Comscore Tracker

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!

Cocok banget buat kamu yang punya jiwa petualang

Petualangan tidak selalu identik dengan aktivitas berat atau menjelajah hutan rumba. Berlibur ke pantai pun membutuhkan jiwa petualang yang cukup tinggi, lho. Pasalnya, beberapa pantai memiliki akses yang tidak begitu mudah untuk dijangkau.

Salah satu wilayah dengan beragam wisata pantainya adalah Yogyakarta. Keindahannya menarik perhatian, banyak pantai tersembunyi yang wajib kamu jelajahi di sana.

Penasaran pantai apa saja yang menarik minat wisatawan? Berikut lima wisata pantai tersembunyi di Yogyakarta yang memacu jiwa petualangmu!

1. Pantai Porok

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!Pantai Porok (instagram.com/dewi_rhmd)

Pantai Porok jadi salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta. Oleh karena itu, namanya masih terdengar asing. Untuk menjangkau bibir pantai, kamu harus berjalan kaki menyusuri bukit dan perkebunan milik warga sekitar 15 menit.

Lokasinya berdekatan dengan Pantai Kukup. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Yogyakarta untuk sampai ke Pantai Porok sekitar 65 kilometer. 

Untuk masuk ke lokasi ini, kamu perlu membayar retribusi sebesar Rp10.000. Selain itu, ditambah biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil yang dititipkan di Pantai Kukup.

2. Pantai Srakung

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!Pantai Srakung (instagram.com/herdiansyah002)

Bagi kamu yang ingin mengeksplorasi pantai yang masih perawan, Pantai Srakung cocok dijadikan sebagai pilihan. Pantai Srakung cukup terbilang sepi. Selain karena namanya belum populer, lokasinya pun cukup jauh dari pusat kota.

Pantai Srakung terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke pantai ini sekitar 79 kilometer atau membutuhkan waktu selama 2,5jam.

Pantai Srakung cocok menjadi destinasi wisata untuk berlibur sekaligus mencari ketenangan. Untuk menikmati keindahan Pantai Srakung, kamu tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis, lho!

3. Pantai Pringjono

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!Pantai Pringjono (instagram.com/renaay_)

Pantai Pringjono terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul. Mengunjungi Pantai Pringjono akan menggugah tekadmu untuk berpetualang. Pasalnya, pantai ini tersembunyi di balik ladang warga.

Kamu harus berjalan kaki sekitar 1-1,5 kilometer atau 25-30 menit untuk tiba di Pantai Pringjono. Akan tetapi, semua lelah kamu akan terbayarkan ketika sampai. Suasana pantai yang masih sepi akan memberikan sensasi seperti di pantai pribadi, lho!

Tiket untuk masuk ke Pantai Pringjono sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, kamu juga dikenakan tarif untuk parkir kendaraan di Pantai Nguyahan sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik di Yogyakarta yang Cocok untuk Camping, Aman!

4. Pantai Krokoh

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!Pantai Krokoh (instagram.com/ericvirgiawan)

Pantai Krokoh termasuk pantai yang berada di ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mengunjungi pantai ini, sebaiknya kamu menyiapkan tekad kuat dan bensin kendaraan yang penuh. Sebab, kamu harus menempuh jarak 88 kilometer, lho.

Saat tiba di pantai, kamu akan disambut dengan suasana sejuk dan keindahan pantai yang masih alami. Untuk menikmati keindahan Pantai Krokoh kamu tidak dipungut biaya alias gratis.

5. Pantai Butuh

5 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta, Lanskap Lautnya Bikin Melongo!Pantai Butuh (instagram.com/iikmoejieb)

Sebagai salah satu pantai di Gunung Kidul, nama Pantai Butuh masih belum sepopuler pantai lainnya. Akan tetapi, pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dibanding pantai lain.

Pasir pantainya putih bersih dengan kealamian yang masih terjaga. Di sebelah kanan dan kiri terdapat bukit karst yang mengapit pantai. Pantai Butuh terletak di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Untuk menikmati keindahan Pantai Butuh, kamu harus berkendara selama 1,5 jam atau mencapai jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Yogyakarta. Seru banget, kan?

Meski kelima pantai di Yogyakarta di atas letaknya tersembunyi, keindahannya tetap menawan, lho. Pantai mana dulu yang pengin kamu kunjungi?

Baca Juga: 5 Homestay Unik di Yogyakarta, Bertema Bohochic hingga Tropical

Rena Murtiviana Photo Writer Rena Murtiviana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya