Comscore Tracker

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi Seru

Yuk catat ke dalam wishlist destinasi wisata Eropa kamu!

Brussel, kota cantik yang menjadi ibu kota Belgia sekaligus ibu kota Uni Eropa ini menyimpan keindahan berbagai bangunan megah. Sebut saja Grand Place. Bangunan yang menjadi landmark kota Brussel ini telah menjadi magnet luar biasa bagi wisatawan mancanegara.

Namun, tidak hanya Grand Place yang bisa dikunjungi di Brussel. Kamu yang suka berwisata sambil belajar, berkunjung ke museum bisa jadi pilihan tepat. Brussel punya banyak pilihan museum keren yang harus masuk ke dalam wishlist destinasi wisata kalian.

Supaya tidak penasaran, ini 5 rekomendasi museum keren yang bisa kamu kunjungi di Brussel!

1. Belgium Royal Museums of Fine Arts

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi SeruSalah satu spot pameran di Royal Museum of Fine Arts, Brussel (instagram.com/lijiewei_lavo)

Belgium Royal Museums of Fine Arts adalah tempat yang tepat untuk melihat koleksi berbagai lukisan kuno dan modern bernilai seni tinggi.

Museum ini merupakan gabungan dari 6 museum seni penting yang ada di Brussel, yaitu The Museum of Ancient Art, The Museum of Modern Art, The Constantin Meunier Museum, The Antoine Wiertz Museum, The Magritte Museum, dan The Fin-de-Siècle Museum.

Terdapat sekitar 20 ribu karya seni mewah yang meliputi lukisan, gambar, dan patung, dikoleksi di Belgium Royal Museum of Fine Arts. Koleksi tertuanya memiliki tanda dari abad 15 masehi dan yang terbaru abad 21 masehi. Museum ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

 

2. Belgian Chocolate Village Museum

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi SeruSalah satu koleksi di Belgian Chocolate Village Museum, Brussel (instagram.com/roddianna)

Sesuai dengan namanya, Belgian Chocolate Village Museum adalah rumah bagi segala informasi yang berkaitan dengan cokelat Belgia yang terkenal lezat. Pengunjung akan dibawa berkeliling untuk mengetahui tentang sejarah cokelat, budaya makan cokelat, hingga workshop untuk mengolah cokelat.

Memiliki luas sekitar 900 meter persegi, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk dapat menyusuri setiap sudut museum. Tertarik berkunjung ke sini?

 

Baca Juga: 5 Destinasi di Brugge, Belgia yang Keindahannya Bikin Kamu Terpesona

3. Van Buuren Museum and Gardens

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi SeruSalah satu koleksi di Van Buuren Museum and Gardens, Brussel (instagram.com/museumandgardensvanbuuren)

Van Buuren Museum and Gardens dibangun pada tahun 1928 oleh David dan Alice Van Buuren. Bangunan bergaya Art Deco ini menyimpan koleksi berbagai perabotan langka, permadani, lukisan, dan patung karya seniman mancanegara.

Tidak hanya berpusat pada bangunan museum, kebun di sekeliling museum juga menjadi daya tarik tersendiri. Kebun mawar dan labirin karya Jule Buyssens menyajikan pemandangan yang memanjakan mata para pengunjung tempat ini.

 

4. Musical Instruments Museum

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi SeruSasando yang menjadi salah satu koleksi MIM Brussel (instagram.com/mimbrussels)

Musical Instruments Museum (MIM) adalah museum dengan koleksi alat musik lengkap di Brussel. Terdapat setidaknya 7 ribu jenis alat musik dari era pertengahan hingga modern yang disusun secara apik di empat lantai bangunan museum.

Setelah puas menikmati beragam koleksi alat musik, pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati makanan lezat di restoran MIM yang ada di lantai 10. Pengunjung dapat menikmati hidangan sambil melihat pemandangan kota Brussel yang menakjubkan.

 

5. Autoworld

5 Rekomendasi Museum di Brussel-Belgia untuk Wisata Edukasi SeruSalah satu spot pameran di Autoworld, Brussel (instagram.com/autoworld_brussels)

Autoworld adalah museum dengan koleksi seputar mobil vintage dan segala detailnya.  Di museum ini, pengunjung dapat memelajari sejarah tentang mobil dan melihat secara langsung koleksi setidaknya 300 barang-barang industri mobil.

Sebagai salah satu museum mobil vintage terbaik di dunia, pengunjung dapat menemukan koleksi mobil yang lengkap, mulai dari zaman La Belle Époque, Perang Dunia, hingga mobil modern yang ditemukan sekarang. Dijamin, penyuka mobil akan senang bila berkunjung ke Autoworld.

Museum menjadi salah satu tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Brussel, Belgia. Banyak pilihan museum dengan koleksi yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Jadi, jangan sampai tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi museum saat berwisata ke Brussel, ya!

 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Leuven, Belgia yang Bikin Penatmu Hilang Seketika

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya