Comscore Tracker

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!

Ada yang sudah pernah kamu kunjungi? 

Lithuania adalah salah satu negara yang memiliki beberapa situs bersejarah yang telah diakui oleh dunia. Tak hanya terkenal, situs-situs ini bisa menjadi spot berfoto yang estetik. Hal tersebut tentu mampu menarik perhatian turis lokal dan juga di negara-negara lain.

Beberapa bangunan peninggalan sejarahnya telah ada berabad-abad tahun yang lalu, tapi masih tetap berdiri kokoh. Berikut 5 situs bersejarah di Lithuania yang paling estetik dan menarik untuk dikunjungi.

1. Situs Arkeologi Kernave

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!Situs Arkeologi Kernave (instagram.com/kernave_)

Situs Arkeologi Kernave berlokasi di Kernave. Kota ini mempunyai sisa-sisa atau reruntuhan kastil, gereja besar, tempat pemakaman, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan situs ini disebut sebagai situs Arkeologi Kernave.

Tempat-tempat tersebut sudah terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO. Sejarawan mengatakan, bahwa tempat ini telah melihat aktivitas manusia sejak jutaan tahun yang lalu. 

2. National Museum of Lithuania

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!National Museum of Lithuania (instagram.com/rimvydassinius)

National Museum of Lithuania adalah museum yang berada di Vilnius yang juga merupakan ibu kota Lithuania. Museum ini selalu menjadi tempat yang ideal untuk mempelajari tentang sejarah negara ini.

Tempat ini menyediakan informasi yang cukup tentang zaman prasejarah, abad pertengahan dan hingga modern. Museum pun terbagi menjadi dua bagian yang bertempat di dalam dua bangunan yang dulunya adalah bekas gudang senjata negara.

Bagian pertama menampilkan koleksi dari prasejarah hingga abad ke-13. Sedangkan bagian yang lain mempunyai benda-benda dari abad ke-13 hingga pembentukan Lithuania modern.

Baca Juga: 7 Kota Epic di Lithuania, Surganya Bangunan Ikonik!  

3. Panerial Memorial Museum

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!Panerial Memorial Museum (instagram.com/inyourpocket.com)

Panerial Memorial Museum berada di Panerial yang merupakan lokasi yang tenang yang dikelilingi oleh hutan. Museum ini berada beberapa kilometer dari Vilnius.

Mulai tahun 1940 atau 1941 hingga 1944, Nazi Jerman menggunakan tempat ini sebagai tempat eksekusi bagi para tahanan. Para tawanan sebagian besar adalah orang Yahudi dan Rusia.

Mereka dibawa ke tempat ini dari Vilnius dan dieksekusi. Museum ini mempunyai koleksi seperti dokumen eksekusi dan foto-foto korban bersama dengan pakaian dan benda-benda lainnya.

4. Gediminas Tower

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!Gediminas Tower (instagram.com/explorevilnius)

Gediminas Tower adalah menara bersejarah yang berlokasi di Vilnius. Menara ini terletak di tempat yang tinggi, sehingga pengunjung dapat melihat keindahan kota dari bawah. Dahulu di tempat ini terdapat kastil Upper Grand Dutchy of Lithuania yang dibangun oleh Gediminas.

Namun, saat ini hanya menara ini yang tersisa. Menara didirikan pada abad ke-15. Sementara itu, pondasi kastil telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Di dalam menara terdapat museum yang menunjukkan seperti apa kastil ini pada masa lalu. 

5. Gate of Dawn

5 Situs Bersejarah di Lithuania yang Paling Estetik, Menarik Banget!Gate of Dawn (instagram.com/thebelgiannomad)

Gate of Dawn merupakan gerbang yang telah ada sejak abad ke-16. Dahulu, negara ini mempunyai banyak gerbang, tapi hanya Gate of Dawn yang masih bertahan. Gerbang lainnya pun telah dihancurkan oleh Rusia.

Gerbang ini mempunyai arsitektur abad pertengahan yang menakjubkan. Gate of Dawn populer dengan kapelnya yang mempunyai lukisan terkenal, Santa Perawan Maria atau Vilnius Madonna.

Situs bersejarah di negara ini terkenal dengan keindahannya. Meskipun sebagian telah ada sejak berabad-abad lalu, tapi masih berdiri kokoh dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya liburan, kamu juga bisa sambil belajar sejarah, lho.

Baca Juga: 5 Taman Nasional Terindah di Lithuania, Pesonanya Bikin Betah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya