Comscore Tracker

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! 

Bisa kamu jadikan referensi saat traveling ke Selandia Baru

Setiap negara pastinya mempunyai tempat sejarah yang biasanya dibangun atau dibuat untuk mengenang para pahlawan. Tak terkecuali Selandia Baru. Negara ini mempunyai beberapa tempat bersejarah yang patut untuk dikunjungi.

Situs bersejarah tersebut dapat berupa monumen, museum, menara, hingga patung. Semua situs ini terpelihara dengan sangat baik dan juga mampu menarik banyak wisatawan.

Berikut lima tempat bersejarah yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata ketika ke Selandia Baru.

1. The Heritage Region of Waikato, Hamilton

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! The Heritage Region of Waikato, Hamilton (instagram.com/badsects)

Wilayah Waikato mempunyai arti yang penting bagi orang Maori di Selandia Baru. Tempat ini merupakan tempat tinggal raja Maori. Museum yang berada di Waikato ini menampilkan semua artikel yang berhubungan dengan warisan, budaya, dan sejarah wilayah ini.

Konon, terdapat kano yang mempunyai usia yang mencapai hampir 900 tahun, kano ini menjadi tempat orang-orang kuno yang menginjakkan kaki pertama kali di negara.

Kano ini disimpan di sini dan masih terawat dengan baik. Terdapat pula medan perang abad ke-19 yang juga menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.

2. Historic Landing Site of James Cook

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! Historic Landing Site of James Cook (nzhistory.govt.nz)

Dahulu Selandia Baru pernah mengalami penjajahan yang dilakukan oleh orang Inggris. Kapten James Cook merupakan orang pertama yang menginjakkan kakinya di negara ini saat abad ke-18.

Terdapat sebuah tugu yang bernama Historic Landing Site of James Cook di lokasi pendaratannya yang terawat dengan baik sejak tahun 1990.

Tempat ini bersejarah dan menjadi salah satu situs lama di negara ini yang wajib dikunjungi. Tugu ini dikelilingi oleh pada rumput yang tumbuh dengan subur dan dapat dilihat di jalan pantai Kaiti Gisborne.

Baca Juga: 5 Pantai Paling Mengesankan di Selandia Baru yang Bikin Kangen Liburan

3. Statue of Queen Victoria

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! Statue of Queen Victoria (nzhistory.govt.nz)

Statue of Queen Victoria berlokasi di Albert Street, Auckland CBD, Auckland 1010. Patung ini merupakan peninggalan dari era saat Selandia Baru memperkuat kontaknya dengan budaya Inggris. Patung yang didirikan pada tahun 1899 merupakan karya dari FJ Williamson.

Statue of Queen Victoria berada di sebuah taman luas yang didirikan pada tahun 1880-an yang awalnya mempunyai panorama kota dan pelabuhan yang menakjubkan. Pemandangan yang dapat disaksikan sekarang adalah blok kantor modern yang tertutup pohon-pohon besar.

4. Auckland Museum atau War Memorial Museum

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! Auckland Museum or War Memorial Museum (instagram.com/daniel.unterwegs)

Auckland Museum atau War Memorial Museum merupakan salah satu situs budaya yang berkaitan dengan budaya Maori kuno. Jika ingin mempunyai wawasan yang lebih mendalam tentang budaya tersebut, maka museum ini menjadi lokasi yang ideal. Museum ini mempunyai banyak koleksi yang berhubungan dengan budaya Maori.

Selain itu, Auckland Museum a juga menyimpan artikel atau benda yang berhubungan dengan Perang Dunia. Bangunan museum menjadi salah satu warisan yang berada di padang rumput dengan bangunan yang terlihat megah dan menarik.

5. Invercargill Water Tower

5 Tempat Bersejarah Terkenal di Selandia Baru, Bikin Tambah Wawasan! Invercargill Water Tower (instagram.com/_nnnco____)

Invercargill Water Tower merupakan menara yang berada di Southland. Menara ini telah ada sejak abad ke-19.

Invercargill Water Tower berupa tangki air baja berukuran besar dan kuat. Pembangunan menara dilakukan oleh William Sharp, yang merupakan seorang insinyur.

Pembangunannya bertujuan untuk memasok air ketika terjadi kebakaran di kota atau di area tersebut. Dikatakan bahwa Selandia Baru sangat menderita akibat kebakaran hebat yang menghancurkan banyak bangunan pada abad ke-19.

Jika main ke Selandia Baru gak ada salahnya mampir ke salah satu destinasi wisata di atas ya!

Baca Juga: 9 Potret Tekapo, Danau dengan Panorama Super Cantik di Selandia Baru

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya