Comscore Tracker

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya

Rekomendasi wisata hits di Mojokerto nih!

Puthuk Panggang Welut adalah wisata alam yang terletak di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Ini merupakan objek wisata yang berupa hutan pinus yang didesain unik dan menarik.

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Penanggungan menjadikannya mempunyai udara yang sejuk dan segar. Keindahan alam pegunungannya pun sungguh membuat mata segar. Bila berkeinginan untuk berlibur ke Puthuk Panggang Welut, berikut ulasan lengkapnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaPuthuk Panggang Welut (instagram.com/rosanadiyah)

Lokasi: Nogosari, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Jam operasional: 08.00 - 16.30 WIB

Tiket masuk: Rp5.000-15.000

2. Rute menuju ke Puthuk Panggang Welut

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaPuthuk Panggang Welut (instagram.com/hetri_ap)

Puthuk Panggang Welut berjarak kurang lebih 37 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Mojokerto. Wisatawan memerlukan sekitar 1,5 jam dari Surabaya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalan yang dilalui pun mudah dengan jalanan yang telah tertata rapi. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pepohonan dan area sawah yang menyejukkan mata.

Baca Juga: 5 Penginapan dengan View Alam Terbaik di Mojokerto

3. Aktivitas menarik

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaPuthuk Panggang Welut (instagram.com/rosa.fli)

Kawasan wisata ini ditandai dengan lingkaran kayu warna-warni pada pintu masuknya, yang berbentuk mirip dengan topi suku Apache. Oleh karena itu, gerbang ini disebut Gerbang Apache. Setelahnya, pengunjung akan menyaksikan indahnya pemandangan hutan dengan jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi. Banyak dari mereka yang melakukan sesi foto di spot-spot ini.

Selain itu, terdapat spot foto instagrammable lainnya dengan berbagai macam kata-kata, seperti, "Kapan Lulus?", "Kapan Skripsi?", "Kapan Aku Rabi?" hingga "Pripun Kabar Mertua?".

Wisatawan pun dapat pula melakukan aktivitas berkemah. Camping area dan outbond sudah tersedia di lahan yang cukup luas. Melakukan kegiatan ini dapat memberi kesempatan untuk lebih leluasa menikmati waktu berlibur bersama teman dan keluarga.

4. Fasilitas penunjang

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaPuthuk Panggang Welut (instagram.com/mfariz_ali)

Pengelola Puthuk Panggang Welut telah membangun berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan wisatawan. Fasilitas ini antara lain area parkir, musala, serta toilet. 

Selain itu, fasilitas tersebut dalam kondisi yang bersih dan air mengalir dengan lancar. Wisatawan pun dapat menikmati aneka kuliner khas Mojokerto di warung kuliner yang tersedia.

5. Tips berwisata

Info Wisata Puthuk Panggang Welut: Lokasi, Aktivitas, dan TipsnyaPuthuk Panggang Welut (instagram.com/hetri_ap)

Terdapat banyak spot menarik untuk dikunjungi di Puthuk Panggang Welut. Oleh karena itu untuk menikmati semuanya, maka disarankan untuk berangkat pagi. Selain suasananya masih sepi, berangkat pagi pun membuat wisatawan lebih leluasa untuk berfoto tanpa perlu antri dengan banyak orang.

Selain itu, terdapat area air terjun yang bernama Air Terjun Watu Gedheg dan Air Terjun Curah Watu yang akan sangat sayang jika dilewatkan. Jika ingin beristirahat, maka wisatawan dapat memanfaatkan gazebo yang nyaman. Tempat ini juga dapat dimanfaatkan untuk memakan bekal dari rumah. Namun, jangan lupa membersihkannya ya setelah menggunakannya.

Puthuk Panggang Welut bisa dijadikan lokasi yang ideal untuk berlibur bersama keluarga. Kondisinya yang mendukung bisa menciptakan suasana yang hangat antar anggota keluarga, lho! 

Baca Juga: 6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya