Comscore Tracker

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa Timur

Pemandangan hijau bisa jadi pelepas penat

Pacitan terkenal unggul dalam wisata alamnya, terutama pantai-pantainya yang terkenal mempunyai pemandangan elok. Tak hanya pantai, wilayahnya juga mempunyai banyak wisata alam berupa air terjun dan pegunungan, lho.

Panorama yang disuguhkan pun tak kalah menawan jika dibandingkan dengan wisata alam di Bali atau Raja Ampat. Wisata alam di Pacitan, Jawa Timur, bakal menjadi tujuan wisata pelepas penat terbaikmu, deh.

1. Jurug Gringsing

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa TimurJurug Gringsing (instagram.com/dhanzsity)

Jurug Gringsing terletak di Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wisata ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Tiket masuknya pun tergolong murah, cuma Rp5.000 per orang.

Air terjun ini mempunyai daya tarik berupa bentuknya yang berundak dengan debit air tidak cukup deras. Namun, suasana akan berbeda selama musim hujan. Panoramanya yang mengesankan sungguh tak tertandingi.

Air terjun ini juga mempunyai pemandangan yang masih asri dengan kealamian yang terjaga. Terdapat spot khusus dengan background air terjun dan gundukan dengan bentuk hati yang banyak dijadikan latar foto para wisatawan. 

2. Grojogan Dhuwur

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa TimurGrojogan Dhuwur (instagram.com/pacitan_paradise)

Terdapat tiga fenomena alam di Grojogan Dhuwur. Wisata ini terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Pengunjung akan disuguhkan aliran sungai yang jernih dan tenang.

Pengunjung juga dapat bermain air atau berenang. Namun, disarankan untuk berhati-hati ketika melewati bebatuan karena cukup licin. Air terjun yang berjatuhan mengalir di antara bebatuan. Terdapat pula gua yang tersembunyi di balik air terjun dengan panorama mengesankan.

3. Gunung Limo

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa TimurGunung Limo (instagram.com/zidfahmy)

Bagi pengunjung yang mencintai kegiatan mendaki, maka bisa mencoba berkunjung ke Gunung Limo. Lokasinya berada di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Wisatawan tak perlu terlalu membuang tenaga untuk menuju ke puncak Gunung Limo. Sebab, ketinggian gunung ini hanya sekitar 668 meter. Jalur pendakiannya juga tak terlalu sulit.

Tujuan akhir mendaki Gunung Limo adalah Batu Pongaan. Di area ini, pengunjung dapat menikmati alam di sekitar gunung, mulai dari perbukitan, perkebunan, hingga persawahan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Alam di Banjarnegara dengan Panorama Indah

4. Pantai Ngandul

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa TimurPantai Ngandul (instagram.com/marchelinas)

Pantai Ngandul terletak di Widoro, Donorojo, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meskipun pantai ini tersembunyi, tapi pesonanya tak kalah memukau dengan pantai lainnya. Sekilas, pantai ini tampak seperti tebing yang menghadap ke laut.

Pantai ini mempunyai aliran sungai yang langsung bermuara ke laut. Hal ini menciptakan fenomena air terjun mini yang menambah keindahan pantai. Tempat ini tampak begitu indah, tapi untuk bisa menyaksikannya, pengunjung harus sangat berhati-hati, terutama saat ombak pasang. 

5. Pantai Kasap

5 Wisata Alam di Pacitan, Tujuan Self Healing Terbaik di Jawa TimurPantai Kasap (instagram.com/afief_ilham)

Pantai Kasap disebut-sebut mirip Raja Ampat karena keindahan yang luar biasa. Pantai ini mempunyai deburan ombak yang deras dengan angin laut yang kencang. Selain itu, pantai juga dipenuhi hamparan pasir putih yang sungguh memanjakan mata.

Wisatawan dapat melakukan perjalanan menuju ke bukit. Dari atas, mereka akan menyaksikan pemandangan berupa gugusan karang dengan semilir angin yang menyejukkan. Perairannya pun berwarna biru kehijauan yang menarik.

Wisata alam di Pacitan tak kalah dengan wisata-wisata yang ada di Bali atau Raja Ampat. Jadi, bagi warga Jawa Timur, tak usah jauh-jauh untuk menikmati keindahan alam dengan berlibur ke Pacitan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi ketika di Pacitan

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya