Comscore Tracker

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap 

#IDNTimesFood Bisa jadi dipping sauce dan bumbu makanan juga

Saus menjadi salah satu komponen penting dalam berbagai menu masakan di Sisilia-Italia. Saus biasanya dibuat campuran makanan seperti pasta, pizza, sandwich, hingga dumpling. Selain itu, terkadang saus juga dibuat untuk cocolan aneka makanan seperti gorengan agar terasa lebih nikmat.

Makin penasaran, jenis saus apa saja yang membuat makanan-makanan di Sisilia-Italia makin lezat? Berikut daftarnya.

1. Pesto di Pistacchio

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap pesto di pistacchio (instagram.com/tavolartegusto)

Pesto di pistacchio merupakan saus yang terbuat dari kacang pistachio tawar yang dipanggang hingga berbau sedap. Kemudian bahan ini dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti kemangi, bawang putih, kulit lemon, minyak zaitun, parutan keju parmigiano reggiano atau pecorino, garam, dan merica.

Saus ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko di Sisilia atau pun bagian wilayah lain di Italia.

2. Agrodolce

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap agrodolce (instagram.com/nella_cucina_di_anto)

Agrodolce merupakan saus yang memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Saus ini terbuat dari campuran cuka dan gula yang kemudian ditambahkan dengan wine. Pilihan bahan seperti bawang, jus buah, atau cokelat juga bisa ditambahkan untuk memperkaya rasa.

Saus ini umumnya digunakan dalam berbagai makanan yang berupa pasta atau sebagai topping untuk daging panggang yang lezat.

Baca Juga: Resep Saus Yoghurt Bawang Putih yang Praktis, Jadi Ide Saus Lezat!

3. Carne Capuliata

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap carne capuliata (instagram.com/prouditaliancook)

Carne capuliata umumnya dibuat untuk campuran makanan yang berupa olahan daging. Saus ini juga umumnya dihidangkan dengan pasta seperti makaroni dan anelletti. Saus ini terbuat dari daging sapi yang dicincang halus, bawang bombay, minyak zaitun, white wine, pasta tomat Sisilia yang disebut estratto dan tomat.

Tak sampai di situ, untuk memperlezat saus, maka ditambahkan dengan oregano, kemangi, dan daun salam.

4. Salmoriglio

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap salmoriglio (instagram.com/cosatipreparopercena)

Salmoriglio adalah saus yang terbuat dari campuran minyak zaitun, jus lemon, peterseli, oregano, garam, dan merica. Tambahan bahan lainnya untuk memperkuat rasa adalah bawang putih cincang. 

Cara pembuatannya yaitu, salmoriglio, minyak, jus lemon, oregano, dan peterseli tersebut cukup dikocok secara bersamaan. Setelahnya hanya perlu ditambahkan dengan sedikit air panas hingga saus menjadi halus.

Campuran bahan tersebut lalu dibumbui dengan garam dan merica. Kemudian proses terakhir, saus dipanaskan di atas air panas.

5. Pesto Alla Trapanese

5 Ragam Saus Khas Sisilia-Italia yang Bikin Makanan Makin Mantap pesto alla trapanese (instagram.com/55winston55)

Pesto alla trapanese merupakan saus yang terbuat dari basil segar, almond, bawang putih, minyak zaitun, dan tomat matang. Saus biasanya disiapkan dalam mortar. Hal tersebut membuatnya menghasilkan saus yang chunky dengan kombinasi warna merah dan hijau yang kontras.

Saus ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan pasta jenis busiate. Namun, saus juga dapat dikombinasikan dengan jenis pasta lain seperti spaghetti, linguine, atau penne.

Beragam jenis saus bisa dicoba saat berada di Sisilia-Italia. Tak hanya sebagai dipping sauce, namun beberapa saus ini juga dapat dijadikan bumbu utama dari berbagai menu hidangan yang menggugah selera.

Baca Juga: 6 Saus Celup Khas Yunani, Ada yang Berbahan Dasar Terung!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya