Comscore Tracker

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!

Dijamin bikin takjub saat pertama berkunjung

Albania merupakan salah satu negara di Eropa yang mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Meskipun negara ini kurang populer dibandingkan dengan Prancis, Jerman, dan Belanda, namun tetap patut untuk dikunjungi. Banyak tempat pariwisata yang mampu untuk memanjakan mata, mulai dari pantai, pegunungan, taman nasional, hingga bangunan peninggalan sejarah di Albania.

Salah satu tempat wisata yang patut untuk dikunjungi adalah museum. Selain manambah wawasan, berkunjung ke destinasi wisata ini juga menjadi hiburan tersendiri karena pengunjung akan disuguhkan berbagai barang-barang peninggalan sejarah yang unik dan sangat berharga.

Berikut lima museum paling unik dan terbaik di Albania.

1. BunkArt, Tirana

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!Instagram.com/ninoippolito

Tirana merupakan salah satu ibu kota paling ramai di Semenanjung Balkan. Kota ini juga mempunyai banyak museum dan galeri seni yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu museum yang menjadi favorit banyak pengunjung adalah BunkArt.

Museum ini tergolong unik karena dibangun di dalam bunker bawah tanah yang berukuran besar. Museum ini juga didirikan selama era komunis di pinggiran Tirana.

Tujuan pembuatan bunker adalah untuk menampung mantan diktator Enver Hoxha jika terjadi serangan nuklir. Namun yang terjadi adalah di luar dugaan karena Hoxha meninggal beberapa tahun sebelum bunker itu selesai dibangun sehingga tidak pernah digunakan untuk tujuannya.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya bunker ini diubah menjadi salah satu museum sejarah dan galeri seni kontemporer yang paling keren di Semenanjung Balkan. Yang menarik, museum ini sangat pas bagi pengunjung yang tertarik untuk mempelajari sesuatu tentang sejarah modern Albania: BunkArt.

2. Museum of Medieval Art, Korça

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!archdaily.com

Museum of Medieval Art atau Museum Seni Abad Pertengahan di Korça merupakan museum yang mempunyai koleksi seni yang berjumlah lebih dari 7.000 barang. Koleksinya antara lain perhiasan, batu, logam halus, hingga kertas yang ditemukan di sekitar daerah tersebut.

Salah satu yang menjadi bagian terbaik dari koleksi di museum ini adalah lukisan dan ikon religius yang dibuat oleh beberapa seniman terpenting Albania di masa lalu seperti Onufri, Zografi bersaudara, David Selenica, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Kota yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Albania, Keren Abis!

3. National Museum of Education, Korça

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!wikiwand.com

Penduduk Albania menganggap Korça sebagai ibu kota budaya negara karena kepentingan budayanya. Salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini adalah National Museum of Education atau Museum Pendidikan Nasional yang bertempat di dalam gedung yang menjadi tempat sekolah pertama di negara Albania.

Museum ini memiliki beragam koleksi buku dan salinan alfabet Albania yang tertulis pertama, dan juga foto pahlawan nasional yang berkontribusi pada pembukaan sekolah. Sungguh menarik bukan?

4. National History Museum, Tirana

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!visit-tirana.com

National History Museum atau Museum Sejarah Nasional merupakan museum terbesar di Albania. Museum ini terletak cukup strategis, yaitu di tengah Skanderbeg Square dan mempunyai mozaik berwarna cantik yang mewakili fase terpenting dalam sejarah Albania.

Museum ini memberikan gambaran sejarah negara dari Paleolitik hingga pemerintahan komunis. Salah satu yang menjadi daya tarik museum ini adalah pameran ikon cantik karya Onufri dan replika pedang besar Skanderbeg yang digunakan untuk melawan Ottoman.

5. Marubi National Museum of Photography, Shkodra

5 Museum Unik dan Menarik di Albania, Wajib Main ke Sini!Instagram.com/keen_to_travel

Marubi National Museum of Photography, Shkodra berlokasi di wilayah Pedonalja Shkodra yang indah yang merupakan salah satu kota yang paling penting di utara Albania. Museum ini mempunyai banyak koleksi fotografi terbaik Albania.

Museum indah ini dibuka pada tahun 2016 dengan menampilkan karya mengesankan keluarga Marubi yang dimulai dengan Pietro Marubbi yang merupakan seorang pelukis dan fotografer Italia.

Ia memutuskan untuk melarikan diri dari negaranya karena alasan politik pada abad kesembilan belas dan beremigrasi ke Shkodra. Kemudian ia mendirikan studio foto pertama di negaranya sendiri.

Salah satu koleksinya yang paling mengesankan adalah foto pertama yang diambil di Albania oleh Marubi pada tahun 1858, kemudian terdapat juga foto kehidupan kota di Shkodra, pemandangan jalanan, hingga beberapa acara publik.

Albania mempunyai banyak museum yang patut untuk dikunjungi. Museum tersebut juga menjadi saksi bisu kejadian masa lampau yang bersejarah. Tertarik berkunjung?

Baca Juga: 9 Jenis Kuliner Lezat Khas Albania yang Punya Rasa Unik, Tertarik?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya