Comscore Tracker

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam Memukau

Pemandangannya bikin hati dan pikiran adem #LokalIDN

Air terjun bisa menjadi destinasi wisata menarik untuk menjernihkan pikiran. Selain karena menyatu dengan alam, air terjun biasanya mempunyai air yang jernih. Selain itu, air terjun kebanyakan berlokasi di tengah-tengah hutan yang membuatnya makin eksotis.

Jika sedang mencari rekomendasi liburan yang bertema air terjun, maka Bojonegoro bisa menjadi pilihan. Wilayah yang berada di Jawa Timur ini mempunyai banyak pilihan air terjun dengan panorama yang bisa menyegarkan mata.

Di mana sajakah air terjun ini? Yuk, simak rekomendasi air terjun yang ada di Bojonegoro berikut ini.

 1. Air Terjun Kedung Peti 

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam MemukauAir Terjun Kedung Peti (instagram.com/leonard_c4me)

Air Terjun Kedung Peti terletak di Desa Ketileng, Kecamatan Malo, Bojonegoro, Jawa Timur. Air terjun ini dianggap sebagai salah satu air terjun paling eksotis di Bojonegoro. Suasana alam yang disuguhkan pun sungguh menenangkan dan bikin nyaman.

Salah satu yang menjadi daya tarik utamanya adalah air terjun yang mempunyai beberapa tingkatan yang jatuh tepat di kedung atau kubangan air.

Air terjun dengan ketinggian yang mencapai sekitar 30 meter ini dibagi menjadi tiga tingkat air terjun. Air terjun ini berasal dari sebuah sungai di atasnya yang mempunyai aliran yang cukup deras.

2. Air Terjun Kedung Maor

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam MemukauAir Terjun Kedung Maor (instagram.com/jatimparadise)

Air Terjun Kedung Maor menjadi salah satu destinasi alam paling memukau di Bojonegoro. Air terjun ini berasal dari aliran Kali Soko dan air limpahan dari Waduk Pacal. Yang mengesankan, aliran airnya cukup stabil. Meskipun pada musim kemarau, tetap terlihat memukau. 

Lokasinya yang terletak di pertengahan hutan menambah kesan keasriannya dan  membuat pengunjung dapat lebih menyatu dengan alam sekaligus.

Air Terjun Kedung Maor berada di area hutan RPH atau Resort Pemangkuaan Hutan Tretes. Wisatawan memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam setengah dari Kota Bojonegoro yang berjarak sekitar 40 km.

Baca Juga: 5 Kafe di Bojonegoro yang Instagramable, Cocok Buat Akhir Pekan

3. Air Terjun Kedung Gupit

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam MemukauAir Terjun Kedung Gupit (instagram.com/mitha_rahma_20)

Air Terjun Kedung Gupit berlokasi di Dusun Gayam desa Klino Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro. Jarak air terjun dengan pusat kota sekitar 40 km ke arah selatan. Belum banyak yang tahu tentang keindahan dari air terjun ini sehingga membuatnya menjadi lokasi yang ideal untuk mencari ketenangan.

Air Terjun Kedung Gupit letaknya tersembunyi di balik bukit dan saat ini hanya penduduk lokal saja yang mengetahuinya. Namun jika penasaran dengan pesona yang dimilikinya, pengunjung dapat bertanya kepada warga sekitar tentang keberadaannya.

4. Air Terjun Krondonan

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam MemukauAir Terjun Krondonan (instagram.com/jadiwisatawan)

Air Terjun Krondonan berada di Kecamatan Gondang Bojonegoro. Air terjun ini sebenanrnya belum mempunyai nama pasti. Namun karena lokasinya yang berada di Desa Krondonan, maka banyak orang yang menyebutnya Air Terjun Krondonan.

Banyak orang yang tahu keberadaannya dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Wisatawan mendatanginya karena air terjun masih alami dan yang pastinya karena panorama yang ditawarkan.

Untuk menuju ke lokasinya, wisatawan perlu melakukan perjalanan dengan melewati hutan jati dan jalan setapak. Namun semua usaha tersebut akan terbayar dengan pesona air terjun yang memukau.

5. Air Terjun Clebung Bubulan

5 Air Terjun di Bojonegoro dengan Keindahan Alam MemukauAir Terjun Clebung Bubulan (instagram.com/lingkarjonegoro)

Air Terjun Clebung Bubulan merupakan air terjun yang terletak di Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Tempat ini berhasil menjadi salah satu destinasi wisata yang hampir selalu dipadati oleh pengunjung. 

Air terjun Clebung Bubulan mempunyai pesona keindahan yang tidak bisa diabaikan. Keindahan alam yang disuguhkan tiada duanya. Banyak pengunjung yang tergoda untuk mandi atau bermain di sekitar lokasi karena airnya yang jernih dan segar.

Air terjun di atas mempunya panorama alam yang memukau. Selain itu, gemericik airnya menenangkan abis. Cocok jadi tempat untuk self-healing deh! 

Baca Juga: Tak Cuma Ledre, 6 Oleh-oleh Khas Bojonegoro yang Cocok Dibawa Pulang

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya