatif yang diprakarsai oleh masyarakat ini memiliki tujuan untuk membantu orang-orang yang tidak mampu untuk membeli peti mati bagi keluarga, saudara maupun kerabat mereka yang telah meninggal.

Wat Hua Lamphong atau Hualampong ini dibangun selama periode Rattanakosin. Pada tahun 1996, untuk merayakan 50 tahun naiknya tahta Raja Bhumibol Adulyadej (Rama IX), kuil ini direnovasi.

3. Wat Pa Maha Chedio Kaew - Kuil Botol Bir

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!Nationmultimedia.com

Salah satu kuil yang paling menarik dalam daftar ini adalah Wat Pa Maha Chedio Kaew atau Kuil Botol Bir. Dari kejauhan, kuil ini memang terlihat seperti kuil tradisional Thailand pada umumnya. Namun, jika kamu berada sangat dekat, kamu akan terkejut karena kuil ini terdiri dari botol bir dan botol minuman energi. 

Pada tahun 1984, sekelompok biksu di Thailand memulai permainan epik yang mereka sebut 100 botol bir di dinding. Hebatnya, permainan mereka berlanjut sampai benar-benar ada 100 botol di dinding. Permainan terus berlangsung dengan total lebih dari 1,5 juta botol sehingga membentuk eksterior kuil paling unik di dunia.

4. Wang Saen Su Monastery Garden - Kuil Neraka

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!Wikimedia.org

Wang Saen Suk Monastery Garden di Bang Saen City, Provinsi Chonburi ini boleh dibilang sebagai kuil paling mengerikan. Pasalnya, daya tarik kuil ini adalah deskripsi Naraka, yang berarti neraka dalam agama Budha. Bahkan, di pintu masuk, kamu akan disambut dengan papan ucapan "Welcome to Hell" alias Selamat Datang di Neraka.

Penggambaran neraka di Wang Saen Suk Monastery Garden itu sangat aneh dan mengerikan. Di sini, kamu akan melihat patung-patung dari berbagai ukuran mulai kecil hingga raksasa. Selain itu, ada monster-monster aneh juga. Patung-patung itu tampak sedang melakukan berbagai aktivitas penyiksaan.

Berani ke sini?

5. Wat Rong Khun - Kuil Putih

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!Wikimedia.org

Wat Rong Khun juga dikenal sebagai Kuil Putih. Kuil ini terletak di Chiang Rai di Thailand bagian utara. 

Dibuat sekaligus dimiliki oleh seniman Thailand Chalermchai Kositpipat yang terkenal, kuil ini menyandingkan dua tema tradisional dan pengaruh modern sekaligus. Perpaduan tradisional dan medern ini termasuk mural Mickey Mouse, Superman, Kung Fu Panda dan Michael Jackson, yang semuanya menambah intrik dan kejutan dari objek wisata terkenal ini. 

Pengunjung juga akan melihat tangan Wolverine, Alien, tanda-tanda perdamaian, senjata dan berbagai sindiran yang aneh dan unik di kuil yang dibangun pada tahun 1997 - 2008 ini.

6. Wat Pariwat - Kuil David Beckham

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!Youtube.com/Periscope iVideo

Jika orang biasa tergila-gila dengan sepak bola, maka hal itu adalah biasa. Namun yang terjadi di Thailand, para biksu juga menggemari olahraga kulit bundar itu. Bahkan, biksu kepala Kuil Wat Pariwat adalah fans berat Manchester United.

Sebelumnya, di sudut belakang altar kuil yang sangat besar ini, terdapat patung Garuda, salah satu makhluk mitos bersayap. Kemudian, oleh para biksu, Garuda digantikan oleh... David Beckham! Tak hanya itu, gambar-gambar suami Victoria Beckham itu bertebaran di kuil ini.

Kuil ini biasanya hanya buka untuk acara-acara khusus. Tetapi jika kamu bertanya pada penduduk sekitar, kemungkinan mereka akan membiarkan kamu masuk.

7. Wat Buppharam - Kuil Donald Bebek

7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!Dailyphotochiangmaimary.blogspot.co.id

Kalau kamu berpikir telah mengetahui kuil-kuil aneh setelah melihat Kuil David Beckham, buanglah jauh-jauh pikiran itu. Pasalnya, tepat di sebelah Wat Pariwat, terdapat Wat Buppharam, Kuil Donald Bebek.

Wat Buppharam  yang dibangun pada tahun 1497 pada masa pemerintahan Raja Lanna Muang Kaeo di Chiang Mai ini menampilkan karakter kartun Disney Donald Bebek yang tengah berdiri dan makan semangkuk mie di kebun.

Sebetulnya, selain Donald Bebek, ada banyak patung dengan karakter aneh bertebaran di sekitar kuil, termasuk lukisan-lukisan, tangga, sebuah Buddha zamrud dan buku-buku tradisional yang indah. Sebuah perpaduan yang ekstrem, bukan?

Itulah 7 kuil unik di Negeri Gajah Putih yang bisa kamu tambahkan dalam agenda liburanmu di Thailand.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya