Comscore Tracker

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo Bali: Lokasi, Rute, dan Tips

Rekomendasi wisata ke Bali tak harus pantai! #LokalIDN

Bali tak hanya unggul dengan pariwisatanya yang berupa pantai. Pulau ini juga ternyata mempunyai destinasi wisata memukau lainnya yang berupa air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Kanto Lampo. 

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini berundak-undak dengan tatanan yang menakjubkan. Aliran airnya pun mengikuti undakan tersebut yang tentu menambah keindahannya.

Sebelum berangkat, ketahui informasi wisata Air Terjun Kanto Lampo yang bisa dijadikan pedoman berikut ini.

1. Sekilas tentang Air Terjun Kanto Lampo

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo  Bali: Lokasi, Rute, dan TipsAir Terjun Kanto Lampo (instagram.com/thebaliguideline)

Air Terjun Kanto Lampo mempunyai panorama memikat dan memberikan suasana yang sejuk, asri, dan menyegarkan. Wisatawan juga dapat mendengar suara deburan air terjun yang menenangkan.

Air Terjun Kanto Lampo terletak di dataran rendah sehingga membuatnya memiliki akses perjalanan yang tidak terlalu susah. Air terjun ini terlihat semakin menakjubkan dengan bentuknya yang berundak-undak yang membuatnya lain daripada yang lain. Banyak orang yang berjalan di tengah-tengahnya sambil merasakan air yang turun ke bawah. 

Lokasi air terjun ini berada dianggap suci oleh komunitas adat. Hal ini disebabkan karena tempatnya dianggap suci atau beji untuk Mendak Toya Ning atau mempunyai arti Mencari Air Suci untuk upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket  

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo  Bali: Lokasi, Rute, dan TipsAir Terjun Kanto Lampo (instagram.com/thebaliguideline)

Lokasi: Beng, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WITA.

Harga: Rp20.000 per orang.

Baca Juga: 5 Air Terjun Memesona di Buleleng Bali, Indahnya Bukan Main!

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Kanto Lampo

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo  Bali: Lokasi, Rute, dan TipsAir Terjun Kanto Lampo (instagram.com/canon.indonesia)

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Air Terjun Kanto Lampo, yaitu pertama-tama mengagumi keindahan dari air terjun ini. Pengunjung dapat bersantai sejenak setelah melakukan perjalanan menuju air terjun.

Setelahnya, mereka dapat bermain air atau bahkan mandi di kolam air terjun. Namun, banyak wisatawan yang berjalan melewati air terjun yang berundak-undak dan berada di tengah-tengahnya untuk memperoleh spot foto yang instagenic.

Selain itu, mereka juga dapat merasakan kesegaran dari air yang langsung terjun ke bawah.

4. Fasilitas di Air Terjun Kanto Lampo sudah memadai 

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo  Bali: Lokasi, Rute, dan TipsAir Terjun Kanto Lampo (instagram.com/balinusapenidatour)

Air Terjun Kanto Lampo telah mempunyai beberapa fasilitas umum yang cukup memadai. Fasilitas tersebut tentu dapat dinikmati ketika berlibur ke sini. Fasilitas ini mencakup area parkir yang cukup luas, toilet dan kamar mandi, hingga spot foto instagenic

Jika sedang mencari tempat makan, maka bisa mengunjungi warung wisata yang terletak di sekitar tempat pariwisata. Sementara itu, terdapat camping ground yang dapat dimanfaatkan untuk mendirikan tenda dan bermalam.

5. Tips berkunjung ke Air Terjun Kanto Lampo  

Informasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo  Bali: Lokasi, Rute, dan TipsAir Terjun Kanto Lampo (instagram.com/yultob)

Agar liburanmu makin menyenangkan dan aman, ketahui beberapa tipsnya terlebih dahulu berikut ini.

  1. Pengunjung disarankan berlibur ke sini selain pada saat musim hujan untuk menghindari volume air yang melimpah dan jalanan yang licin.
  2. Ketika memutuskan untuk berjalan di undakan air terjun, maka berhati-hatilah karena jalan yang dilalui cukup licin.
  3. Mandilah di kolam air terjun untuk merasakan air yang menyegarkan.
  4. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari.
  5. Jangan lupa membawa kamera untuk hunting fotografi.

Berlibur ke Air Terjun Kanto Lampo memberikan pengalaman yang mengesankan. Selain dapat melakukan berbagai kegiatan seru, wisatawan juga dapat merasakan sensasi berlibur di alam yang menenangkan.

Baca Juga: 10 Potret Memukau Tibumana Waterfall, Air Terjun Populer di Bali

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya