Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si Penjelajah

Bakalan terkesima dengan setiap spot yang kamu datangi!

Spanyol, khususnya Toledo mempunyai beberapa destinasi utama yang ideal untuk dijadikan tempat berlibur. Meskipun tak sepopuler Barcelona atau Madrid, kota ini tetap menarik untuk dijelajahi.

Banyak bangunan peninggalan sejarah yang mempunyai desain atau arsitektur yang sukses bikin terpesona. Berikut lima destinasi wisata yang paling menakjubkan di Toledo.

1. Toledo Cathedral

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si PenjelajahToledo Cathedral (instagram.com/rafael_da_goat23)

Toledo Cathedral mempunyai nama lain, yaitu Primate Cathedral of Saint Mary of Toledo. Katedral ini menjadi salah satu contoh arsitektur Gotik terbaik di seluruh Eropa. Ini adalah gereja Katolik Roma menjadi markas besar Metropolitan Keuskupan Agung Toledo.

Ini dibangun pada 1227 M, di bawah naungan Raja Ferdinand the Saint. Gereja ini didirikan di atas tanah bekas masjid. Pengunjung dapat mengagumi gerbang emasnya yang besar, pintu-pintunya yang megah, altarnya yang besar, detail pahatan brilian yang ditemukan di seluruh gereja yang tentu mengesankan, hingga lukisan dinding berwarna-warni yang menghiasi dindingnya.

2. Mosque of Cristo De La Luz

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si PenjelajahMosque of Cristo De La Luz (instagram.com/valverdetere)

Mosque of Cristo De La Luz merupakan salah satu dari 10 masjid yang didirikan di Toledo selama puncak periode Moor. Masjid kecil yang menawan ini berdiri tepat di atas benteng utara kota. Masjid yang sudah diubah menjadi gereja ini pada awalnya mempunyai nama Mezquita Bab al Mardum.

Bangunan ini didirikan antara 999-1000 M. Fasad cemerlang dari bekas masjid ini. Bangunannya mempunyai arsitektur yang unik dan juga menarik untuk diamati.

3. Puente De San Martin

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si PenjelajahPuente De San Martin (instagram.com/ldls)

Jembatan bisa menjadi salah satu peninggalan sejarah yang berharga. Salah satunya adalah Puente De San Martin yang dinyatakan sebagai monumen nasional pada tahun 1921. Ini merupakan jembatan lengkung batu yang telah ada sejak abad pertengahan. Jembatan kokoh ini membentang di sungai Tagus yang perkasa. Jembatan ini sempat mengalami modifikasi signifikan pada abad ke-13.

Jembatan ini mempunyai lima lengkung yang dibatasi oleh dua menara megahyang berfungsi ganda sebagai struktur pertahanan. Pada abad ke-13, pembangunan salah satu menara ini selesai. Sementara itu pada abad ke 16, didirikan menara poligonal lainnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Keluarga di Chicago yang Menyenangkan

4. Synagogue of El Transito

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si PenjelajahSynagogue of El Transito (instagram.com/johnetalan)

Synagogue of El Transito juga mempunyai nama lain, yaitu Synagogue Samuel ha Levi. Sesuai dengan namanya, bangunan ini didirikan oleh Samuel Ben Meir ha Levi. Bangunan ini menjadi sinagog paling tua di kota ini. Sinagog ini pernah menjadi tempat ibadah yang terkemuka bagi komunitas besar Yahudi yang menyebut kota ini sebagai rumah mereka.

Bangunannya menjadi salah satu sinagog termegah di daerah ini yang berada di dalam kawasan Yahudi abad pertengahan. Terdapat banyak elemen arsitektur penting dari bangunan ini. Beberapa diantaranya adalah motif bunga dan geometris yang menawan serta elemen Mudejar yang sangat memukau. Selain itu, terdapat banyak prasasti dalam bahasa Yahudi dan Arab di seluruh sinagog. 

5. Museum of Santa Cruz

5 Tempat Wisata di Toledo-Spanyol untuk Kamu si PenjelajahMuseum of Santa Cruz (instagram.com/bob.henry.photography)

Jika ingin melakukan liburan sambil menambah wawasan, maka bisa berkunjung ke museum. Salah satu museum terbaik yang dimiliki kota ini adalah Museum of Santa Cruz. Museum ini merupakan museum seni dan keramik yang brilian. Bangunannya mempunyai struktur megah yang telah ada sejak abad ke-16.

Pada awalnya, bangunan yang menjadi museum ini digunakan sebagai rumah sakit yang lengkap. Namun pada abad ke-19, struktur gaya renaisans yang menakjubkan ini diubah menjadi museum kelas dunia. Pada zaman modern, museum mempunyai tiga koleksi penting yang menampilkan beberapa karya terbaik di bidang arkeologi, seni rupa, dan seni industri. 

Toledo mempunyai banyak tempat rekreasi yang bisa menyejukkan mata. Ketika berkunjung ke sana, pastikan mengunjungi tempat-tempat di atas, ya.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Sejarah di Gangwon-Korea Selatan, Memukau!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya