Comscore Tracker

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!

Kamu jadi tahu budaya Finlandia di sini

Berkunjung ke Finlandia, bukan hanya tentang destinasi wisata alamnya yang sukses menyegarkan pikiran. Namun, terkadang wisatawan juga perlu untuk berkunjung ke situs warisan dunia UNESCO yang juga tak kalah menarik.

Negara ini memiliki beberapa situs yang seru untuk dijelajahi. Berikut lima situs warisan budaya UNESCO di Finlandia yang sajikan pemandangan epic!

1. Rauma old town

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!Rauma Old Town (Instagram.com/lilys_cooking_travelling)

Rauma Old Town merupakan sebuah kota yang dikelilingi oleh rumah yang terbuat dari kayu. Hal tersebut juga membuatnya menjadi satu-satunya kota kayu di Finlandia yang bertahan utuh hingga saat ini. Yang tak kalah menarik, sebagian besar bangunan berasal dari abad ke-18 dan ke-19.

Bangunan kayu yang terdapat di tempat ini berjumlah lebih dari 600 bangunan. Terdapat pula salah satu pelabuhan tertua Finlandia dan gereja abad ke-15.

2. Verla groundwood and board mill

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!Verla Groundwood and Board Mill (Instagram.com/theblingring)

Verla Groundwood and Board Mill merupakan sebuah bangunan yang menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana hutan Finlandia membantu mata pencaharian masyarakat terpencil. Pada saat itu, mereka bergantung pada industri pulp dan kertas.

Sebagian besar bangunan kini telah berubah menjadi museum, setelah pabrik berhenti beroperasi pada tahun 1964. Namun, karena lokasinya yang terpencil, bangunan ini hanya buka dan dapat diakses selama musim panas.

Baca Juga: Fakta Unik Budaya Sauna di Finlandia, Jadi Pusat Sauna Dunia!

3. Suomenlinna

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!Suomenlinna (Instagram.com/andrey.ovdienko)

Suomenlinna merupakan salah satu situs paling ikonik di seluruh Finlandia, yang  terdiri dari deretan pulau di lepas pantai Helsinki. Tempat ini juga mempunyai benteng militer, yang dahulu berfungsi untuk mempertahankan ibu kota Finlandia dan pantai selatan dari beberapa konflik paling mematikan di negara ini.

Terdapat beberapa atraksi menarik yang dapat dijelajahi, seperti museum, reruntuhan benteng, kafe, hingga pemandangan alamnya yang menyegarkan mata.

4. Kvarken archepelago

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!Kvarken Archepelago (Instagram.com/gimorun5999)

Kvarken Archepelago merupakan rangkaian 5.600 pulau yang tersebar di Teluk Bothnia yang memisahkan Finlandia dan Swedia. Kepulauan ini merupakan satu-satunya formasi alami di negara ini dengan status Warisan Dunia. 

Mayoritas kepulauan ini adalah bagian dari taman nasional. Hal tersebut memungkinkan pengunjung bebas menelusuri pulau-pulau yang cantik. Mereka juga bisa melakukan aktifitas menyenangkan, seperti menaiki perahu, mendaki, memancing, atau mengamati burung.

5. Petäjävesi old church

5 Situs Warisan Budaya UNESCO di Finlandia, Sajikan Pemandangan Epic!Petäjävesi Old Church (Instagram.com/ecclesiae_evangelicae)

Petäjävesi Old Church merupakan gereja yang dibangun dari kayu dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Gereja yang dibangun pada tahun 1763 ini menjadi contoh yang bagus lain dari arsitektur klasik Finlandia. 

Gereja ini juga menjadi tempat berlangsungnya pernikahan bagi banyak pasangan. Hal tersebut karena keindahan gereja dan juga tepi danau yang cantik di sekitarnya.

Nah, itulah lima situs warisan dunia paling populer yang bisa dikunjungi di Finlandia. Don't forget to get there!

Baca Juga: 9 Pesona Desa Sinterklas di Finlandia yang Kecantikannya Bikin Takjub 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya