Comscore Tracker

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling 

Wisata bahari yang menakjubkan di Bali barat #LokalIDN

Pulau Menjangan menjadi salah satu destinasi wisata yang tak hanya populer bagi wisatawan lokal, namun juga internasional. Pulau yang berada di dalam area Taman Nasional Bali Barat ini telah diakui secara global sebagai salah satu spot menyelam terbaik.

Keindahan bawah laut yang dimiliki oleh pulau ini menjadikannya lokasi favorit untuk olahraga snorkeling dan diving. Jika berniat untuk berkunjung ke Pulau Menjangan, berikut informasi lengkapnya.

1. Pesona yang dimiliki oleh Pulau Menjangan

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling Pulau Menjangan (instagram.com/destinasi_ade)

Pulau Menjangan mempunyai pesona bawah laut yang luar biasa sehingga menjadi tempat ideal untuk menghabiskan waktu berlibur dengan diving atau snorkeling.

Tak hanya keindahan bawah lautnya yang menawan, namun pulau ini menjadi rumah bagi para menjangan atau rusa. Hal ini membuat wisatawan berkesempatan untuk bebas berinterkasi dengan rusa. Namun, pengunjung tetap dihimbau untuk tidak sembarangan memberi makan.

Selain itu, pulau ini juga menjadi rumah bagi burung jalak Bali. Jadi, lokasinya ideal bagi mereka yang mencintai burung. 

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling Pulau Menjangan (instagram.com/mermaid_pia)

Lokasi: Sumber Klampok, Gerokgak, Buleleng, Bali.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga paket snorkeling atau diving: mulai dari Rp750.000.

Baca Juga: Wisata Pulau Menjangan Bali: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips  

3. Rute menuju Pulau Menjangan

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling Pulau Menjangan (instagram.com/yansu_diving)

Rute perjalanan dari Bali ke Pulau Menjangan mempunyai dua titik keberangkatan. Yang pertama adalah Pelabuhan Labuan Lalang yang berlokasi di Desa Sumber Klampok. Jarak pelabuhan ini dengan Gilimanuk sekitar 15 km.

Wisatawan dapat menggunakan kapal motor yang dapat menampung hingga 10 orang. Waktu tempuh untuk menyeberang sekitar 20 hingga 30 menit yang bergantung dari kondisi cuaca. Biaya sewa kapal ini umumnya termasuk paket untuk kegiatan snorkeling.

Yang kedua adalah Pelabuhan Banyumandi yang berlokasi di sebuah teluk yang berada di Banjar Dinas Batu Ampar, Desa Pejarakan. Wisatawan juga menggunakan kapal motor dengan kapasitas yang sama, tetapi memelukan waktu tempuh yang lebih lama.

Biasanya wisatawan cenderung menggunakan jalur Pelabuhan Labuan Lalang.

4. Fasilitas di Pulau Menjangan

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling Pulau Menjangan (instagram.com/renneypaus)

Seperti tempat wisata lainnya, Pulau Menjangan juga mempunyai beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan seperti toilet, kamar mandi bilas dan ruang ganti, serta gazebo untuk bersantai

Namun sayangnya, selain fasilitas tersebut tidak terdapat sarana pendukung lainnya. Jika pengunjung ingin menginap, mereka dapat memilih penginapan yang ada di sekitar pelabuhan tempat keberangkatan.

5. Tips berkunjung ke Pulau Menjangan 

Informasi Wisata Pulau Menjangan, Surganya Pencinta Snorkeling Pulau Menjangan (instagram.com/tripindonesia_arthenistravel)

Pulau Menjangan merupakan pulau yang tak berpenghuni sehingga tidak terdapat warung ataupun kios. Hal ini membuat pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan secara mandiri. Mereka juga disarankan untuk membawa pakaian lebih mengingat tidak adanya toko baju dan terdapat kegiatan yang berhubungan dengan air.

Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk membawa obat-obatan pribadi dan menggunakan tas anti-air supaya semua barang terjaga dari cipratan air laut.

Untuk penginapan hanya tersedia di sekitar pelabuhan di Bali dan Banyuwangi. Sehingga jika berniat menginap, sebaiknya memesan penginapan di area tersebut.

Pulau Menjangan mempunyai pesona bawah lautnya yang memukau. Selain itu, wisatawan berkesempatan untuk berinteraksi dengan hewan lokal. Berwisata di sini, tentu seru kan?

Baca Juga: Informasi Wisata Air Terjun Sekumpul Bali: Lokasi, Rute, dan Tips

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya