Comscore Tracker

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan Ini

Panoramanya nyegerin mata! #LokalIDN

Jika sedang mencari tempat berlibur yang berhubungan dengan alam, maka curug bisa menjadi lokasi yang tepat.

Purwokerto mempunyai banyak curug yang terkenal ampuh menjadi obat penat. Curug ini juga dikelilingi oleh panorama alam yang begitu mengesankan.

Selain itu, berlibur ke curug juga dapat dilakukan bersama kelaurga atau teman sehingga liburan jadi makin berkesan. Berikut lima curug dari Purwokerto yang dapat menjadi lokasi terbaik untuk meloloskan diri dari hiruk pikuk keramaian kota.

1. Curug Bayan

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan IniCurug Bayan (instagram.com/instapurwokerto)

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Bayan adalah selama musim kemarau. Curug yang berlokasi di Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas ini mempunyai panorama yang begitu memukau. Meskipun air terjun mempunyai aliran air yang tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini mempunyai perairan yang jernih.

Air terjunnya juga berada sangat dekat dengan jalan raya. Hal ini membuat kamu tidak perlu melakukan trekking untuk menuju air terjun.

Curug Bayan mempunyai ketinggian yang mencapai 7 meter dengan kolam yang berada di bawahnya seluas 200-300 meter persegi dengan kedalaman 2-5 meter. Selain keindahan air terjun yang menonjol, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam yang begitu asri. 

2. Curug Carang

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan IniCurug Carang (instagram.com/banyumaskeren_)

Curug Carang merupakan curug menawan yang terletak di Desa Kemutug Kidul, Baturraden, Kabupaten Banyumas. Tempat wisata ini selalu dipadati pengunjung baik pada hari biasa maupun hari liburan.

Sebelum sampai ke lokasi, pengunjung harus melewati jalur yang tidaklah mudah, namun kelelahan tersebut akan terbayar saat menyaksikan keindahan air terjun yang tak ada duanya ini.

Air terjun dengan tinggi yang hampir mencapai 40 meter ini mengalir deras dari sisi kanan Sungai. Air terjun ini menciptakan rangkaian dua mata air, yaitu yang pertama sekitar 30 meter. Sedangkan yang lainnya mencapai sekitar 10 meter. Lokasinya yang didominasi dengan tumbuhan hijau yang lebat membuatnya menyegarkan mata.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penginapan Asyik di Sekitar Purwokerto, Murah dan Nyaman

3. Curug Lawa

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan IniCurug Lawa (instagram.com/instapurwokerto)

Curug Lawa mempunyai beberapa aliran air terjun yang tak begitu tebal. Hal ini malah membuatnya menjadi makin menarik. Pengunjung akan dimanjakan dengan air kolamnya yang begitu jernih dan tumbuhan hijau yang mengelilingi air terjun juga sungguh memanjakan mata.

Gemericik air terjun juga seakan menjadi nyanyian alam yang menenangkan. Banyak wisatawan yang berenang dan bermain air. Tak sedikit pula yang melakukan pemotretan dengan menggunakan background air terjun ini.

4. Curug Jenggala

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan IniCurug Jenggala (instagram.com/instapurwokerto)

Curug Jenggala mempunyai ketinggian yang mencapai kurang lebih 30 meter. Curug ini menjadi salah satu rangkaian air terjun yang terletak di area Gunung Slamet.

Curug Jenggala menjadi pertemuan antara Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Air terjun ini mempunyai tiga air terjun dari atas tebing yang sungguh mengesankan. 

Tak hanya mempunyai panorama alam yang masih alami, air terjun ini dilengkapi dengan spot foto instagenic. Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang berjarak sekitar 800 meter. 

5. Curug Telu

Lagi di Purwokerto? Yuk, Mampir ke 5 Curug dengan Panorama Menawan IniCurug Telu (instagram.com/hens4m)

Tak seperti air terjun pada umumnya, Curug Telu populer sebagai tempat mandinya para bidadari. Destinasi wisata ini terkenal sebagai salah satu tempat pariwisata yang paling mencuri perhatian di Kabupaten Banyumas.

Tempat ini bernama Curug Telu yang disebabkan karena pada satu lokasi terdapat tiga curug dengan pesonanya masing-masing. Air terjun ini berasal dari sumber mata air alami dari tiga sungai, yaitu Kisapin, Buntu, dan Pelus. 

Ketiga sungai ini menghasilkan perairan yang sangatlah jernih. Destinasi wisata ini mempunyai pesona alam bak lukisan yang sungguh mengesankan. Air terjun ini makin indah dengan tanaman hijau, lumut hijau, dan tumbuhan-tumbuhan paku yang membuatnya makin sempurna.

Purwokerto mempunyai banyak curug dengan pemandangan yang luar biasa. Pesona alamnya sungguh menyegarkan mata dan jiwa.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Enak di Alun-Alun Purwokerto, Suasananya Bikin Rindu!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya