Comscore Tracker

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu Kagum

Arsitekturnya indah mengagumkan

Finlandia tak hanya populer dengan destinasi wisata alamnya yang memanjakan mata, namun negara ini juga mempunyai beberapa bangunan gereja yang sukses bikin terpukau. Bangunan ini sebagian sudah berumur ratusan tahun dan tetap terawat dengan sangat baik.

Gereja di Finlandia tak hanya menarik para pengunjung lokal, tetapi juga turis asing yang tertarik dengan arsitektur bangunan yang unik.

Berikut lima gereja di Finlandia yang sukses buat terpana dengan pesonanya. Penasaran?

1. Helsinki cathedral

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu KagumHelsinki Cathedral (Instagram.com/helsinkicathedral)

Helsinki Cathedral merupakan katedral yang berlokasi di Unioninkatu 29, 00170 Helsinki. Katedral yang didominasi dengan warna putih ini dibangun dengan gaya neoklasik. Sementara itu, susunannya adalah salib Yunani dengan empat lengan simetris.

Katedral didesain dengan lengkungan yang mencapai ketinggian 62 meter dan dikelilingi oleh empat kubah kecil. Katedral mempunyai desain interior dan eksterior yang memukau.

2. Rock church

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu KagumRock Church (Instagram.com/shiho_zekkei)

Rock Church merupakan sebuah gereja megah yang berlokasi di Lutherinkatu 3, 00100 Helsinki. Gereja unik ini dikenal karena lengkungan tembaganya yang mencolok. Gereja yang selesai pada tahun 1969 ini mempunyai kubah tembaga berkilau yang ditopang oleh pilar kokoh di titik tertinggi struktur. 

Batu besar yang berada di sekitar bangunan gereja menjadi lokasi yang populer di kalangan penduduk lokal dan pengunjung untuk berjalan-jalan, piknik, dan menikmati pemandangan yang indah.

Baca Juga: 5 Museum Menarik yang Terdapat di Finlandia, Destinasi Wisata Seru!

3. Uspenski cathedral

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu KagumUspenski Cathedral (Instagram.com/reisebier)

Uspenski Cathedral adalah sebuah gereja menakjubkan yang terletak di Kanavakatu 1, 00160 Helsinki. Gereja ini didominasi warna bata yang memukau dengan kubah yang bewarna biru terang. Gereja ini diarahkan sebagai gereja universal terbesar di Eropa Barat.

Bangunan yang dibangun pada tahun 1868 ini menjadi salah satu atraksi kota terbaik yang mampu menarik lebih dari 500.000 turis setiap tahunnya.

4. Mikael Aagricola church

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu KagumMikael Agricola Church (Instagram.com/joniseppalaphotography)

Mikael Agricola Church berlokasi di Tehtaankatu 23, 00150 Helsinki. Gereja ini mempunyai puncak yang terletak pada 103 meter di atas permukaan laut. Gereja ini juga memiliki bagian dalam gereja yang menonjolkan karya seni Bruno Tikkanen yang juga menggambarkan bagian altar.

Mikael Agricola Church terlihat indah dan tampak mencolok di antara bangunan-bangunan yang berada di Helsinki.

5. Kallio church

5 Gereja di Finlandia yang Arsitektur Bangunannya Bikin Kamu KagumKallio Church (Instagram.com/juhakristiano)

Kallio Church adalah gereja yang terletak di Itäinen Papinkatu 2, 00530 Helsinki. Gereja ini mempunyai tinggi yang menjulang. Kallio Church merupakan gereja Lutheran yang selesai melakukan pembangunan pada tahun 1912.

Selain itu, gereja dengan desain menakjubkan ini menjadi salah satu landmark di kota Helsinki yang paling mudah dikenali. Gereja juga menjadi tempat pertunjukan utama, seperti musik organ. 

Gereja Finlandia di atas mempunyai arsitektur bangunan yang unik dan menarik. Bikin pengin berkunjung nih!

Baca Juga: 5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya