Comscore Tracker

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!

Destinasi liburan irit saat di Turki nih!

Banyak rumor yang mengatakan jika di Turki khususnya Istanbul itu serba mahal. Bagaimana tidak, Istanbul merupakan salah satu kota terbesar dan juga paling diminati wisatawan saat berlibur di Turki.

Meskipun demikian, ternyata terdapat beberapa tempat wisata gratis yang tetap asyik dan seru untuk dijelajahi.

Gak percaya? Coba deh kunjungi 5 destinasi wisata berikut ini jika kamu liburan dengan budget yang terbatas. Tempat-tempatnya dijamin bikin kamu betah berlama-lama lho!

1. Salt Galata

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!Salt Galata (instagram.com/senertekci)

Salt Galata adalah sebuah tempat menarik yang bisa dikunjungi di Arap Cami Mahallesi, Bankalar Caddesi No.11, Karaköy. Tempat ini mempunyai banyak hal yang mengesankan, seperti perpustakaan dan ruang pamerannya. Bangunannya juga dikagumi karena arsitekturnya yang luar biasa.

Salt Galata merupakan institusi budaya yang berada di bekas bank Ottoman. Bangunanya dilengkapi dengan restoran, kafe, toko buku, galeri seni, dan Museum Bank Ottoman.

Kabar baiknya, semua ruangan tersebut dapat dikunjungi dengan gratis.

2. Balat

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!Balat (instagram.com/fhm_nederland)

Jika ingin mengunjungi bangunan warna-warni bersejarah di Turki, maka Balat bisa menjadi pilihan. Tempat ini menjadi salah satu lingkungan paling penuh warna dan bersejarah di Istanbul.

Wisatawan dapat berkeliling di tempat ini sepanjang hari tanpa perlu mengeluarkan biaya. Banyak wisatawan yang mengabadikan banyak momen dengan menjadikan gedung-gedung tersebut sebagai background foto mereka.

Beberapa gedung yang mencuri perhatian adalah Universitas Ortodoks Yunani Phanar yang menakjubkan, Gereja St. George, dan Gereja St. Stephen Bulgaria yang terletak di tepi sungai.

Selain itu, tempat ini makin menarik dengan banyaknya rumah memesona yang dulunya dihuni oleh kaum borjuis kota yang merupakan keluarga Ortodoks Yunani.

Baca Juga: 5 Shopping Street di Istanbul-Turki yang Bikin Dompet Senang

3. Zeyrek Mosque

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!Zeyrek Mosque (instagram.com/oneistanbul)

Zeyrek Mosque mempunyai bangunan menakjubkan yang didominasi dengan warna mawar pucat.

Dahulu, bangunan ini merupakan Biara Pantocrator yang terbuat dari dua bekas gereja Ortodoks Timur dan sebuah kapel. Bangunan ini kemudian diubah menjadi masjid setelah jatuhnya Konstantinopel.

Bangunan masjid menjadi contoh paling khas dari arsitektur periode tengah Bizantium. Dari kiri ke kanan, pengunjung bisa menyaksikan apses Gereja Kristus Pantocrator, Kapel Kekaisaran, dan Gereja Theotokos Eleousa.

4. Pera Museum

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!Pera Museum (instagram.com/ayfersariart)

Bagi wisatawan yang menyukai museum dan ingin mengunjunginya dengan gratis, maka Pera Museum adalah pilihan yang tepat. Ini adalah museum pribadi yang berada di bangunan abad ke-19.

Dahulu bangunan ini adalah tempat Hotel Bristol. Kini museum mempunyai koleksi yang berupa lukisan Orientalis, timbangan dan ukuran Anatolia. Selain itu, ubin dan keramik Kütahya juga mencuri perhatian.

Sebelumnya terdapat beberapa pameran temporer yang menampilkan nama-nama terkemuka seperti Andy Warhol, Joan Miro, Frida Kahlo, dan Pablo Picasso.

Pengunjung dapat mengunjungi museum ini secara gratis pada hari Jumat malam antara pukul 6-10.

5. Istanbul Modern

5 Rekomendasi Wisata Gratis di Istanbul, Liburan Makin Senang!Istanbul Modern (instagram.com/istanbulmodern)

Istanbul Modern mempunyai nama lain, yaitu Museum Seni Rupa Modern Istanbul. Museum ini berada di Meclis-i Mebusan Caddesi Antrepo No.4, Karaköy. Ini menjadi salah satu pusat paling penting di Istanbul dalam hal seni kontemporer yang berasal dari seniman lokal dan internasional.

Istanbul Modern mempunyai koleksi permanennya yang memamerkan karya-karya seni para pelukis Turki dari akhir abad ke-19 sampai abad ke-21. Museum yang dibuka pada 11 Desember 2004 ini menjadi lokasi yang ideal bagi para pencinta seni. Wisatawan dapat mengunjunginya secara gratis setiap hari Kamis.

Gimana nih, makin ngebet aja 'kan mau liburan ke Istanbul? Asal membekali diri dengan tahu informasi tentang destinasi wisata gratis di Istanbul, liburanmu jadi bisa lebih irit. Selamat jalan-jalan!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Murah di Istanbul, Banyak Pilihan Menu!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya