Comscore Tracker

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!

Kamu bisa liburan sambil belajar di sini

Selandia Baru merupakan salah satu negara maju dengan tingkat melek teknologi yang tinggi. Negara ini juga terkenal sebagai negara yang menjaga dan merawat peninggalan sejarah. Salah satu caranya yaitu dengan dibangunnya beberapa museum di negara ini.

Museum tersebut bukan hanya sekadar penyimpanan barang-barang berharga, namun juga sukses menarik banyak minat pengunjung untuk mengetahui barang-barang tersebut. Museum ini juga dibangun begitu megah dengan arsitektur yang menakjubkan.

Berikut lima museum di Selandia Baru yang sayang untuk dilewatkan. Seru!

1. Museum Te Papa

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!Museum Te Papa (Instagram.com/taloo1512)

Museum Te Papa merupakan museum yang cukup populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan asing karena pajangan inovatif dan koleksinya yang lengkap. Museum ini merupakan tempat yang mendokumentasikan dan merayakan warisan Maori, alam Selandia Baru, dan berbagai peristiwa bersejarah.

Salah satu yang menjadi daya tarik museum ini adalah tampilan interaktif terbaik dari Earthquake House, yaitu simulasi yang memberi pengunjung wawasan kehidupan nyata tentang gempa susulan yang terjadi selama Gempa Bumi Edgecumbe pada tahun 1987.

2. Museum Canterbury

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!Museum Canterbury (Instagram.com/parentsonaplane)

Museum Canterbury mempunyai beragam koleksi yang luar biasa. Museum ini berlokasi di Rolleston Avenue, Christchurch Central City Christchurch, Canterbury, 8013. Salah satu tambahan koleksi museum ini yang cukup menarik perhatian adalah Quake City. 

Quake City menggunakan pameran mendongeng dan interaktif untuk mendidik pengunjung tentang Gempa Canterbury yang terjadi pada tahun 2010-2011.

Selain itu, museum ini juga mempunyai koleksi Iwi Tawhito - whenua hou (Masyarakat Kuno - tanah baru), yang menggabungkan Maori taonga (harta karun) dan diorama seukuran aslinya untuk menjelajahi sejarah Selandia Baru.

Baca Juga: 7 Wisata Menarik di Taranaki, Selandia Baru yang Harus Dikunjungi

3. Museum Peringatan Perang Auckland

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!Museum Peringatan Perang Auckland (Instagram.com/ravingndroolin74)

Museum Peringatan Perang Auckland berlokasi di salah satu taman kota tertua. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan bersejarah dan barang-barang bersejarah yang menampilkan budaya dan tradisi Selandia Baru yang tentu sangat mengesankan.

Museum yang didirikan pada tahun 192i ini dibangun sebagai tanggapan atas permintaan warga Auckland untuk sebuah situs yang menghormati nyawa yang hilang selama Perang Dunia Pertama. 

4. Museum Bahari Selandia Baru

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!Museum Bahari Selandia Baru (Instagram.com/aklcouncil)

Museum Bahari Selandia Baru sangat cocok bagi pengunjung yang suka terhadap dunia maritim. Museum ini merupakan rumah bagi koleksi pameran bahari dari masa lalu hingga masa kini. Yang menjadi koleksi menarik dari museum ini adalah kapal Maori dan kapal pesiar balap America's Cup.

Yang tak kalah menarik, museum ini juga mengadakan pelayaran rutin di sekitar Pelabuhan Waitemata. Pelayaran ini bertujuan untuk memberikan pengunjungnya perspektif unik tentang kapal warisan dan sejarah bahari daerah tersebut yang tentu sangat menarik untuk diikuti.

5. Museum Otago

5 Museum di Selandia Baru yang Sayang untuk Dilewatkan Seru!Museum Otago (Instagram.com/rhonye_mcilroy)

Museum Otago berlokasi di 419 Great King St, North Dunedin, Dunedin 9016. Museum ini merupakan rumah bagi pameran kupu-kupu, memorabilia Jepang, planetarium, fosil dinosaurus, artefak Mesir, serta pameran Maori dan Pasifik yang ekstensif. Semua koleksi yang disimpan di sini mencapai lebih dari 1,5 juta koleksi. 

Salah satu daya tarik museum ini adalah pameran Hutan Tropis Dunia Discovery yang cukup populer di kalangan pengunjung. 

Selandia Baru mempunyai banyak museum dengan beragam koleksi yang menakjubkan. Museum ini juga terawat dan terjaga dengan rapi sehingga membuat pengunjung lebih nyaman. Tertarik berkunjung?

Baca Juga: 9 Olahan Tradisional Khas Selandia Baru, Cita Rasanya Bikin Penasaran!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya