Comscore Tracker

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!

Pesonanya unik dan gak bakal terlupakan

Turki memiliki banyak tempat yang terdaftar ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak hanya menyimpan sejarah, situs warisan ini juga menjadi tujuan wisata yang populer dan menarik banyak pengunjung.

Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki tak hanya berupa bangunan atau monumen saja, tapi juga kota kuno yang menakjubkan. Kelima Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki ini menarik untuk kamu kunjungi suatu saat nanti.

1. Archaeological Site of Troy 

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!Archaeological Site of Troy (instagram.com/jana_bebre)

Situs Arkeologi Troy menjadi salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia dengan sejarah sekitar 4000 tahun lalu. Pada 1870, penggalian pertama situs ini dilakukan oleh arkeolog terkenal bernama Heinrich Schliemann. Lokasinya di Tevfikiye Köyü,17100 Çanakkale Merkez, Çanakkale.

Pengunjung dapat menyaksikan sisa-sisa peninggalan yang menjadi bukti paling antara peradaban Anatolia dan Mediterania yang sedang berkembang. Kamu bisa menjelajah sembari belajar sejarah.

2. Aphrodisias

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!Aphrodisias (instagram.com/archaeologyphoto)

Pengagum Yunani Kuno dapat berkunjung ke Aphrodisias yang terletak di Geyre Mahallesi, 09385 Karacasu, Provinsi Ayd. Pengunjung akan disuguhkan panorama berupa situs arkeologi, tambang marmer, dan kuil Aphrodite yang ada sejak abad ke-3 SM.

Kota ini berdekatan dengan Desa Geyre, jaraknya sekitar 100 kilometer dari timur pesisir Aegea Sea. Meski tinggal reruntuhan, tapi pengunjung masih dibuat kagum dengan arsitektur masa lalu yang begitu menakjubkan.

3. Bursa and Cumalıkızık

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!Bursa and Cumalıkızık (instagram.com/gezmekmutluluk)

Bursa and Cumalıkızık terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO dalam kategori Budaya pada Pertemuan Komite Warisan Dunia ke-38. Tempat ini pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Ottoman. Kota ini juga mencontohkan sistem perkotaan maupun pedesaan yang baik.

Kota ini dibentuk oleh kompleks sosial dan juga peran komersial penting Bursa sepanjang sejarah yang ditampilkan melalui penginapan besar, bazar tertutup, dan bazar di kota. Terdapat banyak toko-toko di sepanjang jalan yang menjual banyak karya seni.

Baca Juga: 5 Desa Paling Indah di Turki, Destinasi Wisata yang Bikin Bahagia! 

4. Ephesus

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!Ephesus (instagram.com/ayasfr)

Ephesus mempunyai nama lain, yaitu Efesus. Tempat ini merupakan Yunani Kuno yang menjadi Kota Romawi. Kota ini terletak di dekat Selçuk, Provinsi Izmir. Kota ini menjadi salah satu dari 12 kota yang menjadi anggota Liga Ionia pada masa Yunani Klasik. 

Saat ini, Ephesus menjadi salah satu wisata paling terkenal di Turki. Banyak wisatawan dunia yang mengabadikan momen seru mereka dengan menjadikan reruntuhan bangunan sebagai latar berfoto.

5. Archaeological Site of Ani

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki, Arsitekturnya Menakjubkan!Archaeological Site of Ani (instagram.com/naefeoglu)

Archaeological Site of Ani berlokasi di Ocaklı Köyü Yolu, 36000 Ocaklı Köyü, Kars. Situs ini menyuguhkan panorama cukup surealis. Lokasinya di dataran tinggi segitiga terpencil yang menghadap ke jurang, perbatasan alami antara Turki dan Armenia.

Kota abad pertengahan ini berkembang pada abad ke-10 dan ke-11. Situs ini juga menjadi ibu kota Kerajaan Bagratides Armenia. Kota abad pertengahan ini pernah menjadi salah satu pusat budaya dan komersial di Jalur Sutra.

Situs Warisan Dunia UNESCO di Turki ini layak menjadi lokasi berlibur. Tak sekadar berwisata, wisatawan juga bisa menambah wawasan. Kamu mau berkunjung ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru saat Liburan di Cappadocia, Gak Bakal Bosan!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya