Comscore Tracker

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya

Gunung ini sendiri berada di 6 kabupaten sekaligus

Gunung Wilis menjadi salah satu gunung yang kerap kali menjadi tujuan pendakian para pendaki di Jawa Timur. Lokasinya mempunyai beberapa puncak dan yang tertinggi berada di 2.563 Mdpl.

Gunung ini pun sangatlah luas dan menempati area Kota Kediri dan enam kabupaten lainnya, yang meliputi Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Kediri, dan Madiun. Selain itu, tempat ini dilengkapi dengan beragam objek wisata yang terletak di kaki gunungnya.

Jika tertarik untuk berwisata di sini, berikut informasi lengkap tentang Gunung Wilis.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaGunung Wilis (instagram.com/sofyan_____)

Lokasi: Tawang, Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Tiket masuk: gratis

2. Misteri dan mitos di Gunung Wilis 

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaGunung Wilis (instagram.com/sofyan_____)

Tak hanya pesonanya saja yang memukau, ternyata terdapat kisah mistis yang menyelimuti Gunung Wilis. Menurut kepercayaan yang beredar, terdapat ular penjaga dan goa tak kasat mata yang digunakan oleh pertapa berwajah monyet untuk bersemayam.

Terdapat pula kisah tentang sosok putih misterius yang dipercaya berasal dari kerajaan Mataram, naga raksasa, dan sosok korban pembantaian PKI di sekitar makam yang berada di jalur pendakian.

Terlepas dari itu semua, adanya mitos tersebut dapat dipercaya atau tidak. Hal tersebut dikarenakan tidak semua pengunjung Gunung Wilis bisa merasakan atau melihat keberadaan sosok-sosok tersebut.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Wilis, Gunung di Jawa Timur dengan Banyak Puncak

3. Aktivitas menarik dilakukan di Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Gunung Wilis mempunyai 40 puncak dan yang tertinggi dikenal dengan sebutan Puncak Ngliman. Puncak-puncak tersebut tersebar di berbagai kabupaten.

Hal pertama yang bisa dilakukan wisatawan mendaki. Ketika wisatawan telah sampai di area puncak, mereka akan disuguhi dengan pemandangan yang berupa vegetasi rerumputan yang tumbuh begitu segar. 

Bila berada di puncak tertinggi, maka mereka dapat menyaksikan pemandangan puncak-puncak gunung lainnya. Selain itu dalam perjalanan menuju gunung, mereka akan melewati berbagai tempat menarik dan bersejarah.

4. Fasilitas yang terdapat di Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Wisata alam ini mempunyai beberapa fasilitas dan pelayanan yang tersedia di pos perjalanan menuju Gunung Wilis. Fasilitas ini mencakup area parkir kendaraan, tempat istirahat, hingga kamar mandi.

Selain itu, terdapat lokasi camping yang dapat menampung cukup banyak tenda. Wisatawan disarankan untuk membawa tenda secara pribadi.

5. Tips berkunjung ke Gunung Wilis

Info Wisata Gunung Wilis: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaGunung Wilis (instagram.com/adambishawa)

Sebelum berkunjung ke Gunung Wilis, pengunjung sebaiknya mempersiapkan keperluan yang pasti akan diperlukan seperti membawa bekal, air minum, hingga jaket yang tebal. Selain itu sebaiknya juga menyiapkan perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan, di antaranya obat jika memiliki penyakit tertentu, sabun, tisu basah, obat-obatan lainnya, dan antiseptik.

Pengunjung disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan baik dan kendaraan tentu juga dalam performa yang baik agar liburan berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk selalu berhati–hati mengingat keadaan di hutan yang sewaktu-waktu tidak bisa diprediksi.

Jika kamu ingin menyatu dengan alam, maka saatnya menjadikan Gunung Wilis sebagai pilihan. Suasananya masih asri dan pas dijadikan tempat healing.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Wilis, Menantang untuk Pendaki Pemula

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya