Comscore Tracker

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan Herzegovina

Wajib banget dibeli saat berkunjung ke sana!

Bosnia dan Herzegovina adalah salah satu negara yang terletak di benua Eropa. Negara ini bertetangga dengan negara Hongaria, Serbia, Kroatia, dan Montenegro. Ibu kota negara ini adalah Sarajevo. 

Ketika mengunjungi suatu kota atau negara, kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas tempat tersebut. Banyak barang-barang yang unik dan sekaligus makanan yang lezat asal Sarajevo yang wajib untuk dibeli ataupun dicoba.

Berikut lima rekomendasi oleh-oleh khas asal Sarajevo-Bosnia dan Herzegovina. Penasaran?

1. Burek

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan HerzegovinaInstagram.com/vickys_cakeria

Kue burek berbentuk seperti roti yang terdiri dari bayam, keju dan daging yang telah dihaluskan. Kue ini terkenal di kota Sarajevo, jadi pengunjung dapat mudah membelinya di toko roti, kafe, atau pun restoran. Bahkan ada resto khusus yang menjualnya dengan harga yang relatif ramah di kantong.

Yang membuat kue ini menjadi favorit adalah karena kue ini termasuk kue yang tahan lama sehingga aman ketika disimpan dalam waktu tertentu. Rasanya yang khas juga sukses menggoyang lidah lho!

2. Aksesoris atau pajangan unik

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan HerzegovinaInstagram.com/sarajevobosnia

Biasanya barang-barang ringan seperti magnet kulkas, syal, tas, dan gantungan kunci adalah barang favorit wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Tempat yang biasanya menjadi pusat oleh-oleh adalah Old Town. Di sini pengunjung dapat membeli barang-barang tersebut dengan bentuk atau gambar khas dari negara ini, misalnya gambar tempat wisata atau pun hal unik lainnya di negara ini. 

Di sini juga terdapat piring hiasan dengan varian gambar unik, nampan yang memiliki motif Bosnia, mug, hingga lampu gantungan yang memiliki bentuk warna-warni yang dapat dipilih. Selain banyak pilihan, aksesoris dan pajangan tersebut juga dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 7 Masakan Tradisional Bosnia yang Patut Dicoba Sesekali Dalam Hidup

3. Kopi Bosnia

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan HerzegovinaInstagram.com/anitaningrum

Bagi pencinta kopi atau memiliki keluarga yang suka meminum kopi, kopi Bosnia bisa menjadi pilihan. Kopi menjadi minuman favorit bagi sebagian orang-orang asal negara ini. Bahkan mereka memiliki sebuah ritual yaitu minum kopi bersama keluarga atau teman di halaman rumah.

Kopi di sini dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Biasanya kopi dengan berat 500 gram dijual dengan harga sekitar 88.000 rupiah saja. 

4. Lokum

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan HerzegovinaInstagram.com/ucyildizsekerleme

Lokum adalah sejenis permen kuno yang juga disebut Turkish Delight. Makanan ini memiliki banyak pilihan rasa yang bisa dipilih, seperti jeruk, hazelnut, walnut, hingga kurma. Terdapat juga rasa yang unik, yaitu rasa bunga mawar yang juga memiliki bau yang segar seperti bunga mawar. 

Permen lezat yang berbentuk persegi kecil-kecil ini terbuat dari tepung jagung dan gula yang diuleni. Karena asalnya yang lengket, maka perlu ditaburi tepung agar tidak terlalu lengket.

5. Kerajinan Tembaga

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Asal Sarajevo-Bosnia dan HerzegovinaInstagram.com/andrealolita

Kerajinan tembaga asal negara ini terbilang cantik dan berbentuk unik. Kita dapat membeli gelas, nampan, mug, hingga sendok atau garpu yang terbuat dari tembaga. Kazandjiluk adalah tempat yang menjadi favorit wisatawan untuk membeli barang-barang unik ini. 

Berkunjung ke Sarajevo sudah lengkap dengan oleh-oleh di tangan. Selain harganya yang terjangkau, wisatawan juga tak perlu kesulitan dalam menemukan oleh-oleh tersebut. Jadi pengen berkunjung kesana nih!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya