Comscore Tracker

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya 

Pencinta alam wajib ke sini!

Taman nasional adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak kunjungi, karena selain menyuguhkan panorama yang menakjubkan, wisata alam ini juga bisa membuat pikiran seketika menjadi fresh. Banyak negara di dunia ini yang mempunyai taman nasional khas negara mereka, sebut saja Malaysia. 

Malaysia mempunyai banyak taman nasional yang worth it untuk dikunjungi. Banyak atraksi menarik yang akan sukses menghibur pengunjung. Berikut lima taman nasional di Malaysia yang bikin kagum dengan panoramanya. Memikat abis lho!

1. Taman Nasional Penang

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya Taman Nasional Penang (Instagram.com/nnocciola)

Taman Nasional Penang merupakan taman nasional terkecil dan terbaru di negara ini. Pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan yang rindang dan satwa liar yang berada di hutan hujan.

Jalur pendakian di taman nasional ini terhubung dengan berbagai pantai, seperti Pantai Monyet, Teluk Kampi, dan Pantai Kerachut sehingga memungkinkan pengunjung untuk bersantai, berenang, atau hanya sekadar berjemur. 

2. Taman Nasional Bako

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya Taman Nasional Bako (Instagram.com/sarawaktravel)

Taman Nasional Bako merupalan taman nasional tertua di Sarawak yang diresmikan pada tahun 1957. Untuk sampai ke sana, pengunjung bisa menaiki perahu selama 30 menit dari Desa Bako.

Taman nasional ini merupakan habitat bagi beragam spesies, di antaranya kera ekor panjang, monyet daun keperakan, tupai pisang raja, babi hutan, kancil, kadal, berang-berang, dan banyak lagi. 

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik untuk Lari di Kuala Lumpur, Malaysia

3. Taman Nasional Gua Mulu

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya Taman Nasional Gua Mulu (Instagram.com/shonephoto)

Taman Nasional Gua Mulu dikelilingi oleh hutan hujan Kalimantan. Taman Nasional ini mempunyai banyak gua untuk dijelajahi. Gua-gua ini termasuk Gua Rusa dan Gua Clearwater yang akan memberikan panorama unik dan tak biasa.

Terdapat pula Air Terjun Paku dan Air Terjun Long Imam Ba’Desai yang mengalir dari Sungai Melinau hingga Long Imam. Pengunjung bisa berenang sambil merasakan air yang segar. 

4. Taman Nasional Bukit Lambir

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya Taman Nasional Bukit Lambir (Instagram.com/miriborneoinfo)

Taman Nasional Bukit Lambir mempunyai ekosistem hutan hujan majemuk dan sangat beragam. Taman nasional ini merupakan habitat bagi 237 spesies berbeda termasuk burung, rusa, serangga, babi hutan, tupai terbang, dan siamang. 

Pengunjung dapat melihat beberapa air terjun yang indah, seperti Air Terjun Latak dan Air Terjun Pantu. Mereka juga akan menemukan anggrek liar di sepanjang Summit Trail.

5. Taman Nasional Kubah

5 Taman Nasional di Malaysia yang Bikin Kagum dengan Panoramanya Taman Nasional Kubah (Instagram.com/banus_abin)

Taman Nasional Kubah mempunyai beragam jenis pohon palem dan spesies anggrek liar. Taman nasional ini juga mempunyai beberapa atraksi, seperti air terjun, sungai, dan kolam pemandian. 

Taman nasional ini mempunyai enam jalur untuk dilalui termasuk jalur menuju Gunung Serapi. Jika berkunjung, jangan lewatkan pemandangan semenanjung Matang dan Santubong yang menawan dengan mengambil Jalur Selang ke titik pandang.

Taman nasional yang dimiliki Malaysia menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Taman nasional ini juga bisa membuat mata sejuk dan pikiran menjadi segar.

Baca Juga: 9 Pesona Keindahan Taman Nasional Khao Sok yang Ampuh Menyegarkan Mata

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya