Comscore Tracker

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler 

#IDNTimesTravel Dijamin terpukau dengan keindahannya!

Sebagai negara dengan sejarah yang panjang, tentu Jerman mempunyai banyak bangunan peninggalan sejarah atau warisan yang berasal dari masa lampau.

Terdapat banyak situs di Jerman yang masuk dalam daftar resmi warisan dunia UNESCO. Lima di antaranya ada di kota Berlin, yang merupakan ibu kota negara. Berikut daftar lengkapnya.

1. Museum Island 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler Museum Island (Instagram.com/grande_potere)

Museum Island yang ikonik di Berlin menyimpan koleksi terkenal di dunia. Terdapat lima museum dengan arsitektur yang indah yang semuanya masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kelima museum tersebut adalah Museum Pergamon, Museum Bode, Museum Neues, Galeri Nasional Alte, dan Museum Altes. Pengunjung akan melihat keajaiban sejarah dan arsitektur, dengan peninggalan Mesir Kuno, artefak Byzantium, dan seni abad. 

2. Pfaueninsel 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler Pfaueninsel (Instagram.com/meike_aus_berlin)

Pfaueninsel berada di antara Berlin dan Potsdam. Tempat ini adalah sebuah pulau indah yang menampung kastil seperti dongeng, lingkungan yang rimbun, dan juga kumpulan burung merak.

Kastil didominasi dengan warna putih. Sedangkan tamannya dipenuhi bunga yang mengundang pengunjung untuk menjelajahi keindahannya. dengan kecepatan mereka sendiri. Tempat ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1990.

Baca Juga: Kini Pulih, 10 Situs Warisan Dunia UNESCO Ini Dulunya Hampir Punah

3. Schloss Cecilienhof 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler Schloss Cecilienhof (Instagram.com/alspdm)

Schloss Cecilienhof merupakan sebuah istana yang diduduki oleh anggota terakhir dari keluarga kerajaan Jerman yang bernama Wilhelm dan Cecilie dari Prusia. Tempat ini berfungsi sebagai situs puncak yang dikenal sebagai Konferensi Potsdam.

Oleh karena itu, tempat ini menjadi tempat berlangsungnya negosiasi perdamaian resmi yang pada akhirnya mengakhiri Perang Dunia II dan memecah Jerman. Kastil juga mempunyai sebuah taman yang indah dan patut dikunjungi.

4. Istana Sanssouci dan Taman 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler Istana Sanssouci dan Taman (Instagram.com/krachson)

Istana Sanssouci telah menarik wisatawan selama bertahun-tahun. Istana ini dibangun pada tahun 1740-an sebagai tempat peristirahatan musim panas raja Prusia Frederick the Great.

Istana ini terdiri dari sepuluh kamar yang didekorasi dengan menawan. Taman-taman di sekitarnya yang luas juga sangat indah, lengkap dengan Neues Palais, patung-patung besar, air mancur, kedai teh Cina. 

5. Chorin Monastery 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Berlin-Jerman yang Paling Spektakuler Chorin Monastery (Instagram.com/axelgrabowski)

Chorin Monastery merupakan sebuah biara yang terletak di Schorfheide. Tempat ini menjanjikan pemandangan yang mengagumkan dengan danau dan alam disekitarnya.

Terdapat pula peninggalan arsitektur Gotik yang mengesankan. Biara ini dibangun pada abad ke-13 dan bekas biara ini tetap menjadi salah satu monumen terpenting yang mempunyai gaya arsitektur Gotik awal yang bertahan di Brandenburg. 

Tempat-tempat tersebut menyuguhkan pemandangan yang tak terlupakan. Jadi, jika berkesempatan ke Berlin, kunjungilah situs-situs penting di atas.

Baca Juga: 7 Situs UNESCO di Korea Selatan yang akan Membuatmu Berdecak Kagum

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya