Comscore Tracker

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!

Rasanya seperti memiliki pantai pribadi

Yogyakarta memiliki beragam wisata mulai dari sejarah, kuliner hingga alam. Pantas saja kota ini dijuluki sebagai Kota Wisata. 

Salah satu wisata alam yang banyak diminati di Yogyakarta adalah gugusan pantai di Gunungkidul. Namun siapa sangka ada beberapa pantai dengan keindahan alami yang masih tersembunyi. Ini dia 5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta.

1. Pantai Seruni

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!instagram.com/dwprayogo

Pantai Seruni adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun itulah yang menjadi daya tarik sesungguhnya dari pantai ini karena keindahannya masih terbungkus secara alami. Ada beberapa spot foto menarik yang wajib kamu coba, salah satunya ada sebuah batu unik di sebelah kiri yang berbentuk payung. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan sunset dan sunrise lho

Lokasi
Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jarak yang ditempuh dari Stasiun Yogyakarta kurang lebih 68 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 59 menit. Jalur masuk ke Pantai Seruni satu arah dengan ke Pantai Pok Tunggal, hanya terpisah sebuah persimpangan dimana belok kiri ke Pantai Pok Tunggal, belok kanan kamu akan sampai ke Pantai Seruni.

Fasilitas 
Meski belum ramai pengunjung, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, antara lain area parkir, kamar mandi umum, mushola, dan warung makan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tiket Masuk
Pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000. Untuk parkir kendaraan bermotor pengunjung harus membayar Rp5.000, dan Rp10.000 untuk mobil. Bagi pengunjung yang ingin camping, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/ tenda.

2. Pantai Watunene

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!instagram.com/renaay_

Pantai yang satu ini letaknya persis di sebelah Pantai Seruni. Hanya sekali parkir di Pantai Seruni, kamu juga bisa menikmati Pantai Watunene. Latar tebing yang tinggi dengan bibir pantai yang panjang menjadi daya tarik dari objek wisata ini. Tak hanya itu, pengunjung dapat menyaksikan panorama biru laut yang luas dari gazebo yang berada di bukit sebelah pantai ini.

Lokasi
Kawasan Pantai Watunene terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Setelah parkir di Pantai Seruni, kamu harus mendaki bukit di sebelah Barat sekitar 20 menit. Pantai ini cocok bagi pengunjung yang menyukai tantangan.

Fasilitas
Untuk fasilitas khusus di area Pantai Watunene belum tersedia. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang terdapat di Pantai Seruni karena masih satu kawasan.

Tiket Masuk
Pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000. Untuk parkir kendaraan bermotor pengunjung harus membayar Rp5.000, dan Rp10.000 untuk mobil. Bagi pengunjung yang ingin camping, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000/ tenda. Tidak dikenakan biaya tambahan jika kamu ingin mengunjungi Pantai Seruni dan Pantai Watunene secara berturut-turut.

3 Pantai Kayu Arum

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!instagram.com/galihsan_

Duduk di atas pasir putih yang lembut, melihat ombak bergulung sambil merasakan tiupan angin berhembus begitu menyenangkan bukan? Kamu akan dimanjakan oleh semua itu jika berkunjung ke Pantai Kayu Arum. 

Lokasi
Pantai Kayu arum berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute yang dilalui dari Yogyakarta yaitu melewati Wonosari- Bukit Patuk Gunung Kidul - Baron Techno Park. Sayangnya pengunjung belum bisa menjangkau langsung area pantai ini dengan kendaraan sepeda motor ataupun mobil. Kamu harus parkir di Baron Techno Park, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit melewati perkebunan jagung milik warga setempat.

Tiket Masuk
Tiket masuk ke Pantai ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 untuk biaya masuk retribusi dan parkir Rp5.000.

Fasilitas
Karena masih begitu alami, belum ada fasilitas yang tersedia di pantai ini. Jadi pastikan kamu membawa perlengkapan dan bekal yang cukup.

Baca Juga: Wisata Pantai Indrayanti Yogyakarta: Harga Tiket, Rute, dan Tipsnya

4. Pantai Ngrawah

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!instagram.com/detra_vianzt

Berada diantara perbukitan menambah kecantikan dari Pantai Ngrawah. Salah satu destinasi pantai yang antimainstream adalah Pantai Ngrawah. Bermain di pantai ini, kamu akan merasakan sensasi seperti di pantai pribadi. Pantai Ngrawah cocok sekali untuk kamu yang menyukai pantai dengan pemandangan yang menyegarkan sekaligus ingin menenangkan diri.

Lokasi
Pantai Ngrawah secara administratif masuk dalam Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor. Pengunjung harus berjalan kaki 10-15 menit melewati area ladang milik warga setempat setelah memarkirkan kendaraan di Pantai Torohudan. Ikuti papan arah yang tersedia, jika merasa bingung bisa bertanya ke warga sekitar yang sedang berladang.

Fasilitas
Pantai Ngrawah belum menyediakan fasilitas umum untuk pengunjung.

Tiket Masuk
Jika ingin mengunjungi pantai ini, dipungut biaya sebesar Rp10.000 untuk retribusi, biaya parkir Rp5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp3.000 untuk sepeda motor.

5. Pantai Peyuyon

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Cocok Untuk Melepaskan Penat!instagram.com/nanang_rhestanto

Selain menawarkan pemandangan pantai yang menyegarkan mata, kamu juga akan disuguhi tebing yang indah di sekitar pantai ini. Meski tidak terlalu luas, pantai ini juga memiliki goa di sebelah kanan yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berteduh. Saat air surut, kamu bisa melihat biota-biota laut seperti ikan, bulu babi, kepiting, keong, rumput laut dan biota-biota lainnya. 

Lokasi
Pantai Peyuyon berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh sekitar 60 km dari pusat Kota Jogja. Untuk mencapai lokasi pantai diperlukan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Jalur yang dilalui berada satu jalur untuk ke Pantai Midodaren, tepatnya pantai ini berada sebelum Pantai Midodaren.

Fasilitas
Layaknya sebuah pantai yang tersembunyi, pantai ini memiliki fasilitas yang masih minim yakni hanya tersedia area parkir yang berjarak 500 meter dari bibir pantai.

Tiket Masuk
Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu retribusi sebesar Rp10.000 dan biaya parkir Rp5.000.

Nah itu dia 5 pantai tersembunyi dengan keindahan yang menawan di Yogyakarta. Jika kamu sedang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan sepi, wajib coba datangi salah satu pantai diatas ya. 

Baca Juga: 7 Wisata Pantai di Jawa Tengah yang Menyajikan Pemandangan Eksotis

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya