Comscore Tracker

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan Tips

Tak hanya jembatan, pesona alamnya pun tiada tanding!

Perlu kamu ketahui, bahwa terdapat jembatan bambu terpanjang di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di Sibajag Green Canyon yang berada di Temanggung. Jembatan tersebut membentang sepanjang lembah Bukit Sikendil yang menakjubkan. Wisatawan dapat menelurusi kawasan lembah dan bukit melalui jalan setapak dari bambu.

Tak hanya jembatan, wisatawan juga akan disuguhkan dengan panorama alam yang begitu mengesankan. Semakin penasaran? Ini dia informasi lengkap mengenai Sibajag Green Canyon yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi saat berwisata ke Temanggung.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan TipsSibajag Green Canyon (instagram.com/achmad_noer_cholis)

Lokasi: Jalan Tambi Sibajag, Sibajag, Sikatok, Canggal, Candiroto, Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia, 56253

Jam operasional: 08.00 - 16.00 WIB

Tiket masuk: Rp15.000

2. Rute menuju ke Sibajag Green Canyon

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan TipsSibajag Green Canyon (instagram.com/rafiq_dreamless)

Bila dari arah Wonosobo, maka pengunjung dapat melewati jalur menuju ke arah Desa Tambi, Wonosobo ke arah Ngadirejo, Temanggung. Durasi perjalanan menuju ke tempat lokasi dari pusat kota Ngadirejo hanya sekitar 15 menit, yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Temanggung dan Wonosobo.

3. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan TipsSibajag Green Canyon (instagram.com/dewikyky)

Sibajag Green Canyon memiliki keunikan di mana di sekitar areanya terdapat rangkaian jembatan bambu yang mengelilingi lembah. Hal tersebut membuat wisatawan dapat berjalan-jalan sambil merasakan udara segar di ketinggian dengan mudah. 

Selain itu, jembatan tersebut tak hanya terdiri dari satu jalur. Setiap jalur mempunyai percabangan yang nantinya akan bertemu lagi. Terdapat pula beberapa gazebo yang nyaman untuk beristirahat di beberapa titik. Selain itu, wisatawan dapat menyantap berbagai hidangan di warung-warung kecil di area sekitarnya.

Tak sampai di situ, destinasi wisata ini akan membawa pengunjung untuk berjalan-jalan menjelajahi keindahan dari Bukit Sikendil.

4. Fasilitas yang terdapat di Sibajag Green Canyon

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan TipsSibajag Green Canyon (instagram.com/madafamily_)

Sama halnya destinasi wisata populer lainnya, Sibajag Green Canyon juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Fasilitas ini adalah musala, toilet, dan area parkir yang luas.

Bila sedang lapar, maka bisa makan di rumah makan yang tersedia di area wisata. Namun jika ingin bersantai, pengunjung dapat mampir ke kafe atau beristirahat di gazebo.

5. Tips berkunjung ke Sibajag Green Canyon

Info Wisata Sibajag Green Canyon Temanggung: Lokasi, Rute, dan TipsSibajag Green Canyon (instagram.com/lilisnurrohman)

Akses menuju ke Sibajag Green Canyon perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju ke lokasi ini cukup sempit dan ditambah dengan banyaknya tanjakan maupun turunan. Oleh karena itu, pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima. Selain itu, wisatawan juga perlu waspada terutama bila melalui rute dari arah Temanggung. Untuk pengguna motor matic sebaiknya melalui rute dari arah Wonosobo. 

Sementara itu, bagi wisatawan yang menyukai tantangan, tempat wisata ini menawarkan pengalaman seru untuk bermain offroad. Mereka dapat memilih mobil jip atau 4WD untuk melintasi Bukit Sikendil. Selain itu, bagi yang ingin merayakan hari jadi bersama pasangan, maka dapat memilih paket makan malam dan glamping yang romantis.

Keindahan yang dimiliki Sibajag Green Canyon siap membuatmu terpesona. Tak lengkap rasanya bila tempat ini belum masuk bucketlist liburanmu. Yuk, rasakan keseruan berwisata di alam Indonesia yang menawan ini! 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya