Comscore Tracker

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alam

Bantu pulihkan rasa lelah yang mendera

Ketika merasa penat dengan aktivitas sehari-hari, liburan dapat menjadi terapi yang tepat. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa diambil sesuai dengan keinginan dan ketersediaan waktu.

Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengisi liburan adalah berwisata alam, seperti pergi ke pantai, gunung, dan sebagainya. Selain bisa jadi sarana untuk menghibur diri, kamu juga akan merasakan beberapa hal yang khas sebagai berikut.

1. Ketenangan

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alamilustrasi seseorang yang sedang berjalan di dalam hutan (pexels.com/Hyukman Kwon)

Mendatangi tempat-tempat wisata alam memang selalu membawa kesan tersendiri. Suara deburan ombak, angin sepoi-sepoi, aroma tanah, hingga hijaunya pepohonan sekitar selalu bisa menghadirkan suasana tenang dan damai.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang merasa suntuk dengan hiruk-pikuk perkotaan atau jenuh dengan rutinitas sehari-hari, tidak ada salahnya untuk sesekali menenangkan diri di alam. Ini dapat membantumu untuk beristirahat dan meraih kedamaian.

2. Keseruan melewati berbagai medan yang menantang

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alamilustrasi hiking berkelompok (pexels.com/Eric Sanman)

Tidak semua destinasi wisata alam sudah didukung dengan jalan yang layak. Beberapa tempat, terutama yang masih belum banyak dijamah manusia, memiliki medan yang cukup sulit untuk ditempuh.

Namun, di sinilah letak keseruannya. Menempuh jalur yang sulit dan menantang bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Sebab, setelahnya kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Wisata Alam di Mojokerto, Jangan Dilewatkan!

3. Rasa takjub akan pemandangan yang luar biasa

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alamilustrasi perempuan traveling sendiri (unsplash.com/Denys Nevozhai)

Ketika pergi ke berbagai tempat wisata alam, baik itu gunung, bukit, pantai, dan sebagainya, kamu akan melihat panorama yang begitu menakjubkan. Bentang alam yang luas dan menghampar di depan mata menjadi sesuatu yang bisa membuat jantung berdegup kencang.

Oleh sebab itu, mengunjungi destinasi wisata alam merupakan sebuah hal yang tidak boleh dilewatkan. Kamu akan mendapatkan beragam pengalaman menarik yang tak bisa didapatkan dari tempat lain.

4. Kemampuan mengisi kembali energi yang hilang

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alamilustrasi pemandangan aurora (pexels.com/Gerhard Lipold)

Disadari atau tidak, setiap kali pergi ke alam, kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Kamu seolah mendapatkan kekuatan baru yang mampu membangkitkan semangat.

Suasana yang demikian dapat membantumu untuk mengisi kembali energi yang hilang akibat melaksanakan rutinitas sehari-hari. Hasilnya, pikiran kembali segar dan suasana hati jadi lebih ceria.

5. Kesadaran bahwa manusia itu kecil

5 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan ketika Pergi Berwisata di Alamilustrasi pantai (pexels.com/Tomáš Malík)

Melihat hamparan laut yang begitu luas, gunung yang menjulang tinggi, atau langit yang tak terbatas membuatmu berpikir bahwa ternyata manusia itu bagaikan titik kecil di muka Bumi. Hal ini menyadarkanmu bahwa sebenarnya sangat tidak pantas untuk menjadi seseorang yang sombong.

Oleh karena itu, mengunjungi alam juga bisa menjadi pengingat agar kamu senantiasa menjadi orang yang rendah hati. Dengan begini, kebijaksanaan akan terbangun dan diharapkan mampu menjadi manusia yang lebih baik.

Berwisata ke alam dapat membantumu untuk meraih ketenangan dan kedamaian yang penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Hati senang, pikiran segar, dan kamu kembali siap untuk menyambut hari esok dengan lebih bersemangat.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Ngawi, Ada Wisata Alam Hingga Sejarah

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya