Comscore Tracker

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan Pesonanya

Punya pesona tersendiri

Eropa terkenal dengan bangunan ikoniknya yang sukses mencuri perhatian. Sejumlah negara di Eropa juga mempunyai ribuan gereja yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Luksemburg.

Negara ini memiliki banyak gereja dengan arsitektur yang sukses bikin terpesona. Selain itu, sebagian dari gereja telah dibangun berabad-abad yang lalu dan masih kokoh hingga saat ini, meskipun telah mengalami beberapa renovasi.

Berikut 5 gereja indah di Luksemburg yang bikin terpukau dengan pesonanya tersendiri.

1. Katedral Notre-Dame

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan PesonanyaKatedral Notre-Dame (instagram.com/el_mundo_en_furgoneta)

Katedral Notre-Dame merupakan katedral dan sekaligus gereja yang didirikan sebagai gereja Jesuit. Katedral ini dibangun antara tahun 1613 dan 1621.

Katedral yang berdiri sebagai Katedral Katolik Roma di Luxembourg City ini merupakan satu-satunya katedral di Luksemburg.

Bangunan dari katedral ini merupakan campuran yang mengagumkan dari elemen semi-Renaissance, semi-Barok dari iterasi pertamanya, ditambah dengan tambahan neo-Gothic. 

2. Gereja Saint Michael

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan PesonanyaGereja Saint Michael (instagram.com/isanowelli01)

Gereja Saint Michael berlokasi di Pasar Ikan yang berada di pusat Kota Tua. Gereja ini merupakan bangunan keagamaan terpanjang di Kota Luksemburg yang dibangun pada tahun 987 M. Gereja ini berdiri di lokasi yang sama dengan kapel tua Count of Luxembourg.

Struktur pada gereja telah dihancurkan dan direnovasi beberapa kali dalam sejarahnya yang panjang. Tapi, penampilannya hari ini masih berasal dari tahun 1688. Gereja ini masih beroperasi sebagai tempat ibadah yang populer, lho.

Baca Juga: 7 Gereja Menawan di Selandia Baru, Punya Pemandangan Epic!

3. St. Jean du Grund

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan PesonanyaSt. Jean du Grund (instagram.com/akena_rin)

St. Jean du Grund merupakan gereja yang didirikan pada tahun 1606. Gereja ini mempunyai langit-langit berkubah besar, jendela tinggi, pilar tinggi, dan perabotan Barok.

Gereja ini dibangun di tepi sungai yang membuatnya memiliki pemandangan menakjubkan. Gereja ini secara luas dihormati sebagai salah satu situs keagamaan paling indah di Luxembourg City. 

4. Kapel Quirinus

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan PesonanyaKapel Quirinus (instagram.com/encoretrvl)

Kapel Quirinus merupakan gereja yang dibangun di situs yang dianggap oleh orang Romawi sebagai tempat perlindungan Kristen yang magis. Kapel ini tidak mudah dijangkau. Hal tersebut disebabkan karena kapel dikelilingi oleh hutan lebat dan ngarai berbatu.

Struktur pada gereja menampilkan fitur gaya gothic dan sebagian dipahat ke bebatuan di sekitarnya yang menambah suasana dunia lain yang seram. Gereja yang didirikan pada tahun 1355 ini mempunyai atap dan menara lonceng yang menawan yang ditambahkan pada akhir abad ke-19.

5. Gereja Santo Petrus dan Paulus

5 Gereja Indah di Luksemburg yang Bikin Terpukau dengan PesonanyaGereja Santo Petrus dan Paulus (instagram.com/trip.2.go)

Gereja Santo Petrus dan Paulus mempunyai arsitektur yang unik dan juga sekaligus sangat menarik. Gereja ini merupakan Gereja Ortodoks Rusia pertama di Luksemburg.

Eksterior pada gereja yang unik dicirikan oleh tradisi Ortodoks. Ini dapat dilihat dari pola yang hidup dan memadukan warna-warna netral, seperti putih dengan warna lebih mencolok dan berani, termasuk warna biru.

Gereja ini memiliki kubah atap emas dan biru dengan menampilkan hiasan salib emas. Desain keseluruhan pada gereja mengacu pada gambar megah Kremlin yang berada di Moskow.

Gereja ini dibangun atas permintaan Uskup Agung Anthony Bartoshevich dan sejak saat itu berada di bawah asuhan pendeta Sergey Pukh.

Gereja yang berlokasi di Luksemburg ini mempunyai arsitektur yang unik dan menarik. Gereja ini juga mampu menarik banyak perhatian para wisatawan. Tertarik untuk melakukan wisata rohani ke berbagai gereja di atas?

Baca Juga: 5 Gereja Paling Cantik di Rusia dengan Arsitektur Khas, Menawan Abis!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya